Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruManga Attack On Titan Tamat, Ending yang Tak Sesuai Harapan

Manga Attack On Titan Tamat, Ending yang Tak Sesuai Harapan

Manga Attack On Titan tamat dengan ending yang “membagongkan” sekali. Karena Dark Ending yang digembar-gemborkan Isayama, pencipta Attack on Titan tak terjadi.

Semua mengira dark ending itu seperti anime Clannad, Code Geass atau Death Note. Dalam anime-anime tersebut tak hanya karakter utama yang mati, melainkan juga banyak korban jiwa.

Review Manga Attack On Titan Tamat

Awal dari manganya adalah Eren dan Armin ngobrol ketika masih kecil. Kemungkinan ini adalah ingatan Eren yang sampai ke Armin.

Eren menunjukkan sebuah gunung merapi yang aktif kepada Armin. Armin jelas kaget karena di dalam tembok tidak ada gunung merapi.

Selain itu, Eren mengetahui ingatan dari pendiri Titan yaitu Ymir Fritz. Armin mengatakan bahwa Ymir jasadnya memang sudah mati namun rohnya masih menunggu hingga 2000 tahun.

Baca Juga: Zeke Jaeger di Attack On Titan, Si Santuy dengan Rencana Jahat

Ingatan Ymir Fritz

Dalam manga ini, Ymir sangat mencintai Raja Fritz pada saat itu. Bahkan memiliki tiga anak yaitu Maria, Sinna dan Rose. Namun, Ymir juga sangat membenci raja pada saat itu.

Karena raja saat itu tak mempedulikan dirinya, malah membawa banyak selir ke istana. Ymir ingin sekali membunuh raja, namun tak bisa rasa cintanya menghalanginya.

Ymir pun merasakan penderitaan yang luar biasa pada saat itu. Bahkan rohnya terus gentayangan selama 2000 tahun.

Kembali Melihat Laut

Dalam manga Attack On Titan tamat ini juga, scene berubah kembali kala Armin dan Eren melihat laut. Wujud mereka pun tidak anak-anak lagi, melainkan sudah dewasa.

Armin kembali memukul Eren ketika membicarakan tentang Mikasa. Eren mengatakan bahwa ia tidak ingin mati dan ingin hidup bersama dengan Mikasa.

Sebenarnya Eren juga tak ingin melihat Mikasa bersama dengan lelaki lain. Hal ini karena Eren juga sangat mencintai Mikasa.

Armin pun mengatakan mungkin masih ada jalan lain agar semua bisa hidup bahagia. Namun Eren mengatakan tak ada pilihan lagi, ini adalah langkah terbaik.’

Kesedihan Mikasa dan Armin

Dalam manga Attack On Titan yang tamat pada chapter 139 ini, Armin melihat sosok Annie. Namun, dalam kabut asap ia melihat Mikasa.

Armin langsung menangis, karena Mikasa membawa kepala Eren saja. Hal ini karena Mikasa memenggal kepala Eren di chapter 138.

Baca Juga: Kenapa Eren Benci Mikasa? Fans Attack on Titan Jangan Sedih Dulu

Pada chapter 138 juga juga teman-teman Eren seperti Jean dan Connie berubah jadi Titan. Di ending ini mereka kembali menjadi manusia biasa.

Di sinilah yang dimaksud “membagongkan”. Isayama mengatakan akan terjadi Dark Ending namun sepertinya tidak.

Selain rekan-rekannya kembali jadi manusia semua tampak bahagia. Gabi dan Falco diceritakan juga akan menikah.

Historia menikah dengan seorang petani dan sedang mengandung anak. Connie dan Jean dikatakan akan berpisah sementara.

Reiner akur lagi dengan ibunya. Levi juga melihat bayangan Hanji, Armin dan kawan-kawannya yang tewas. Kemudian semuanya melakukan hormat Sasageyo.

Akhir Kisah Attack On Titan

Dalam manga Attack On Titan tamat ini, pada saat bahagia, Mikasa pergi dengan membawa kepala Eren. Tiba-tiba ada pasukan Marley yang siap membunuh bangsa Eldia.

Namun, Armin berteriak bahwa dirinya yang telah membunuh Eren dan menyelamatkan dunia. Namun tak jelas selanjutnya seperti apa.

Scene berubah lagi ke adegan terbentuknya sebuah militer baru dari pulau Paradise. Logonya pun berubah seperti gabungan tim pengintai, Polisi Militer dan Penjaga Gerbang.

Kemudian terlihat sebuah kapal di mana Armin, Jean Connie bahkan ada di kapal tersebut. Teori, Mereka mungkin diusir dari pulau Paradise karena tergabung dalam kelompok aliansi.

Namun, Mikasa tetap di pulau Paradise dan menangis tersedu di sebuah pohon yang ada batu nisannya. Kemungkinan itu adalah tempat di mana kepala Eren dikuburkan.

Saat menangis itu tiba-tiba ada seekor burung menghampiri dan menggigit syal Mikasa. Dicurigai itu adalah sosok Eren yang telah bebas.

Mikasa pun tersenyum sambil menangis melihat hal itu. Ia pun berterima kasih kepada Eren karena telah memberikan syal itu kepadanya.

Mana dark endingnya? Mikasa yang jadi jomblo seumur hidup karena masih sangat setia kepada Eren. Sedangkan yang lainnya justru malah Happy Ending.

Itulah Manga Attack On Titan tamat yang nggak terlalu dark ending. HR Online sih kecewa karena tak sesuai dengan kata dark Ending. Sasageyo Eren, Arigato Isayama. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -