Menu Sarapan Sehat, Inspirasi Makanan yang Simpel dan Enak

menu sarapan sehat
Ide menu sarapan sehat yag simpel dan enak. Foto: Ist/Net

Insipirasi menu sarapan sehat sekarang ini sebenarnya sangat mudah kita dapatkan. Bahkan jika Anda mencarinya melalui internet, ada banyak pilihan sarapan sehat yang simpel, enak, dan mampu mencukupi kebutuhan kalori tubuh.

Sarapan merupakan kegiatan yang penting dan sebaiknya jangan sampai terlewatkan. Akan tetapi pada kenyataannya banyak orang yang melewatkan makan pagi karena berbagai alasan.

Padahal, menurut ahli gizi, sarapan merupakan sebuah titik awal tubuh memenuhi kebutuhan gizi, apalagi pada usia balita dan anak-anak yang sangat membutuhkan suplai energi yang cukup.

Makan pagi juga memiliki andil besar dalam memelihara daya tahan tubuh supaya antibodi kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Bagaimanapun juga, anda tetap harus memilih menu sarapan.

Ide Menu Sarapan Sehat yang Mudah

Ada berbagai macam inspirasi sarapan yang tidak ribet dan baik untuk kesehatan. Menurut penelitian, sarapan yang baik yaitu makan pagi dengan makanan yang bergizi dan dapat mencukupi kebutuhan energi hingga jam makan siang.

Baca juga: Bahaya Tidak Sarapan Pagi yang Perlu Anda Waspadai

Untuk Anda yang sering bingung dalam memilih menu makan pagi yang praktis dan mudah, Anda bisa mencoba alternatif ini. Berikut adalah inspirasi menu sarapan sehat yang simpel tanpa ribet.

Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita santap sebagai menu sarapan. Hal tersebut karena telur mudah mengolahnya dan memiliki rasa yang lezat.

Telur juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Jika anda terbiasa mengkonsumsi telur untuk sarapan, anda bisa melanjutkannya.

Menu paling mudah untuk mengolah telur adalah menggorengnya menjadi telur mata sapi. Siapkan dua butir telur lalu goreng dengan  wajan, bisa dengan mentega atau minyak. Menyantap dua butir telur sudah cukup mengenyangkan untuk sarapan.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan kalori rendah namun kaya akan serat. Menu sarapan sehat ini sangat baik untuk pencernaan. Oatmeal mampu membuat orang merasa kenyang lebih lama karena mengandung beta glukan

Para ahli gizi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi oatmeal saat sarapan bisa merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut mengakibatkan porsi makan siangnya lebih sedikit.

Selain kaya serat, oatmeal juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh. Seperti zat antioksidan, omega 3, dan asam folat.

Oatmeal bisa kita olah menjadi beragam jenis makanan, baik menu manis dan gurih. Untuk menu manis, anda bisa mencampur oatmeal dengan pisang dan susu almond. Rasanya sangat enak dan mengenyangkan.

Baca juga: Makanan Sehat Sehari-hari, Ini Daftarnya yang Perlu Dikonsumsi

Jika anda kurang suka menyantap makanan manis pada pagi hari, Anda bisa mengolah oatmeal menjadi olahan yang gurih. Tak sedikit pula orang yang menyukai jenis makanan ini.

Caranya, Anda bisa menyeduh oatmeal dengan air kaldu ayam. Kemudian tambahkan topping suwiran ayam dan daun bawang. Rasanya seperti bubur ayam, namun terbuat dari oatmeal sehingga lebih sehat.

Selai Kacang

Jika anda kurang suka telur atau alergi telur karena bisa menyebabkan jerawat, anda bisa memilih makanan lainnya. Salah satunya, menu sarapan sehat yang menggunakan selai kacang.

Untuk caranya juga sangat praktis, cukup oleskan selai kacang di atas roti. Menu sarapan ini sangat cocok dengan secangkir teh hangat yang akan membuat segar tubuh.

Selai kacang tidak hanya bisa kita oleskan ke roti saja, namun juga sebagai campuran oatmeal atau cocolan buah segar. Kacang mengandung antioksidan, potasium, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Kopi

Perlu Anda perhatikan bahwa menu sarapan sehat dengan kopi adalah dari jenis kopi murni dengan creamer nabati. Konsumsi kopi instan pada pagi hari bisa menyebabkan asam lambung sehingga kurang dianjurkan.

Namun berbeda cerita dengan kopi murni. Konsumsi kopi murni tiap pagi mampu mencukupi kebutuhan antioksidan, melawan peradangan, serta mengurangi resiko diabetes tipe dua.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Sebaiknya, kopi yang Anda minum bersama dengan krimer atau susu nabati. Sarapan dengan kopi juga sangat lezat jika dengan biskuit yang akan membuat perut terasa lebih kenyang.

Dengan menu makan pagi yang semakin variatif, tidak ada alasan lagi untuk tidak menyantap sarapan karena ada banyak pilihan menu yang mudah, sehat, dan simpel.

Nah, itulah beberapa menu sarapan sehat yang bisa Anda jadikan inspirasi supaya tidak bosan. Biasakan menyantap makan pagi untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencukupi kebutuhan energi. (R11/HR-Online)