KIA Sonet 7 Seater, Kini Resmi Meluncur di Indonesia

KIA Sonet 7 Seater, Kini Resmi Meluncur di Indonesia
Ilustrasi KIA Sonet 7 Seater. Foto: Ist/Net

KIA Sonet 7 Seater siap meluncur di Indonesia. PT Kreta Indo Artha (KIA) baru-baru ini meluncurkan varian kendaraan baru. Kendaraan dengan kapasitas 7 penumpang. Kendaraan ini merupakan varian baru dari Sonet yang sebelumnya. Versi sebelumnya hanya memiliki kapasitas 5 penumpang.

Diketahui, bahwa Indonesia merupakan negara pertama yang melakukan peluncuran kendaraan varian tujuh penumpang ini. Dengan tambahan dua kursi pada bagian belakang. Untuk memberikan lebih banyak akomodasi bagi pengguna SUV KIA. Tentunya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Spesifikasi KIA Sonet 7 Seater

Sonet 7 yang memiliki mesin Gamma II DOHC berkubikasi 1.497 CC. Tenaganya diklaim mampu hingga 115ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dengan torsi 144 Nm. Kendaraan ini memiliki enam mode berkendara. Dengan sistem transmisi 8 percepatan IVT dan 6 percepatan manual.

Desain

Kendaraan ini mirip dengan Sonet lima penumpang. Pada bagian grill, KIA menggunakan sebutannya “Tiger Nose”. Untuk tipe Premier 7, sistem pencahayaan menggunakan lampu LED.  Dengan fitur Day Running Light (DRL) dan lampu kabut menggunakan projector.

Dimensi kendaraannya memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm. Dimensi yang hampir sama dengan Sonet 5 penumpang. Bagian bawahnya pada KIA Sonet 7 Seater yang turun. Kemudian, ban cadangannya pindah kebagian lainnya.

Baca Juga : Mobil KIA Sorento Terbukti Segera Hadir di DKI Bersama KIA Carnival

Untuk bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan kapasitas tanki 45 liter. Pada bagian belakang tampilannya cukup atraktif. Dengan integrated with high mounted stop lamp. Sehingga kesan SUV semakin terasa berkat tambahan roof rail, pada atap sebagai piranti standar.

Pada bagian atap, KIA Sonet 7 Seater tidak memiliki sunroof, alasannya sebagai tempat blower AC. Berbeda dengan varian sebelumnya pada bagian atas terdaftar sunroof. Sedangkan, untuk varian ini tidak terdapat sunroof.

Penambahan blower AC pada plafon baris kedua. Hal itu agar penumpang baris ketiga terasa nyaman. Tetapi tenang saja, blower AC bagian tengah bawah untuk penumpang baris kedua.

Interior

Kursi baris kedua KIA Sonet 7 Seater terdapat pengaturan tingkat kemiringannya. Selain itu, juga dapat geser maju dan mundur. Kursi baris kedua ini mampu digeser maju mundur sekitar 10 cm. Penggunaan Reclining Seat ini dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Fitur

Untuk memudahkan keluar masuk penumpang pada baris ketiga. Kendaraan ini lengkap dengan fitur one touch humble. Cukup menarik satu tuas maka kursi terlipat dengan otomatis. Untuk baris ketiga, kursi sonet bisa dilipat dan bisa menjadi bagasi.

Baca Juga : Mobil Listrik KIA EV6 Perdana Dengan Platform E-GMP

Hal itu karena Sonet 7 tidak jauh berbeda dengan versi 5. Maka hanya ada penambahan dua kursi saja pada baris ketiga. Baris ketiga yang berguna untuk menambah penumpang lagi.

KIA Sonet 7 Seater tipe Premier 7  dengan memiliki head unit LCD ukuran 10.25inch. Head Unit ini memiliki fungsi yang menarik. Salah satunya dapat sebagai penunjuk arah kiblat. Kemudian, fungsi lainnya seperti Android Auto, USB Connection, Aux Connection, dan Voice Recognition.

Baca Juga : Kia e-Niro 2020, Mobil Listrik Murah dengan Segala Kecanggihannya

Selain itu, terdapat  Multiple Bluetooth Connection. Fitur ini dapat terkoneksi dengan smartphone. Kendaraan ini lengkap dengan fitur keamanan, fitur tersebut seperti enam airbag. Ada juga Emergency Stop Signal, Hill Assist Control, dan Electronic Stability Control (ESC).

Pada Sistem pengereman memiliki fitur ABS, EBD, dan Brake Assist. Selain itu, terdapat pula rear camera dengan dynamic parking guide. Fitur lainnya juga yang terdapat di mobil ini. Ada remote engine start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System.

Suspensi dan Ban

KIA Sonet 7 Seater menggunakan suspensi depan MacPherson Strut. Suspensi belakang menggunakan Coupled Torsion Beam Axle. Ban menggunakan ukuran 215/60 dan Velg menggunakan ukuran R16. Rem bagian depan menggunakan disk, sedangkan rem belakang menggunakan drum.

Varian Sonet 7 hadir dengan lima pilihan tipe yaitu Standard 7 MT, dan Smart 7 MT. Selain itu, Sonet 7 dengan tipenya Smart 7 iVT, Dynamic 7 iVT, dan Premier 7 iVT. Untuk warnanya terdapat enam pilihan warna, yaitu Beige Gold, Clear White, dan Intense Red. Warna lainnya Intelligence Blue, Steel Silver, dan Aurora Black Pearl.

Kendaraan ini ditawarkan dalam lima varian. Harga dengan tipe terendah mulai dari 199.5 Juta. Sedangkan harga paling tinggi dengan tipe tertingginya 296 Juta. Harga ini berlaku on the road di DKI Jakarta.

Kini hadir KIA Sonet 7 Seater sebagai pilihan mobil terbaru anda. Sonet 7 yang memiliki beberapa fitur canggih dan kapasitas penumpang yang lebih banyak. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto