Manfaat Makanan Tinggi Serat untuk Diet dan Menjaga Pencernaan

makanan tinggi serat
Pilihan makanan tinggi serat. Foto: Ist/Net

Manfaat makanan tinggi serat sangat baik untuk menunjang gaya hidup hidup sehat. Makanan yang mengandung serat tinggi ini mengacu nutrisi dalam makanan yang dicerna oleh enzim gastrointestinal tetapi masih memiliki peran penting bagi pencernaan.

Untuk menjalankan fungsi metabolismenya tubuh sangat membutuhkan serat. Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak bisa tercerna oleh tubuh. Bahan ini hanya masuk ke dalam pencernaan keluar bersama feses.

Untuk jenisnya, ada serat yang larut dalam air dan yang tidak bisa larut. Untuk jenis pertama, serat akan menjadi gel yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan serat tak larut air lebih mudah melewati pencernaan.

Selain itu makanan yang mengandung serat juga dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar atau mencegah penyakit kronis. Makanan ini bisa juga untuk membantu program diet untuk menurunkan berat badan.

Daftar Makanan Tinggi Serat yang Lezat

Saat ini banyak makanan yang kaya dengan serat dan sudah bisa Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal rasa, makanan ini juga tidak kalah enaknya daripada makanan biasa lainnya.

Untuk lebih memahami apa saja makanan tinggi serat tersebut, maka simak penjelasan selengkapnya berikut ini. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan maupun manfaatnya.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Buah Alpukat

Alpukat memiliki keunikan yang terletak pada kandungan lemak yang tinggi. Ini berbeda dari kebanyakan buah yang rata-rata mengandung karbohidrat. Selain mengandung tinggi lemak, buah alpukat ini juga kaya akan serat.

Dalam 100 gram buah alpukat terdapat kandungan 6,7 gram serat, setara 22 persen dari kebutuhan asupan harian untuk orang dewasa. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks, C, E. Serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

Buah Pisang

Pada 100 gram pisang mengandung 2,6 gram serat. Pisang yang berwarna hijau atau belum matang juga mengandung resistant starch yaitu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan bekerja layaknya serat.

Selain itu, makanan tinggi serat ini juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Seperti vitamin B6, vitamin C dan kalium. Mengonsumsi buah ini secara rutin juga berguna untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Baca Juga : Hati-hati! Ini Makanan Sehat Tapi Bahaya Bagi Tubuh

Buah Raspberry

Pada saat Anda mengonsumsi 100 gram buah raspberry, maka tubuh Anda akan mendapatkan asupan serat sebanyak 6,5 gram. Hal tersebut kurang lebih setara dengan 21,6 persen untuk kebutuhan harian Anda.

Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C dan mengandung berbagai senyawa antioksidan. Senyawa ini sangat penting karena dapat melindungi sel tubuh Anda dari efek negatif radikal bebas.

Sayuran Brokoli

Pada semangkuk brokoli memiliki kandungan serat sekitar 5,1 gram. Manfaat makanan tinggi serat ini sangat baik jika kita konsumsi dalam kondisi masih mentah, dengan merebus, atau mengukusnya.

Namun jika Anda ingin mengukus atau merebus brokoli ini, pastikan untuk merebusnya tidak lebih dari 5 menit. Ini penting dengan tujuan agar kandungan nutrisi pada brokoli ini tidak hilang.

Baca Juga : Cegah Kanker Serviks, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Kentang

Kentang merupakan sumber vitamin B, C dan magnesium yang baik. Pada satu kentang besar dengan kulitnya, terdapat kandungan serat sebanyak 6,3 serat. Jumlah serat ini juga cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kandungan serat tersebut dapat membantu mencegah sembelit atau diare. Mengonsumsi buah ini juga berguna untuk meningkatkan keteraturan fungsi saluran pencernaan yang sehat.

Manfaat makanan tinggi serat karena kaya akan vitamin B6 yang memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Caranya dengan memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino.

Gandum

Sebenarnya gandum ini bukan hanya tergolong dalam makanan yang tinggi serat tapi juga sering disebut sebagai salah satu makanan yang paling menyehatkan. Gandum kaya akan zat gizi makro, vitamin, mineral dan antioksidan.

Biji dari gandum ini juga mengandung serat larut dalam air yang biasa disebut dengan beta glukan. Serat ini bisa membantu dalam mengontrol gula darah, kolesterol dan memperkuat daya tahan tubuh terutama pada anak-anak.

Demikian beberapa manfaat makanan tinggi serat dari berbagai jenis yang enak dan kaya kandungan nutrisi lainnya. Jangan lupa untuk mengimbangi asupan serat Anda dengan air yang cukup. Keseimbangan ini efektif melancarkan buang air besar dan memelihara kesehatan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah