Upaya Warga Langkaplancar Pangandaran Membangun Jalan Pertanian

Jalan Pertanian
Berbagai upaya dilakukan warga Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam membangun jalan menuju lahan pertanian. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Berbagai upaya dilakukan warga Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam membangun jalan pertanian agar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Selama ini, warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, kesulitan mengangkut hasil pertanian maupun peternakannya. Sebab, akses menuju ke lahan pertanian mereka tak bisa dilalui kendaraan roda dua.

Agar kendaraan roda dua bisa sampai ke lahan persawahan Blok Cigadog, warga pun secara swadaya melakukan pelebaran jalan setapak. Bahkan, mereka juga berusaha melakukan pengerasan jalan.

Damin, salah seorang warga setempat mengatakan, masyarakat baik petani dan peternak ikan terus berupaya supaya kendaraan roda dua bisa sampai ke lahan pertanian.

Baca Juga : Tokoh Penting Dalam Penyebaran Islam di Langkaplancar Pangandaran

“Setiap hari Sabtu masyarakat di Dusun Citarunggang terus melakukan kerja bakti. Dari mulai pembuatan badan jalan sampai pengerasan, dengan harapan kendaraan roda dua bisa mengakses lahan pertanian,” tuturnya, Senin (05/04/2021).

Untuk pengerasan jalan, lanjut Damin, masyarakat dengan susah payah mengumpulkan batu koral. Dengan alat seadanya, masyarakat memecah batu supaya jalan menuju lahan pertanian bisa secepatnya selesai. Sehingga kendaraan sepeda motor bisa mengaksesnya.

Jika kendaraan roda dua bisa mengakses jalan menuju lahan pertanian dan perikanan, maka beban petani maupun peternak ikan akan sedikit berkurang. Karena mereka bisa dengan mudah mengangkut hasil tani dan ternaknya.

Damin menambahkan, pengerasan jalan sudah hampir selesai. Namun untuk proses pengecoran masyarakat masih menunggu bantuan dari pemerintah.

“Semoga saja pemerintah bisa membantu dan menganggarkan untuk proses pengecoran jalan menuju lahan pertanian ini,” harapnya. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah