Manfaat Makan Jengkol untuk Kesehatan, Bisa Merampingkan Perut

Makan Jengkol
Manfaat makan jengkol untuk kesehatan yang jarang diketahui. Foto: Net/Ist.

Manfaat makan jengkol untuk kesehatan yang jarang diketahui. Di Indonesia, jengkol dijadikan obat herbal guna mengatasi berbagai jenis penyakit. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatasi berbagai jenis penyakit mematikan, seperti kanker.

Jengkol juga menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Tanah Air. Sehingga tak heran, jengkol yang memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum ini kerap menjadi makanan sehari-sehari.

Tanaman jengkol bisa dengan mudah ditemui di wilayah Asia Tenggara. Tak hanya Indonesia, tanaman tersebut tumbuh subur di Brunei Darussalam dan Malaysia. 

Merangkum dari berbagai sumber, kandungan senyawa kimia dalam tanaman jengkol meliputi protein, glikosida, karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1. Selain itu, jengkol juga mengandung minyak atsiri, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, dan flavonoid.

Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan jika kita mengonsumsi makanan tersebut? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Manfaat Jengkol dan Bahayanya yang Patut Diwaspadai

8 Manfaat Makan Jengkol untuk Kesehatan

Mencegah Anemia

Jengkol kaya akan kandungan zat besi yang tentunya sangat bermanfaat untuk membantu tubuh produksi sel darah merah, dan mencegah anemia.

Sebab, ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan menurun. Hal ini mengakibatkan suplai nutrisi dan oksigen dalam semua sel pada tubuh menjadi berkurang.

Efek dari kekurangan suplai nutrisi dan oksigen dalam sel bisa menurunkan fungsi dan kinerja sel. Sehingga tak heran seseorang yang kekurangan zat besi akan terlihat lelah, lemas, dan hilang semangat. 

Bagi wanita yang tengah haid sangat baik mengonsumsi jengkol. Karena, akibat darah haid banyak keluar, maka tubuh akan kekurangan zat besi.

Hilangkan Radikal Bebas

Manfaat makan jengkol yang berikutnya yaitu untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Karena jengkol kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan vitamin C.

Vitamin A sangat bermanfaat untuk membantu tingkatkan ketajaman indra penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Kemudian, vitamin A dan C sebagai antioksidan yang ampuh membantu menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? Baca Ini Dulu!

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Bisa mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah menjadi salah satu manfaat makan jengkol yang selanjut. Bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan mengalami masalah penyempitan pembuluh darah, maka darah yang mengalir ke jantung menjadi tidak lancar.

Jengkol mengandung mineral yang mampu melebarkan bagian pembuluh darah dalam tubuh, dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. 

Agar bisa mendapatkan khasiatnya secara optimal, sebaiknya jengkol dikonsumsi langsung atau jangan overcooked (terlalu banyak dimasak).

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat makan jengkol bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat adanya kandungan zat antioksidan yang sangat baik dalam jengkol.

Racun-racun yang ada dalam tubuh bakal sulit masuk ke jantung berkat adanya perlindungan dari antioksidan. Sehingga, apa saja yang menghambat aliran darah pada pembuluh darah akan hilang.

Dengan begitu, maka aliran darah pun menjadi lebih lancar, jantung juga akan berfungsi dengan baik dan optimal.

Mengelola Penyakit Jantung Koroner

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat makan jengkol juga bisa mengelola penyakit jantung koroner. Jengkol yang merupakan makanan bersifat diuretik, yakni pembuangan urine jadi lancar. 

Baca Juga : Manfaat Pete Bagi Kesehatan yang Anti Stres, Cerdaskan Otak Hingga Baik untuk Diabetes

Jika pembuangan urine lancar, hal ini tentunya sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsi jengkol jika Anda mengalami masalah jantung.

Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Manfaat makan jengkol selanjutnya yaitu untuk menstabilkan organ vital dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Karena kebutuhan vitamin B6 dan asam folat dalam tubuh harus terpenuhi.

Bahkan, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi guna perkembangan janin. Tetapi jangan mengonsumsi secara berlebihan, karena dampaknya kurang baik untuk organ ginjal.

Mencegah Tulang Keropos dan Memperkuat Gigi

Selain protein dan zat besi, jengkol juga kaya akan kandungan fosfor dan kalsium yang sangat penting untuk tulang dan gigi. Fosfor dan kalsium mampu mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis. 

Agar tulang bisa lebih kuat, sering-seringlah Anda makan jengkol. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan. Konsumsi jengkol secukupnya saja.

Merampingkan Perut

Makan jengkol juga bisa membantu merampingkan perut kembung akibat masuk angin. Kandungan serat tinggi dalam jengkol bermanfaat untuk melancarkan BAB (buang air besar). Dengan begitu, maka secara tidak langsung perut yang buncit menjadi langsing.

Karena, salah satu yang menjadi penyebab seseorang perutnya membuncit adalah akibat BAB yang tidak teratur dan lancar. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah