Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaTeknologiAplikasiMengaktifkan Tab Google Chat di Gmail Android, Ini Caranya

Mengaktifkan Tab Google Chat di Gmail Android, Ini Caranya

Mengaktifkan tab Google Chat sangat membantu berbagai aktivitas anda seperti pengiriman pesan secara pribadi dan kelompok terkecil.

Google Chat merupakan fitur aplikasi Gmail yang tersedia untuk para pengguna akun Google. Sebenarnya sejak setahun yang lalu tidak hanya Google Chat saja yang hadir, namun juga fitur Meet dan Room. 

Perbedaannya tab Meet lebih kepada akses platform video konferensi Google Meet secara langsung. Pada awalnya, Google Meet tersebut diperuntukkan pengguna berbayar. Namun kini bisa untuk pengguna reguler atau gratisan. 

Cara Mengaktifkan Tab Google Chat Untuk Android

Pada Android, fitur tersebut terletak sebagai bilah bawah halaman Gmail. Berbeda dengan fitur di web, fitur tersebut berada di sisi kiri halaman dan bersanding dengan outbox, inbox, draft, dan lain-lain. 

Baca Juga : Ganti Profil Gmail pada HP Android Praktis dan Mudah, Simak Ulasannya!

Bagi akun Google pribadi gratis, anda dapat mengaktifkan Gmail baru pada Android atau web. Namun bagi pengguna iOS tidak dapat mengaktifkannya. 

Berikut langkah tepat dalam mengaktifkan tab chat Google atau obrolan pada Gmail:

Membuka Aplikasi Gmail

Pertama, anda buka aplikasi Gmail pada Android anda. Jika anda belum memiliki aplikasi Gmail tersebut, anda dapat mengunduhnya di Google Play Store. Namun umumnya, Android sudah berbekal Gmail yang terpasang pada Android tersebut sejak anda membelinya. 

Pada sisi samping kiri terdapat menu dengan tiga garis horizontal. Anda dapat lakukan scroll ke bagian bawah dan carilah pengaturan untuk mengaktifkan tab Google Chat.

Baca Juga : Fitur Baru di Gmail untuk Kemudahan Pencarian Email 

Jika anda sudah menemukan menu Pengaturan, kemudian anda pilih saja. Anda pilih akun Gmail yang akan anda aktifkan fitur Tab Google Chat tersebut. 

Menemukan Fitur Chat

Langkah selanjutnya yakni menggulirkan ke bagian bawah hingga area umum. Anda akan menemukannya di sana. Temukan fitur Chat (Early Acces). Untuk mengaktifkannya, sebaiknya anda centang saja. Anda akan dihadapkan notifikasi atau peringatan dan pilihlah Try It. 

Membuka Gmail Kembali

Setelah anda klik Try It, maka Gmail anda secara otomatis tertutup dengan sendirinya. Anda buka kembali Gmail dan lihatlah tampilan terbaru pada sisi bagian bawah. Tab Mail berisi kotak masuk Gmail.

Mengaktifkan tab Google Chat terdapat chat yang membawa anda ke aplikasi Google Chat resmi. Anda dapat melakukan chat atau percakapan pribadi dengan teks. Sedangkan fitur Room menampilkan percakapan yang sedang berlangsung. 

Mengetahui Letak dan Penggunaan Tab Chat

Nah, nantinya tab tersebut berada pada bagian bawah. Anda dapat mengaksesnya ketika anda ingin melakukan percakapan dengan siapa saja. 

Untuk berbagi file atau penugasan, anda dapat menggunakan Google Room. Begitu juga Mail. Mail akan berisi semua pesan yang ada pada kotak masuk.

Baca Juga : Fitur Baru di Gmail untuk Kemudahan Pencarian Email 

Setelah mengaktifkan tab Google Chat, anda dapat menggunakan dengan langkah membuka tab chat. Kemudian klik new chat yang ada.

Pilihlah opsi Create A Room yang sudah tersedia dengan mengisi nama dan foto profil ruang obrolan, kemudian anda klik Next. Langkah terakhir, anda tambahkan email kolega ke ruang percakapan grup. Lalu klik Done. Anda siap menggunakannya. 

Ketiga Fitur Google Terbaik

Kehadiran Google Chat tersebut menjadi pesaing Slack, terutama produktivitas dan pengiriman pesan untuk pekerjaan. Sehingga lebih efektif daripada aplikasi perpesanan langsung one to one pesan. 

Tidak hanya Google Chat saja, namun juga Google Room. Kinerja Google Room memudahkan anda dalam membagikan file, membuat reminder, penugasan, dan dilakukan secara langsung dalam ruang obrolan grup pada aplikasi Gmail. 

Kedua fitur tersebut masih tahap awal sehingga untuk early access masih perlu diaktifkan secara manual. Begitu juga dengan Meet. Langkah pengaktifannya hampir sama dengan mengaktifkan tab Google Chat.

Google menghadirkan Meet yang bisa mengakses melalui aplikasi Gmail. Sehingga pengguna tidak lagi repot mengunduh aplikasi Meet dari Google Play Store. 

Anda cukup masuk saja ke aplikasi Gmail dan pilih tab Meet. Fitur tersebut memudahkan anda dalam video telekonferensi dengan orang-orang yang ada di sekitar anda. 

Google akan menampilkan tab Meet tersebut pada bagian bawah antarmuka Gmail terbaru. Sehingga dengan mengetuknya saja, pengguna sudah dapat memulai konferensi. 

Anda juga bisa menonaktifkan mikrofon, kamera, dan mengundang peserta lainnya dengan membagikan kode maupun tautan link tersebut. Dengan mengaktifkan tab Google Chat pada Android, maka anda semakin mudah dalam aktivitas pekerjaan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto 

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img