Manfaat Teh Celup yang Sudah Dipakai, Jangan Dibuang Dulu Bun!

Manfaat Teh Celup yang Sudah Dipakai
Berbagai manfaat teh celup yang sudah dipakai. Foto: Ist/Net

Manfaat teh celup ternyata ada banyak, oleh karena itu jangan langsung dibuang. Teh celup juga sangat praktis, kita bisa minum teh tanpa harus pakai penyaring lagi. Karena setiap teh celup sudah memiliki bungkus filter khusus sehingga kandungan teh di dalamnya dapat larut dalam air panas.

Teh celup yang sudah kita pakai ternyata masih bisa kita gunakan untuk hal-hal lain. Selain meminumnya, teh celup dapat mengatasi kantung mata, menyuburkan rambut, dan menghilangkan bau pada sepatu.

Baca Juga: Manfaat Santan untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imunitas

Apa Saja Manfaat Teh Celup?

Berikut ini adalah manfaat tak terduga yang bisa kamu dapat dengan menggunakan teh celup. Setelah kita pakai ada baiknya masukkan teh celup ke dalam freezer agar tetap steril dan bisa kita gunakan untuk keperluan lain.

Mengatasi Kantung Mata

Untuk kamu yang tidak mendapatkan tidur cukup, kantung mata bisa jadi masalah. Area sekitar mata jadi terlihat bengkak dan sulit untuk mengaplikasikan make up. Cara mengatasinya, bisa kompresi dengan teh celup.

Keluarkan teh celup dari kulkas, gunakan untuk mengompres mata yang tertutup. Biarkan dulu selama 10 menit. Cara ini efektif mengatasi kantung mata berkat kandungan kafein di dalamnya.

Baca Juga: Khasiat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Ada juga lho produk pelembab khusus area sekitar mata yang menggunakan kafein. Apabila dikonsumsi, kafein memberikan efek rileks pada tubuh. Namun jika kita pakai ke kulit, kafein memberi efek meremajakan.

Menyuburkan dan Menghitamkan Rambut

Rambut yang hitam dan panjang adalah standar cantik wanita Indonesia. Sehingga tidak sedikit wanita yang merawat rambut agar panjang dan berwarna hitam pekat. Tantangan dalam memanjangkan rambut adalah kerontokan. Selain itu juga rambut bisa menjadi rapuh dan patah.

Walaupun gen orang Indonesia adalah berambut hitam, namun paparan sinar matahari membuat warna asli rambut memudar. Manfaat teh celup ini untuk rambut bisa menjadi lebih subur dan lebih hitam.

Baca Juga: Manfaat Makan Jengkol untuk Kesehatan, Bisa Merampingkan Perut

Campurkan tiga cangkir teh hitam, beri setengah liter air mendidih. Biarkan warna air berubah menjadi coklat tua. Pakai air ini untuk membilas rambut setelah keramas, biarkan selama 15 menit. Bilas lagi dengan air bersih.

Meredakan Sensasi Injeksi

Setelah mendapat suntikan, ada kalanya kita merasakan perih dan memar pada area suntikan. Manfaat teh celup bisa juga kamu gunakan untuk meredakan rasa ngilu pada bekas suntikan. Caranya, gunakan teh celup dingin untuk mengompres area tersebut.

Menghilangkan Bau Sepatu

Selama pandemi, orang menjadi lebih sering di rumah dan sepatu pun jarang kita pakai. Karena terlalu lama disimpan, sepatu bisa menjadi bau dan mengundang serangga bersarang di sana.

Untuk mencegah sepatu jadi bau, gunakan teh celup yang masih kering. Simpan teh celup di dalam sepatu, biarkan semalaman. Semakin lama kita biarkan, hasilnya akan semakin baik.

Menyuburkan Mawar

Jika kamu memiliki tanaman mawar, teh celup bisa dijadikan penyubur. Kandungan asam tanat dalam teh sangat disukai oleh mawar. Buka kemasan teh celup, taburkan tehnya ke tanah tempat menanam mawar. Kandungan dalam teh akan menjadi nutrisi yang menyerap ke dalam tanah. Dengan begitu, mawar akan tumbuh subur.

Itulah manfaat teh celup di kehidupan sehari-hari yang bisa kita dapatkan. Selain meminumnya, ternyata teh celup yang sudah kita pakai masih bisa kita gunakan untuk hal lain. Dari mulai mengatasi kantung mata, menyuburkan rambut, dan meredakan rasa ngilu dari injeksi. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau sepatu dan menyuburkan mawar. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu