Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun, Panci Jadi Kinclong

Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun
Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun. Foto: Ist/Net

Kini, manfaat dari minyak zaitun juga bisa kita gunakan untuk merawat perabotan rumah agar tampak seperti baru. Memiliki minyak zaitun memang tak ada ruginya karena ada banyak manfaat yang bisa kita dapat.

Kamu pasti sudah sering mendengar manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, dari mulai mengontrol tekanan darah hingga mengatasi sembelit. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan minyak zaitun jenis extra virgin olive oil untuk merawat wajah dan rambut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kamar Berantakan, Cukup 10 Menit Saja

Tips Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun

Agar barang-barang di rumah tetap mengkilap, berikut ini tips menggunakan minyak zaitun yang belum banyak orang ketahui.

Membersihkan Kerak Panci

Apabila terdapat sisa makanan menempel di panci dan susah hilang, manfaat dari minyak zaitun dapat menghilangkannya. Cara ini juga bisa membersihkan permukaan kerak gosong pada bagian bawah panci dan wajan.

Oleskan minyak zaitun pada permukaan panci dimana terdapat sisa makanan menempel. Korek perlahan menggunakan sendok atau spatula berbahan kayu agar lebih aman dan tidak merusak permukaan panci. Lalu cuci perabotan seperti biasa menggunakan cairan pencuci perabot dapur.

Baca Juga: Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit Tidak Rumit dan Berbelit-Belit

Kamu juga bisa membersihkan teflon bekas memanggang daging dan sosis menggunakan minyak zaitun. Biasanya ada kerak hitam yang menempel di permukaan teflon dan susah dihilangkan dengan cairan pencuci piring, sehingga minyak zaitun dapat membantu membersihkannya dan merawat perabotan rumah seperti teflon tanpa merusak lapisan.

Merawat Barang dari Perak

Manfaat dari minyak zaitun untuk merawat barang-barang yang terbuat dari perak seperti kalung, gelang, dan anting. Mudah sekali caranya, hanya perlu mengolesi barang tersebut dengan minyak zaitun kemudian gosok secara perlahan. Perhiasan dari perak akan tampak seperti baru, karena minyak zaitun mengangkat kotoran tanpa merusak lapisan logam.

Minyak zaitun juga membantu membersihkan kotoran sekaligus merawat perabotan rumah yang terbuat dari stainless steel, juga membuatnya mengkilap lagi. Beberapa di antaranya sendok, garpu, saringan, parutan, gunting, dan pisau.

Apabila kamu memiliki perabotan stainless steel yang terlihat kusam, maka tak perlu dibuang. Karena dengan minyak zaitun perabotan dapur akan kembali mengkilap.

Baca Juga: Posisi Kursi Ruang Tamu, Hal Penting untuk Kenyamanan Tamu Anda

Merawat Kursi Bahan Kulit

Manfaat dari minyak zaitun beberapa di antaranya bisa memperbaiki goresan dan warna pada kursi berbahan kulit agar berkilau lagi. Cara ini juga bisa kita gunakan pada jok mobil dan sepatu berbahan kulit.

Kita bisa merawat perabotan rumah seperti meja dan kursi yang terbuat dari kayu dengan mengoleskan minyak zaitun, diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih hingga tak ada sisa minyak menempel.

Dengan mengetahui manfaat dari minyak zaitun untuk perabotan rumah, ada banyak hal tersembunyi yang kita temukan. Peralatan yang sudah usang ternyata masih layak pakai, karena seringkali asap dapur membuatnya tidak bersinar lagi. Bahkan kursi dan jok mobil masih bisa diakali sehingga tak perlu membeli lagi. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu