Khasiat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

khasiat madu hitam pahit
Segudang khasiat madu hitam pahit bagi kesehatan. Foto: Ist/Net

Khasiat madu hitam pahit untuk kesehatan ternyata tak sepahit rasanya. Bahkan dari balik rasanya itulah terkandung segudang manfaat yang tak kalah bagusnya daripada yang jenis madu manis. Apa saja keutamaan madu hitam pahit?

Anda pasti sudah tidak asing saat mendengar madu. Minuman ini memiliki sejuta manfaat kebaikan untuk tubuh. Ada berbagai jenis madu yang beredar di pasaran, dari jenis yang manis hingga yang pahit.

Namun jenis madu hitam pahit bahkan disebut-sebut jauh lebih unggul dari pada jenis madu lainnya. Lantas, apakah khasiat madu hitam pahit memang benar lebih baik dari pada madu lain?

Sesuai namanya, rasa madu hitam cenderung lebih pahit daripada jenis madu lainnya. Akan tetapi dari balik rasa pahitnya tersembunyi bermacam-macam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi jenis madu ini secara rutin bahkan mampu mencegah berbagai macam penyakit kronis hingga mengobatinya. Selain rasanya lebih pahit, warna madu ini lebih pekat dari warna madu pada umumnya yang coklat keemasan atau coklat tua.

Segudang Khasiat Madu Hitam Pahit

Baca Juga : Manfaat Madu Hitam, Ampuh Atasi Diabetes hingga Kolesterol Tinggi

Sekedar informasi, madu hitam pahit biasanya diperoleh dari bunga mahoni. Inilah yang membuat warnanya terlihat coklat tua dan memiliki rasa yang agak pahit.

Apa yang menyebabkan rasa pahit pada madu ini? Madu hitam dari bunga mahoni mengandung senyawa bernama alkaloid. Senyawa ini membuat rasa madu hitam menjadi khas sekaligus memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Nah, berikut ini beberapa khasiat madu hitam pahit untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu. Mengonsumsinya secara rutin sangat berguna untuk menjaga tubuh jauh dari penyakit.

Mengobati Batuk

Hampir semua orang pasti pernah mengalami batuk.Batuk disebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya adalah rendahnya sistem imun sehingga kalah dengan virus batuk. Mengkonsumsi madu hitam pahit saat batuk membantu menguatkan sistem imun.

Selain mengobati, madu hitam pahit juga bisa mencegah batuk pada anak-anak. Jika anak anda memiliki bronkitis, sebaiknya anda rutinkan anak untuk mengkonsumsi madu hitam pahit.

Yang tak kalah menarik, madu jenis ini juga mampu mengurangi frekuensi batuk. Terutama batuk pada anak yang mengidap bronkitis. Untuk mengurangi pahitnya anda bisa memasukkan madu ini pada minuman atau makanan.

Baca Juga : Manfaat Cokelat Hitam, Lebih Berkhasiat Dibanding Cokelat Biasa?

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat yang paling terasa setelah mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin adalah badan tidak mudah lelah dan terasa lebih segar. Hal tersebut terjadi karena sistem imun dalam tubuh anda meningkat.

Oleh karena itu, anda yang punya aktivitas padat sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin sebagai pengganti vitamin. Madu ini sudah jelas alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping jangka panjang.

Mengatasi Penyakit Lambung

Khasiat madu hitam pahit ini juga bisa berguna untuk mereka yang memiliki penyakit lambung. Adapun gejala penyakit lambung seperti nyeri pada ulu hati, mual, kembung, dan ingin muntah.

Jika tidak mendapat penanganan yang tepat penyakit lambung bisa berubah menjadi penyakit serius. Seperti muncul luka pada lambung yang dalam dan lebar. Anda yang punya sakit lambung bisa mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin.

Baca Juga : Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu ini memiliki sifat seperti antibiotik sehingga bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Selain itu, madu ini juga bisa melapisi bagian lambung sehingga mengurangi resiko munculnya luka lambung.

Mencegah Penyakit Kronis

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Begitu juga dengan mengonsumsi madu hitam karena mampu mencegah penyakit kronis yang mengancam nyawa.

Madu ini mengandung asam fenolat yang mampu menghambat radikal bebas dalam tubuh. Tubuh yang sering terpapar radikal bebas biasanya terlihat tidak terawat dan lebih mudah sakit.

Karena mampu menghambat radikal bebas pada tubuh, secara tidak langsung madu ini bisa mencegah berbagai penyakit kronis. Penyakit kronis biasanya timbul karena paparan radikal bebas dan gaya hidup yang tidak sehat.

Itulah berbagai khasiat madu hitam pahit yang memang ampuh. Anda bisa merasakan manfaatnya dengan mengonsumsinya secara rutin. Meski dari penampilan dan rasa kurang menarik, tidak ada salahnya mencobanya jika ingin memiliki tubuh sehat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah