Lokasi Rumah Tusuk Sate Bisa Bawa Sial, Mitos atau Fakta?

Rumah Tusuk Sate
Lokasi rumah tusuk sate atau t-intersection. Foto: Net/Ist.

Lokasi rumah tusuk sate atau t-intersection sering dihindari masyarakat karena erat hubungannya dengan mitos soal lokasi tersebut. Rumah t-intersection adalah rumah yang lokasinya persis di depan jalan dengan posisi tegak lurus, atau berada di tengah jalur jalan pertigaan.

Kabarnya, jika menempati lokasi rumah t-intersection, penghuninya bisa mendapat kesialan. Seperti gampang sakit, atau kehidupan penghuninya menjadi tidak harmonis. Oleh karena itu tidak heran kalau rumah yang berada pada lokasi ini harganya lebih murah ketimbang yang lainnya.

Tapi, apakah benar lokasi rumah tusuk sate bisa membawa sial, atau hanya mitos belaka? Untuk mengetahui hal itu, berikut ulasannya seperti yang HR rangkum dari berbagai sumber.

Lokasi Rumah Tusuk Sate Menurut Adat Jawa, Feng Shui, dan Ajaran Islam

Menurut Tradisi Jawa

Rumah dengan lokasi tusuk sate menurut adat Jawa bisa menyebabkan kesialan dan kerugian bagi penghuninya secara tiba-tiba. Karena, lokasi tersebut dianggapnya sebagai tempat berkumpul energi-energi negatif atau para makhluk gaib.

Hal itu bisa mengakibatkan penghuni rumah sering diganggu oleh mahluk-mahluk yang tak kasat mata. Konon, penghuni rumah bakal sering mengalami berbagai kejadian aneh.

Baca Juga : Desain Rumah Modern 2 Lantai Solusi Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Menurut Feng Shui

Lokasi rumah tusuk sate menurut Feng Shui sama seperti anggapan tradisi Jawa, yang mana tidak menyarankan Anda untuk menempatinya sebagai tempat tinggal.

Feng Shui juga beranggapan bahwa rumah tusuk sate atau t-intersection itu menjadi tempat berkumpul energi-energi negatif. Tetapi dengan alasan sedikit lebih logis.

Menurut Feng Shui, bangunan harus sesuai dengan keadaan lingkungan dan iklim. Sedangkan, rumah yang menempati lokasi tusuk sate mempunyai aliran chi terlalu kuat. Namun, semuanya tergantung angka KUA (angka keberuntungan setiap orang).

Ada tiga angka KUA dalam ajaran Feng Shui ini, yakni KUA kuat angkanya 2, 5, 9. Kemudian, KUA lemah angkanya 1, 6, 8, dan untuk KUA sedang angkanya 3, 4, 7.

Cara Menghitung Angka KUA

Cara untuk menghitung angka KUA juga berbeda. Termasuk cara penghitungan untuk angka KUA perempuan dan laki-laki.

Baca Juga : Desain Rumah dengan Bata Ekspos Untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Untuk mendapatkan angka perempuan, Anda dapat menghitung jumlah dari angka 100 dikurangi 2 angka terakhir dari tahun kelahiran, lalu kurangi 4, dan hasilnya dibagi 9. Sedangkan untuk laki-laki kurangi 2 angka tahun kelahiran, dan hasilnya dibagi 9.

Jika seseorang punya angka KUA kuat, Feng Shui justru menganjurkan untuk tinggal atau menempati rumah tusuk sate. Namun sebaliknya, bagi mereka yang memiliki angka KUA kategori lemah sebaiknya hindari lokasi rumah tusuk sate.

Sementara, bagi mereka yang memiliki angka KUA masuk kategori sedang, maka baik atau buruknya tergantung hoki masing-masing.

Ubah Posisi Rumah

Meski angka KUA lemah, tapi bukan berarti Anda tak bisa menempati lokasi rumah tusuk sate. Karena Anda bisa mengatasinya dengan cara mengubah posisi pintu masuk rumah yang sebelumnya menghadap jalan jadi ke kanan atau kiri.

Selain itu, bisa juga Anda membuat taman depan rumah, kemudian mengisinya dengan menanam pohon yang rindang sebagai filter debu jalanan.

Cara-cara tersebut bisa memperlambat aliran chi guna mengurangi masuknya energi negatif. Tetapi hal ini hanya dapat Anda lakukan jika rumah yang Anda tempati memiliki halaman cukup luas.

Kemudian, cara lainnya adalah mengubah total bentuk bangunan menyerupai unsur api (segitiga), dan unsur logam (bulat).

Baca Juga : Desain Rumah Mezzanine, Solusi Memperluas Rumah Minimalis

Menurut Ajaran Islam

Terakhir adalah lokasi rumah tusuk sate menurut ajaran Islam. Dalam agama Islam tak ada pernyataan yang melarang atau memperbolehkan orang untuk menempati rumah tusuk sate.

Karena, agama Islam mengajarkan pada umatnya supaya tidak mempercayai terhadap hal-hal yang berbau takhayul seperti itu.

Tak perlu percaya mitos mengenai rumah atau model apapun yang bisa mendatangkan kesialan. Dalam agama Islam menganjurkan agar umatnya melihat hal tersebut secara ilmiah dan logis.

Itulah sedikit pembahasan mengenai lokasi rumah. Terlepas dari adanya mitos tersebut, semua kembali pada Anda. Apabila Anda termasuk orang yang tidak begitu percaya mitos, maka tak ada salahnya memilih lokasi rumah tusuk sate.

Bagaimana menurut Anda, apakah rumah tusuk sate dapat membawa kesialan itu hanya mitos atau fakta? (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah