Kirim GIF di WhatsApp Android dan iPhone dengan Mudah, Ini Caranya

Kirim GIF di WhatsApp Android
Ilustrasi Kirim GIF di WhatsApp Android. Foto: Ist/Net

Kirim GIF di WhatsApp Android dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersedia layanan tenor Whatsapp. GIF atau pertukaran grafis tersebut merupakan format gambar berbentuk bitmap dengan hasil animasi bergerak sederhana. 

Fitur tersebut sangat lengkap mulai dari emoticon lucu, marah, sedih dan lainnya. Kini GIF hadir dengan tampilan yang menarik dan membuat percakapan anda lebih hidup. GIF tersebut terdapat di balik tombol kecil di sub menu. 

Cara Kirim GIF di WhatsApp Android dan iPhone

GIF sudah populer di mata pengguna. fitur yang lengkap dan mudah, membuat para pengguna antusias menggunakannya. Bagi yang belum mengetahui cara mengirim GIF tersebut anda dapat menyimak cara berikut. 

Mengirim GIF Via Android

Pertama anda buka aplikasi Whatsapp yang anda miliki di HP Android. Jika sudah kemudian buka fitur Chat atau obrolan anda. Pilih salah satu teman atau keluarga yang akan anda kirimi GIF tersebut.

Baca Juga : Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di iPhone, Ini Cara untuk Mengatasinya 

Kemudian, buka fitur GIF di HP anda yang berada pada sebelah kanan emoji. Maka anda akan menemukan berbagai emoticon dan gambar animasi yang sudah tersedia di dalamnya. 

Lalu, gulirkan untuk mencari animasi apa saja yang akan anda gunakan. Jika sudah ketemu dengan salah satu yang anda inginkan maka selanjutnya pilih emoji face atau emoji wajah sebelum kirim GIF di WhatsApp Android.

Anda kirim saja dengan klik pada gambar yang anda pilih. Anda akan diminta melihat opsi dan menambahkan keterangan gambar pada GIF tersebut. Sebenarnya anda dapat bebas mengirimnya. Selanjutnya, dapat menambahkan tulisan atau bahkan tanpa tulisan. 

Ketika anda sudah mengirim animasi tersebut, maka GIF tadi sudah terkirim dengan otomatis. 

Mengirimkan GIF via iPhone

Sedangkan bagi anda pengguna HP iPhone, dapat menerapkan cara yang sama seperti kirim GIF di WhatsApp Android, berikut untuk mengirimkan GIF. 

Pertama-tama buka aplikasi Whatsapp pada iPhone anda. Setelah itu buka fitur chat atau obrolan pada Whatsapp. Lalu, akan melihat kontak yang harus anda pilih, pilih salah satu yang ingin dikirimi animasi GIF. 

Baca Juga : Disappearing Message WhatsApp Android, Ini Cara Menggunakannya

Hal tersebut dengan klik ikon tanda + yang berada di sebelah kiri paling bawah fitur obrolan. Selanjutnya anda pilih Photo and Video Library atau perpustakaan Fiti dan video yang ada di pilihan layar. 

Lalu, lihat GIF yang berada pada pojok kiri bawah kemudian anda pilih saja. Pilih salah satu animasi GIF yang mewakili obrolan anda. Seperti halnya pada HP Android, anda bisa menggunakan atau menyertakan teks untuk GIF sebelum dikirim. 

Namun jika hanya ingin mengirimkan GIF saja tanpa teks seperti kirim GIF di WhatsApp Android, anda tinggal mengirimkannya saja. Setelah itu klik saja maka GIF tersebut akan terkirim pada penerima. 

Kedua cara tersebut sesuai dengan penerapan HP masing-masing. Umumnya pada Android, GIF yang populer akan muncul pada barisan teratas.

Jika masih bingung mencari yang anda inginkan, dapat lebih spesifik dengan menekan kaca pembesar atau pencarian pada kiri bawah dan masukkan kata pencarian. 

Baca Juga : Merekam Video Call WhatsApp di Android, Intip Tutorial Praktisnya

Setelah melakukan pencarian maka dapat menggulirnya ke kanan untuk melihat semua opsi yang muncul dan mulai memilihnya. 

Silahkan tap GIF yang anda minati dan kirim GIF di WhatsApp Android. Hal tersebut untuk melihat screen preview. Nah, anda dapat menambahkan pesan atau menekan tanda anak panah untuk mengirimkan GIF. 

Keuntungan Menggunakan GIF

Dengan adanya GIF tersebut, memungkinkan para pengguna Whatsapp untuk aktivitas chatting lebih seru dan menyenangkan. 

Pesan anda menjadi lebih hidup dan secara akurat mengekspresikan atau menggambarkan hati si pengirim. Selain itu dapat melatih kreativitas sebagai pengguna. 

Bagi yang bosan dengan GIF yang tersedia, maka dapat memodifikasi atau membuat GIF sendiri sesuai keinginan anda. Namun jika hanya terbatas pada koleksi yang tersedia saja, maka cukup memilih yang anda suka untuk dikirimkan. 

Nah, dengan cara kirim GIF di WhatsApp Android dan iPhone tersebut, pesan anda tidak akan monoton lagi. Dengan berbagai emoticon dan animasi bergerak GIF tersebut anda  tidak akan pernah bosan untuk berlama-lama melakukan chat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto