Manfaat Tidur Siang saat Puasa yang Bisa Didapat Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur Siang
Manfaat tidur siang saat puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi/Net.

Manfaat tidur siang saat puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ketika berpuasa, selama lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan juga minuman. Kondisi ini selain membuat tubuh menjadi lemas, orang yang berpuasa juga merasakan kantuk yang teramat sangat. Apalagi saat siang hari.

Oleh sebab itu, banyak orang yang tengah berpuasa lebih memilih tidur siang untuk beristirahat sejenak. Karena, tidur siang boleh dilakukan saat puasa, asal jangan berlebihan. Cukup 40 menit saja supaya tubuh terasa kembali segar.

Kalau tidur siang terlalu lama, justru dapat menimbulkan sakit kepala serta efek negatif lainnya. Tapi jika dilakukannya dengan waktu yang cukup, maka akan ada manfaat yang bisa didapat. Berikut ini beberapa manfaatnya.

5 Manfaat Tidur Siang saat Puasa

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Resiko terbesar bagi orang yang kurang waktu tidur adalah terkena penyakit jantung. Walaupun hanya sejenak, tidur bisa memberikan waktu beristirahat untuk jantung.

Baca Juga : Manfaat Tidur Menggunakan Guling, Tubuh Bisa Lebih Sehat

Jika kamu sering kurang tidur malam, sebaiknya saat siang hari gunakan sedikit waktu untuk tidur. Sehingga, risiko terkena penyakit jantung akan berkurang.

Memperbaiki Mood

Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat memperbaiki mood. Karena, jika kurang tidur biasanya tubuh menjadi badmood. Tidur dan mood merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Ketika berpuasa, lalu kurang tidur, maka hormon neuroendokrin dalam tubuh akan menjadi kurang seimbang. Hal ini mengakibatkan orang yang tengah berpuasa akan lebih gampang merasa lelah, bahkan cenderung mudah marah.

Dengan tidur siang, hormon neuroendokrin dalam tubuh bisa seimbang lagi, sehingga mood pun akan kembali baik seperti sebelumnya.

Mengembalikan Tenaga

Ketika puasa, seseorang akan cenderung lebih gampang merasa lelah. Hal itu wajar, sebab asupan makanan dan minuman lebih sedikit ketimbang hari-hari biasanya.

Baca Juga : Sederet Manfaat Tidur Memakai Kaos Kaki, Apa Saja?

Oleh karena itu, manfaat tidur siang saat puasa bisa membantu memulihkan kembali tenaga akibat sistem motorik yang melemah.

Menghilangkan Rasa Lapar

Sebuah studi di Stanford University, Amerika menunjukkan bahwa, kurang tidur bisa memicu hormon gherkin. Hormon ini membuat kita ingin selalu makan banyak.

Kurang tidur juga dapat menurunkan hormon yang memberi sinyal kenyang akibat produksi hormon leptin yang berkurang.

Oleh karena itu, manfaat tidur siang saat puasa bisa menghilangkan rasa lapar. Memang orang yang sedang berpuasa akan merasa lapar saat siang hari, dan itu sangat wajar.

Namun, rasa lelah digabung dengan rasa lapar dapat memunculkan keinginan kita untuk makan. Jadi, tidur siang akan lebih baik untuk menghilangkan rasa lapar dan juga lelah.

Sebab, fungsi dari tidur adalah membatasi hormon ghrelin serta meningkatkan hormon leptin. Kedua hormon metabolik ini pengatur nafsu makan dan rasa lapar.

Baca Juga : Aksesoris Kamar Tidur Remaja Perempuan yang Bermanfaat dan Estetik

Mengurangi Stres

Hormon kortisol dalam tubuh berfungsi mengatur respon tubuh pada situasi yang membuat pikiran kita tegang, termasuk stres. Saat kita merasa ngantuk, hormon tersebut akan naik. Hormon kortisol semakin naik dalam tubuh, maka stres yang kita rasakan pun akan semakin besar.

Tidur siang sangat baik untuk mengatasi masalah tersebut karena akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah dan juga kadar kortisol.

Berdasarkan penelitian Allegheny College, Amerika Serikat, manfaat tidur siang saat puasa bisa membantu mengatasi kecemasan berlebih dan stres.

Itulah manfaat tidur siang ketika kita melaksanakan ibadah puasa. Jadi, jangan merasa ragu atau bersalah kalau ingin melakukannya, yang penting tidak berlebihan. Cukup 10 menit sampai 40 menit saja. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Tulisan ini sudah tayang di suara.com dengan judul Tidur Siang saat Puasa, Ini 5 Manfaat yang Bisa Didapat