Macan Tutul Turun Gunung, Kambing Milik Warga Ciamis Nyaris Dimangsa

Macan Tutul Turun Gunung
Dua ekor kambing yang nyaris dimangsa macan tutul. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Macan tutul dari kawasan Gunung Sawal kembali turun dan memasuki pemukiman penduduk. Macan tutul tersebut nyaris memangsa dua ekor kambing milik warga Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Meskipun kedua ekor kambing tersebut tidak sampai menjadi mangsa macan tutul, namun kedua ekor kambing terpaksa harus disembelih. 

Burhanudin, pemilik kambing mengatakan, macan tutul dari kawasan Gunung Sawal memasuki pemukiman penduduk dan kembali berulah. Kedua ekor kambing miliknya nyaris dimangsa. 

“Untung saja ketika terdengar suara yang aneh dari sekitar kandang kambing, saya langsung menyorotkan lampu senter sehingga macan tutul yang ingin memangsa kambing langsung kabur kembali ke habitatnya,” ujar Burhanuddin, Selasa (06/04/2021).

Burhanuddin menjelaskan, meski  tidak sampai jadi mangsa, kedua ekor kambing miliknya mengalami luka pada bagian leher. Sehingga dengan sangat terpaksa, Burhanuddin harus menyembelih kedua ekor kambingnya. 

“Kerugian sekitar Rp 4 juta, itu kalau kambingnya dijual. Kejadiannya sekitar pukul setengah satu malam,” katanya. 

Burhanuddin menambahkan, macan tutul yang turun gunung tersebut, tidak hanya berulah di wilayah Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, akan tetapi sebelumnya macan tutul telah memangsa kambing milik warga yang berada di Dusun Cikawung Gunung, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali. 

“Karena sudah banyak kejadian seperti ini, saya harap petugas dari BKSDA bisa turun tangan untuk mengusir macan tutul, sehingga bisa kembali betah di habitatnya,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu