Mengenal Fitur Point of Sales yang Krusial dalam Bisnis

Point of Sales
Ilustrasi perangkat Point of Sales. Foto: Ist/net

Point of Sales atau dikenal dalam POS adalah sebuah sistem yang digunakan pada teknologi aplikasi kasir online. Hampir semua bisnis terutama pada bisnis cafe, laundry, restoran memanfaatkan sistem POS.

POS terdiri dari perangkat lunak dan juga perangkat keras bahkan ada pula yang berupa sistem operasi Android. Sistem yang lebih ringkas dalam pencatatan transaksi penjualan. Fleksibilitas inilah yang membuat POS banyak digunakan, lalu apa saja fitur yang terdapat di dalamnya?

Fitur Penting Aplikasi Point of Sales dari Majoo untuk Kemajuan Bisnis

Saat memilih aplikasi kasir online dari Majoo.id, Point of Sales jadi fitur utama yang harus diperhatikan. POS juga memiliki beberapa fitur di dalamnya yang perlu dicek ketika masuk masa trial sebelum Anda membeli. Pertama adalah user interface yang semakin sederhana maka mudah digunakan.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Kedua adalah bisa diupdate ke inventaris dan aplikasi akuntansi sehingga tidak perlu mengulang input data. Ketiga adalah adanya riwayat penjualan yang bisa dianalisis dengan mudah. Tentu saja analisis ini tak hanya berupa tabel angka tetapi juga grafik.

Sistem Point of Sales memiliki peranan yang krusial dalam sebuah usaha. Anda akan mendapatkan berbagai fitur lainnya dalam POS yang membantu dalam kelancaran berbisnis sebagai berikut ini.

Membuat daftar variasi produk

Fitur pertama yang memudahkan pengguna adalah banyak varian produk yang bisa dimasukan ke dalam sistem. Anda bisa menciptakan daftar produk dan dikelompokkan berdasarkan kategorinya.

Pencatatan varian produk ini akan lebih rapi dan terintegrasi. Ketika ingin melakukan transaksi Anda tinggal mencari berdasarkan kategori atau angka saja. Maka otomatis data produk akan langsung keluar dengan lengkap.

Memonitoring produk yang tersedia

Soal stok, Point of Sales juga memiliki peranan yang sangat penting. Melalui data yang tadi telah diurutkan berdasarkan kategori bukan hanya nama produk saja yang tercatat. Anda juga bisa mencatat jumlah produk.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Online Untuk Efisiensi dan Pengembangan Bisnis

Pada saat produk terjual maka sistem akan mengurangi data stok yang tersimpan. Pada akhir hari Anda bisa mengecek produk yang masih tersedia di toko. Tujuannya adalah membuat inventaris barang jadi lebih rapi.

Sistem pencarian yang praktis

Melalui data varian produk yang telah dibuat Anda bisa mencari dengan manual atau otomatis. Anda bisa mencari produk dalam sistem menggunakan kategori, alfabet hingga barcode. Sistem barcode ini mempercepat pelacakan produk saat transaksi berlangsung.

Kode batang tinggai di scan saja kemudian sistem akan menemukan data sesuai kode tersebut. Data yang muncul sangat lengkap, dari varian, jumlah hingga penyimpanannya. Anda bisa langsung memberikan tanda baik itu penjualan atau mutasi.

Cara pembayaran yang lengkap

Point of Sales dirancang khusus untuk memiliki beberapa pilihan transaksi yang memudahkan untuk direkap pada akhir hari nanti. Variasi dari sistem pembayaran inilah yang membuat transaksi lebih cepat dan memudahkan konsumen memilih metode pembayaran yang bisa mereka gunakan.

Ada juga fitur splitted bill atau cash hingga menggunakan kartu. Anda tidak akan mempersulit konsumen ketika mereka ingin membayar dengan cara masing-masing.

Berbasis cloud jadi data akan aman

Sebuah fitur yang ditawarkan aplikasi kasir adalah menggunakan penyimpanan berbasis cloud. Penyimpanan ini memudahkan Anda dalam mengakses data di mana saja. Misalnya Anda ingin melihat data transaksi pada pukul 12 siang di rumah.

Tinggal login ke dalam akun maka data akan tersaji. Selain itu dengan teknologi ini Anda juga bisa membuka pop up store dengan mudah. Pencatatan transaksi tidak perlu dilakukan secara manual.

Bisa digunakan untuk membuat promosi

Tak hanya transaksi secara normal, dalam sistem Point of Sales Anda bisa memasukan promosi. Jadi misalnya pada hari tertentu Anda akan membuat promo buy one get one. Tinggal masukan promo tersebut dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: Aplikasi Krealogi untuk UMKM, Revolusi Digital untuk Optimalkan Bisnis

Nantinya promo otomatis muncul pada hari tersebut jadi tidak perlu mengingat-ingatnya. Sistem akan otomatis bekerja dan bisa langsung digunakan.

Mencari data konsumen

Kini setiap transaksi yang dilakukan bisa digunakan untuk menyimpan data konsumen. Mulai dari nama hingga nomor telepon. Jadi Anda bisa melacak siapa konsumen yang loyal hingga berapa total transaksi per orang yang didapatkan.

Kelengkapan data ini akan memudahkan Anda dalam menciptakan strategi marketing pada hari berikutnya.

Inilah fitur yang dihadirkan dalam sistem Point of Sales dan peranannya sangat penting bagi kemajuan usaha Anda dan salah satu aplikasi POS yang Kami rekomendasikan adalah Aplikasi Majoo. (R10/HR-Online)