Mau Penelitian di Ciamis? Izin Dulu ke Kesbangpol

Penelitian di Ciamis
Kepala Bidang Kewaspadaan dan Penanganan Politik Kesbangpol Kabupaten Ciamis, Purwadi S, SIp, MSi. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pelajar dan juga mahasiswa yang akan melakukan penelitian di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat harus mengajukan izin untuk mendapatkan rekomendasi dari Kesbangpol.

Kepala Bidang Kewaspadaan dan Penanganan Politik Kesbangpol Kabupaten Ciamis, Purwadi S, SIp, MSi, mengatakan, berdasarkan Permendagri, Kesbangpol bertugas mengeluarkan surat rekomendasi bagi para pelajar maupun mahasiswa yang akan melakukan penelitian. 

“Sehingga ketika ada yang mau melakukan penelitian harus ada rekomendasi dulu dari Kesbangpol Ciamis,” ujar Purwadi, Selasa (13/4/2021).

Purwadi menerangkan, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa oleh pelajar dan juga mahasiswa saat hendak mendapatkan surat rekomendasi dari Kesbangpol. Salah satunya adalah surat pengantar dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. 

“Untuk meminta surat rekomendasi tidak sulit kalau prosedurnya ditempuh. Karena sebelum melakukan penelitian juga ada sesi wawancara terlebih dahulu. Hal ini guna mengetahui apa saja persyaratan yang kurang dan kita akan bantu,” katanya. 

Purwadi mengatakan, sesuai data yang masuk kurang lebih 700 orang yang melakukan penelitian di Kabupaten Ciamis. Mulai dari pelajar, mahasiswa sampai lembaga-lembaga penelitian. 

“Kita harapkan agar tidak terjadi permasalahan di lapangan, maka semua orang yang hendak melakukan penelitian terlebih dahulu diwajibkan untuk menempuh izin. Agar ada surat rekomendasi resmi dari Kesbangpol,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu