Laptop Mendadak Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop Mendadak Mati Sendiri
Ilustrasi laptop mendadak mati sendiri. Foto : Ist/Net

Siapa sih yang tidak bingung ketika laptop mendadak mati sendiri. Selain bingung, tentu pengguna laptop tersebut juga akan panik dan jengkel.

Apalagi, saat mengerjakan tugas dari kantor atau kuliah yang begitu penting, eh tiba-tiba laptop yang tadinya tidak apa-apa mendadak shut down sendiri.

Tidak masalah jika file tersebut masih ada. Nah jika hilang tentu kerja keras yang Anda lakukan terasa sia-sia. Terlebih deadline dari tugas tersebut waktunya sangat mepet.

Penyebab dan Solusi Laptop Mendadak Mati Sendiri

Seperti kita ketahui, bahwa kebutuhan akan laptop saat ini tidak berbeda jauh dengan smartphone. Apalagi masa pandemi Covid-19 saat ini, yang beberapa kantor ada yang masih menerapkan Work From Home atau WFH.

Tentunya, dengan adanya kebijakan WFH tersebut, komputer menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Baca Juga : Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Berikut Cara Mengatasinya

Akan tetapi, bagaimana jika ada masalah pada laptop itu sendiri, seperti yang tiba-tiba tidak bisa beroperasi atau hang bahkan sampai mati mendadak.

Jika Anda mengalami hal atau masalah seperti itu jangan panik. Sebab, laptop yang mendadak mati sendiri tentu masih bisa diperbaiki, baik itu oleh sendiri atau oleh yang berpengalaman.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab masalah sehingga komputer jenis laptop ini mengalami kendala shut down sendiri? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Power Supply

Power supply atau PSU sendiri merupakan salah satu bagian atau komponen penting pada komputer, baik PC ataupun laptop.

Adapun fungsi dari PSU ini adalah untuk menyalurkan atau mensuplai tegangan ke komponen lainnya.  

Karena termasuk bagian yang penting dari laptop, maka ketika perangkat ini rusak atau masalah, bisa membuat mendadak mati sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif dan Efisien

Sebelum mengganti PSU dengan yang baru, sebaiknya periksa terlebih dulu kabel charger, apakah masih dalam kondisi baik atau memang sudah rusak.

Pasalnya, jika kabel tersebut bermasalah maka tegangan arus listrik yang menuju ke komponen tidak akan stabil. Sehingga, akibatnya laptop akan mendadak mati sendiri, karena suhu pada perangkat elektronik ini akan cepat panas.

Jika memang masalah tersebut bersumber dari PSU, maka sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Atau apabila anggaran terbatas, dapat diservis terlebih dulu.

Akan tetapi, saat membeli power supply yang baru ini, pastikan mengeceknya dengan cermat. Lihat spesifikasi dari PSU tersebut apakah sama dengan yang laptop Anda butuhkan.

Overheat

Penyebab lainnya yang membuat laptop mendadak mati sendiri adalah karena kondisi overheat, atau panas yang berlebih.

Perangkat komputer pada umumnya ada pengaturan pada BIOS, salah satunya adalah maksimal suhu. Jadi, ketika suhu melebihi dari pengaturan tersebut, maka komputer tersebut akan mati dengan sendirinya atau secara otomatis.

Adapun tujuan dari pengaturan suhu pada BIOS tersebut, adalah untuk menjaga agar hardware tetap dalam kondisi baik dan tidak terbakar.

Lalu apa yang menyebabkan laptop menjadi cepat panas? Penyebab utamanya adalah kipas baik pada prosesor atau untuk mendinginkan motherboard/mesin tersebut tidak berfungsi dengan baik. Bisa karena perputaran kipas tidak maksimal atau bahkan mati.

Jika kipas masih berputar tapi tidak maksimal, maka Anda bisa membersihkannya. Karena dapat disebabkan oleh debu atau kotoran lainnya yang menempel.

Baca Juga : Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis yang Penting untuk Diperhatikan

Akan tetapi apabila kipas tersebut mati, maka segera menggantinya dengan yang baru. Pasalnya, jika Anda membiarkan begitu saja, maka laptop akan terus mendadak mati dengan sendirinya.

Selain itu, masalah tersebut bisa merusak komponen lainnya, seperti prosesor, hardisk dan lainnya.

Baterai

Mengapa baterai laptop bisa menjadi biang mendadak mati sendiri? Untuk menjawab itu, sebagai informasi bahwa baterai adalah sumber energi utama pada laptop dengan catatan dalam mode tanpa mengisi ulang.

Tidak berbeda jauh dengan smartphone, baterai pada laptop juga bisa mengalami pengurangan kualitas dan kinerja. Dapat karena masa umur yang sudah lama, atau juga karena pemakaiannya yang terus menerus.

Jika Anda menemui masalah saat mengisi ulang sudah penuh, namun ketika mencabut charger tidak berlangsung lama mati sendiri, maka sebaiknya mengganti baterai tersebut.

Akan tetapi, apabila belum ada anggaran untuk membeli baterai laptop yang baru, maka solusinya lepaskan baterai lalu colokkan langsung adaptor ke laptop.

Meskipun cara ini sangat simple, akan tetapi masalahnya adalah ketika mati lampu maka Anda tidak bisa menyalakan laptop.

Selain masalah di atas, yang membuat laptop mendadak mati sendiri bisa karena motherboard yang bermasalah. Tanda ketika motherboard ini rusak yaitu akan mengeluarkan suara ‘Bip’ pada laptop secara berulang-ulang. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto