Macam-macam Sholawat Nabi Menjadi Penyebab Bertambahnya Pahala

Macam-macam Sholawat Nabi Menjadi Penyebab Bertambahnya Pahala
Ilustrasi Macam-macam Sholawat Nabi. Foto: Ist/Net

Macam-macam sholawat Nabi jika kita membacanya dengan rutin, maka kita akan mendapatkan faedahnya. Terutama pada hari Jumat. Hari Jumat adalah hari besar Islam yang mana kita bisa mendapatkan banyak pahala apabila melakukan amalan-amalan sunnah.

Salah satunya adalah dengan membaca amalan sunnah, yakni sholawat Nabi. Bahkan tidak hanya hari Jumat saja anda akan mendapatkan banyak pahala, tetapi pada hari-hari biasa anda juga bisa mendapatkan pahala. Bahkan dalam Al-Quran telah dijelaskan mengenai perintah untuk membaca sholawat.

Salah satunya adalah terdapat dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56:

Selain dalil dalam Al-Quran tersebut, dalam sebuah hadits juga sudah terdapat perintah mengenai perintah untuk bersholawat ini yakni:

baca juga: Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Inilah Macam-macam Sholawat Nabi yang Mendatangkan Banyak Faedah

Sholawat Nabi itu terbagi menjadi beberapa, yakni faith, matsurah, mukafaah, nariyah, nur al-anwar, dan juga ibrahimiyah. Lalu bagaimana bacaannya? Berikut ini penjelasannya.

baca juga: Aplikasi Ebook Reader Fitur Lengkap, Baca Buku Kapan Saja

Sholawat Nariyah

Salah satu dari macam-macam sholawat Nabi ini adalah sholawat yang diyakini sebagai pembuka rezeki. Syekh Nariyah adalah yang mulanya membuat syair sholawat ini.

Ia juga merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang menekuni ilmu tauhid. Umumnya bacaan sholawat ini dibaca saat acara pengajian dan acara yang lainnya.

baca juga: Bacaan Dua Kalimat Syahadat Memiliki Keutamaan Membawa Ke Surga

Bacaan Sholawat ini adalah:

Macam-macam Sholawat Nabi

Sholawat Fatih

Fatih atau sholawat pembuka pintu ‘arsy. Pintu ‘arsy adalah pintu tempat Allah berada. Keistimewaan dari sholawat ini adalah mengatasi kesulitan hidup, bisa membebaskan dari api neraka dan menempatkan titik kemuliaan kedudukan yang makrifat.

Dengan membaca sholawat Nabi, orang muslim berharap kelak akan mendapatkan syafaat pada hari akhir dan menjadi doa.

Lafal dan Arti dari salah satu macam-macam sholawat Nabi ini adalah:

Bacaan Sholawat Matsurah

Matsurah juga termasuk dalam macam-macam sholawat Nabi yang kalimatnya, keutamaan, dan cara membacanya sudah Baginda Nabi ajarkan.

Lafal dan arti dari bacaan sholawat Matsurah ini adalah:

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah

Ibrahimiyyah merupakan salah satu dari macam-macam sholawat Nabi. Bacaan ini berisi doa yang Allah panjatkan untuk Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad. Bacaan ini biasanya kita baca saat atahiyat terakhir.

Lafal serta arti dari bacaan sholawat Ibrahimmiyah ini adalah:

Macam-macam Sholawat Nabi

Bacaan Sholawat Nur Al-Anwar

Nur Al-Anwar adalah bacaan sholawat yang sudah tersusun dari seorang ulama ternama yakni Wali Qutub Al-Imam Ahmad Al-Badawi RA. Bacaan yang termasuk dalam macam-macam sholawat Nabi ini merupakan sebuah bacaan yang pada umumnya digunakan seseorang guna menunaikan hajat. Selain itu, juga untuk memperoleh ketenangan dan menjauhkan dari segala musibah.

Lafal serta arti dari susunan bacaan Nur Al-Anwar ini adalah:

Untuk anda yang belum mengetahui apa saja macam-macam sholawat Nabi tersebut, semoga dengan adanya penjelasan ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda. Anda juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena membaca sholawat ini dengan niat yang ikhlas lillahi Ta’alla. (Muhafid/R6/HR-Online)