Kulit Kepala Berminyak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Kulit Kepala
Kulit kepala berminyak dan cara mengatasinya dengan mudah. Foto: Net/Ist.

Kulit kepala berminyak membuat kita tidak nyaman, sama halnya seperti wajah yang memiliki minyak berlebih. Karena, kulit pada bagian kepala yang berminyak bisa mengakibatkan rambut terasa lengket dan bau.

Kulit kepala membutuhkan minyak alami supaya tetap sehat, namun kadarnya harus tetap seimbang. Oleh sebab itu, jangan melepaskan minyak alami yang ada pada kulit, karena kondisi ini bakal memproduksi lebih banyak lagi minyak.

Namun, bukan berarti kamu tidak perlu mencucinya, sebab penumpukan minyak bisa membuat akar rambut menjadi berminyak, sehingga rambut pun menjadi lepek.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir minyak berlebih pada pada kulit bagian kepala.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Baca Juga : Mitos Seputar Rambut, Ternyata Begini Faktanya

Cuci Rambut Dua Hari Sekali

Bagi yang suka mencuci rambutnya setiap hari, mungkin hal ini menjadi tantangan untuk bisa menahan diri supaya tidak mencuci rambut. Apalagi saat cuaca lembab dan panas.

Namun, dengan tidak membersihkan rambut setiap hari justru akan membantu kulit kepala menjadi tidak terlalu kering. Selain itu, kulit juga tidak akan memproduksi minyak secara berlebih.

Perlu diingat pula bahwa, hanya cukup satu pompa shampo dalam setiap kali keramas. Sebab, memakai shampo terlalu banyak bisa membuat rambut menjadi kering. Cukup oleskan shampo pada bagian kulit kepala, jadi bukan pada helai rambutnya.

Gunakan Shampo yang Tepat

Mengatasi minyak berlebih pada kulit yang berikutnya yaitu menggunakan shampo yang tepat. Pilih shampo yang bisa membantu mengontrol minyak. Kemudian, mengandung bahan-bahan alami, namun tidak sampai menghilangkannya.

Baca Juga : Masker untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Dibuat

Gunakan shampoo yang tidak mengandung sulfat agar terbebas dari zat pembersih yang bersifat keras. Hindari juga pemakaian shampo yang mengandung paraben, karena bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah pada rambut.

Termasuk rambut menjadi kering, iritasi pada kulit kepala, warna kulit memudarkan, bahkan rambut mengalami kerontokan.

Hindari Makanan Berminyak

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung minyak dan digoreng. Sebab, kulit yang ada pada bagian kepala mempunyai kelenjar berminyak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak akan mengirimkan kelenjar minyak ke sekujur tubuh, termasuk ke bagian kulit kepala.

Batasi Jumlah Produk yang Digunakan

Menggunakan serum, krim, hair spray, serta produk perawatan rambut lainnya bisa menyebabkan terjadinya penumpukan pada kulit kepala. Kondisi ini akan menyebabkan kulit kepala memiliki kelebihan lemak.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Penumpukan produk juga tidak hanya menyumbat kulit kepala, namun bisa juga menyebabkan jerawat atau komedo. Jerawat pada akan terbentuk jika folikel rambut tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati.

Jadi perlu diingat pula bahwa terlalu sering memakai produk penataan rambut bisa mengiritasi bagian kulit kepala. Oleh karena itu, gunakan saja jika perlu, misalnya saat hari-hari besar saja.

Gunakan Clarifying Shampoo

Cara mengatasi masalah kulit kepala yang berminyak selanjutnya yaitu menggunakan clarifying shampoo. Jika kulit kepala kamu merasa tersumbat akibat penumpukan produk, maka clarifying shampo bisa membantu membersihkannya.

Shampo yang lembut tentunya sangat ideal untuk kamu gunakan sehari-hari. Namun, clarifying shampoo ini berfungsi membersihkan akar rambut, kulit kepala, serta helai rambut secara mendalam saat rambut terasa berat. Clarifying shampoo ini sebaiknya gunakan hanya sekali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah kulit bagian kepala yang memiliki minyak berlebih. Cara ini mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah