Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa dengan Cara Mudah

menjaga daya tahan tubuh saat puasa
Begini cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Foto: Ist/Met

Menjaga daya tahan tubuh saat puasa agar tidak lemas tentunya merupakan keinginan banyak kaum muslim. Apalagi yang sibuk bekerja tentunya berharap ibadah tidak malah menghambat pekerjaan namun menjadi penyemangat. Yuk cari tahu caranya.

Bulan Ramadhan adalah bulan saat seluruh umat muslim di dunia wajib menunaikan ibadah puasa. Namun ada sebagian kecil orang yang menjadikan ibadah puasa ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Tubuh lemas saat puasa memang bisa terjadi karena daya tahan tubuh saat puasa juga ikut menjadi lemah. Namun menurut para ahli, puasa merupakan mekanisme paling efektif untuk mendetoks dan membersihkan tubuh dari racun.

Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Untuk menghindari tubuh lemah  kita dapat menerapkan beberapa metode untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi puasa itu sendiri juga merupakan metode langsung dari Allah untuk lebih meningkatkan kesehatan.

Berikut ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Dengan langkah yang mudah dan simpel puasa pun akan terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga : Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Biar Imunitas Meningkat

Penuhi Asupan Makanan Bergizi saat Sahur dan Buka

Seperti hari-hari biasa anda harus senantiasa memberikan asupan yang cukup bagi tubuh anda. Karena ketika bulan puasa kita hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka, maka manfaatkanlah momen ini untuk memberikan asupan yang bergizi.

Hal ini harus kita lakukan karena untuk menjaga sistem imun tubuh yang merupakan kunci daya tahan tubuh saat puasa. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih secukupnya ketika sahur dan berbuka.

Air putih sangat penting untuk mengembalikan tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Dengan minum yang cukup akan membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda saat puasa.

Tidur Malam yang Cukup

Durasi tidur malam yang cukup juga merupakan kunci untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Ini juga agar saat puasa anda memiliki stamina yang cukup untuk beraktivitas tanpa merasa terlalu lemah.

Karena jika jam tidur kita kurang maka tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon kortisol. Ini akan berdampak pada meningkatnya stress dan peradangan dalam tubuh.

Dengan menjaga jam tidur yang cukup, anda sudah membantu tubuh anda untuk lebih kuat beraktivitas saat puasa. Mulailah untuk tidur lebih awal ketika bulan puasa, sebab anda harus bangun lebih pagi untuk sahur.

Baca Juga : Manfaat Daun Sintrong Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Olahraga Teratur

Banyak orang yang menganggap olahraga ketika bulan puasa juga ikut libur. Padahal justru olahraga berguna membantu Anda untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik saat puasa.

Hal ini bisa terjadi karena olahraga teratur dapat memicu tubuh untuk menghasilkan sel T. Ini merupakan sel yang bertugas meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengingat kondisi saat puasa, maka sebaiknya pilih olahraga yang ringan saja. Seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging, dan sebagainya. Hal tersebut juga berguna anda lakukan untuk menghindari rasa lelah pada tubuh.

Mengelola Stres

Mengelola stress pada saat ibadah puasa juga merupakan salah satu hal untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Karena saat kondisi kita sedang stres maka produksi hormon kortisol meningkat.

Kondisi inilah yang akan membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Pentingnya manajemen stress ini membuat anda harus lebih rileks saat melaksanakan ibadah puasa supaya tingkat stress anda tidak naik.

Salah satu caranya adalah dengan mencari hiburan seperti bermain game, menonton film, dan sebagainya. Namun tentunya yang positif. Termasuk dengan berbagi beban bersama istri.

Baca Juga : Resep Minuman Bandrek Khas Bandung Nikmat, Berkhasiat Bagi Tubuh

Minum Vitamin Tambahan

Mengonsumsi vitamin tambahan bagi tubuh juga merupakan cara untuk memaksimalkan daya tahan tubuh saat puasa. Apalagi bagi Anda yang rentan sakit, hal ini memang sangat dianjurkan.

Vitamin yang baik untuk kita konsumsi adalah vitamin C. Jenis vitamin ini berperan sebagai antioksidan bagi tubuh dan memicu produksi sel darah putih dalam tubuh.

Dengan mengonsumsinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi terhadap kekebalan tubuh anda. Sebab vitamin C telah menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit yang menyerang.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah dan menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Dengan begitu ibadah puasa akan berjalan dengan lancar tanpa khawatir rasa lelah yang akan mengganggu aktivitas. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah