KLK Disnaker Ciamis Buka Kembali Pelatihan Kerja Gratis

KLK Disnaker Ciamis
Kepala UPTD KLK Disnaker Ciamis, Adang Sobari. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– UPTD Khusus Latihan Kerja (KLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuka kembali pelatihan kerja gratis untuk warga Ciamis.

Kepala UPTD KLK Disnaker Kabupaten Ciamis Adang Sobari mengatakan, warga Ciamis bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan kerja gratis.

Menurutnya, ada lima pelatihan yang digelar UPTD KLK Disnaker. Mulai dari pelatihan otomotif, pengelolaan hasil pertanian (tata boga), menjahit, pelatihan komputer dan tata rias kecantikan.

“Kegiatan pelatihan sudah mulai dari bulan April ini sampai nanti November 2021,” ujar Adang, Senin (26/4/2021).

Adang menerangkan, saat ini UPTD KLK Disnaker Ciamis juga menggelar Mobile Training Unit (MTU). 

“MTU ini pelatihannya digelar langsung di desa, saat ini ada dua desa yang menggelar MTU, yaitu Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok dan Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih,” jelasnya.

Lanjut Adang, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, pelatihan juga digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Para peserta, menurut Adang diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum masuk kelas, termasuk juga menggunakan masker. 

“Selain itu, agar kegiatan tidak berkerumun kita laksanakan pelatihan secara bertahap setiap tahap kegiatan ada 2 paket kegiatan. Sehingga penyelenggaraan pelatihan ini tidak melanggar protokol kesehatan,” katanya. 

Pelatihan Kerja KLK Disnaker Ciamis Tidak Dipungut Biaya

Adang menegaskan, pelatihan tersebut digelar secara gratis. Peserta tidak harus membayar biaya pelatihan. Malah sebaliknya, peserta mendapatkan seragam, sepatu, kaos, alat tulis, dan masker.

“Fasilitas lainnya yang diterima peserta pelatihan juga makan satu kali,” ungkapnya.

Menurut Adang, pelatihan kerja dilaksanakan 29 hari bagi peserta yang langsung mengikuti pelatihan di UPTD KLK Disnaker Ciamis.

“Sementara untuk peserta pelatihan pada program MTU di dua desa di Ciamis, pelatihan digelar selama 22 hari,” jelasnya.

Adang menambahkan, untuk para peserta pelatihan menjahit, apabila lulus sudah ada perusahaan yang siap menampung.

“Sudah ada perusahaan yang membutuhkan 25 orang pekerja yang lulus pelatihan menjahit. karena itu kami persilakan bagi warga Ciamis bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan,” tandasnya. 

Nah, bagi warga Ciamis yang ingin mendaftarkan diri bisa langsung datang ke kantor UPTD KLK Disnaker Ciamis yang beralamat di Jalan Bojonghuni Nomor 7, Kelurahan Maleber. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu