Memulai Usaha Kuliner Rumahan, dari Jajanan, Warteg, hingga Kue

memulai usaha kuliner rumahan
Cara memulai usaha kuliner rumahan yang mudah. Foto: Ist/Net

Memulai usaha kuliner rumahan yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang tidaklah sesulit yang Anda pikirkan. Ada banyak ide jenis usaha kuliner murah tapi banyak orang yang menyukainya sehingga bisa Anda jual hanya dari rumah.

Bisnis makanan termasuk jenis usaha yang paling populer ketimbang jenis produk lainnya. Hal ini karena semua orang tentunya membutuhkan makan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Ide Memulai Usaha Kuliner Rumahan

Dalam menjalankan usaha makanan yang terpenting ialah eksekusi yang tepat. Lalu, apa saja jenis usaha kuliner rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan ini? Berikut beberapa ide jenis kuliner rumahan untuk Anda.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner, dari Soal Rasa, Konsep Hingga Pemasaran

Usaha Makanan Bubur Ayam

Untuk memulai usaha kuliner rumahan Anda bisa memilih bubur ayam. Siapa yang tak kenal dengan menu makanan ini. Setiap pagi, makanan yang satu ini selalu terjual laris manis karena selalu menjadi buruan banyak orang.

Maka jangan heran bila setiap sudut jalan pada pagi hari mata Anda akan melihat banyaknya gerobak bubur ayam. Sebut saja tempat seperti terminal, lapangan olahraga, taman, hingga sekitar kompleks perumahan.

Untuk memulai menjalankan usaha ini Anda bisa menggunakan gerobak beroda ataupun bisa langsung dari rumah. Sesuaikan saja dengan modal yang ada atau kemampuan Anda.

Usaha Makanan Nasi Kuning atau Nasi Uduk

Tak kalah dengan bubur ayam, nasi kuning ataupun nasi uduk juga selalu menjadi favorit banyak orang pada pagi hari. Pekerja kantoran, mahasiswa hingga anak sekolahan menggemari sarapan nasi kuning dan nasi uduk.

Untuk memulai usaha kuliner rumahan dengan menjual nasi kuning juga tidaklah sulit. Tanpa perlu modal besar Anda sudah bisa menjual nasi kuning. Anda juga bisa menitipkan jualan nasi kuning ini ke warung-warung tetangga.

Baca Juga: Usaha Kuliner Bulan Ramadhan dan Lebaran yang Berpeluang Untung Banyak

Usaha Makanan Roti Bakar

Roti bakar juga menjadi kuliner andalan mahasiswa yang sering begadang mengerjakan tugas kampus mereka. Usaha kuliner roti bakar juga bisa Anda jalankan di mana saja, termasuk dari rumah Anda.

Bahan bakunya juga cukup mudah kita dapatkan. Anda hanya perlu berinovasi dengan menyajikan berbagai jenis toppingnya.

Meskipun hanya sekedar roti bakar dengan aneka toppingnya, jajanan yang satu ini selalu menjadi favorit banyak orang. Tentu usaha ini sangat menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya.

Usaha Makanan Gorengan

Jika bubur ayam dan nasi kuning adalah makanan andalan untuk sarapan, maka Anda juga bisa mencoba memulai usaha kuliner rumahan dengan makanan gorengan.

Tentu Anda sudah melihat banyaknya pedagang gorengan di tiap sudut jalan hari ini. Mulai dari bakwan, pisang goreng, singkong, tempe goreng dan banyak lagi jenisnya.

Bahan baku jajanan gorengan ini juga cukup mudah kita dapatkan. Cara mengolahnya pun tidak sulit. Jadi, tidak usah ragu untuk memasukkan gorengan sebagai jenis jualan usaha kuliner Anda.

Usaha Makanan Kue Basah Tradisional

Menjalankan usaha kuliner dari rumah juga bisa dimulai dengan menjual kue basah tradisional. Sebut saja kue sus, onde-onde, lemper dan lain sebagainya. Kue-kue seperti ini cukup laris khususnya pada pagi hari.

Biasanya ibu-ibu rumah tangga memburu kue tradisional sebagai bekal sarapan anak-anak mereka yang akan berangkat sekolah. Makanan ini juga sering untuk suami mereka yang akan berangkat kantor.

Tak perlu menggunakan ruang yang besar untuk menjalankan usaha ini. Cukup menggunakan teras rumah maka Anda sudah bisa berjualan kue tradisional ini.

Usaha Warteg

Jika Anda ingin memulai usaha kuliner rumahan yang cukup ramai dan banyak jenisnya, silahkan mencoba untuk membuka usaha warteg. Warteg tetap menjadi tempat makan andalan banyak orang, mulai dari mahasiswa hingga pegawai kantoran.

Selain karena murah, para pembeli juga bisa memilih banyak jenis makanan ataupun lauknya. Tak jarang banyak warteg yang juga menjual aneka gorengan dan kue-kue basah lainnya.

Ada banyak kelebihan dan keuntungan menjalankan usaha warung makanan ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan pegawai atau masyarakat sekitar, makanan yang Anda jual juga bisa untuk makan keluarga Anda.

Demikianlah beberapa ide dan inspirasi untuk memulai usaha kuliner rumahan. Jenis makanan yang Anda jajakan sebaiknya pilih yang Anda mampu membuatnya. Dengan modal kecil dan memanfaatkan sosial media Anda akan lebih mudah untuk memasarkannya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang