Kuota CPNS di Pangandaran, Bupati Targetkan 90 Persen Diraih Pribumi

Kuota CPNS
Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata. Foto; Dok. HR Online.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kuota CPNS di Pangandaran, Jawa Barat, ditargetkan 90 persennya bisa diraih pribumi. Agar target tersebut bisa terwujud, mulai tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengadakan pelatihan tes CPNS.

Pelatihan secara gratis oleh pemerintah bagi warga Pangandaran yang usianya kurang dari 35 tahun. Adapun target 90 persen kuota CPNS tersebut sebagai bentuk realisasi janji politik Bupati Pangandaran ketika kampanye Pilkada tahun 2020.

“Untuk mencapai target sebesar itu, tahun 2021 ini Pemda Pangandaran telah menggelar pelatihan tes CPNS bagi 1.045 orang warga Kabupaten Pangandaran,” kata Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata.

Ia menyebutkan, pada beberapa tahun terakhir ini, warga asli Pangandaran yang lolos dalam tes CPNS hanya mampu mencapai 20 persen saja.

Menurut Jeje, jika kondisi seperti itu kembali terulang dalam tes CPNS yang akan datang, maka warga Pangandaran bakal menjadi penonton lagi.

“Pada pelatihan tes CPNS bulan April ini, dari 1.045 peserta, 150 pesertanya dari tenaga honorer daerah, sisanya masyarakat umum. Mereka sudah mendapatkan pelatihan cara mengisi soal, termasuk simulasinya. Selain itu, ada juga paparan testimoni dari CPNS yang telah PNS 100 persen,” terangnya.

Baca Juga : Kuota Sementara CPNS Pangandaran Sebanyak 316

Target Kuota CPNS Terpenuhi Bisa Permudah Penempatan Camat

Selain mengenai target kuota CPNS di Pangandaran yang harus 90 persen warga pribumi. Jeje juga mengaku kerap terkendala ketika melakukan pemetaan terhadap pegawai yang akan ditugaskan sebagai Camat, maupun untuk staf Kantor Kecamatan.

Karena, jabatan Camat tentunya harus sesuai dengan ilmu yang dimiliki, dan dapat memahami karakter serta kultur masyarakat. Sehingga, perlu menugaskan figur yang bisa diterima sepenuhnya oleh masyarakat. Tujuannya agar terjalin komunikasi dua arah yang sejalan antara masyarakat dengan pemerintah.

Jeje menambahkan, strategi yang Pemda Pangandaran bangun salah satunya menempatkan pegawai putra daerah. Tapi terkadang hal tersebut menjadi persoalan yang memang gampang-gampang susah.

Apabila pemda membangun pondasinya untuk mewujudkan target kuota CPNS di Pangandaran sebesar 90 persen warga asli pribumi. Maka kendala tersebut bisa dengan mudah pemda petakan. (Cenk2/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah