Merawat Velg Mobil Agar Tetap Bersih dan Mengkilap

Merawat Velg Mobil
Ilustrasi Merawat Velg Mobil. Foto:Ist/Net

Merawat velg mobil sangat penting dilakukan. Karena bagian penting untuk menunjang perjalanan adalah mesin dan ban yang didalamnya terdapat velg. Mesin sangat penting karena pusat energi dan pergerakan pada kendaraan terdapat pada mesin. Apabila mesin mengalami gangguan, bisa-bisa mobil akan mogok, bahkan tidak dapat dihidupkan.

Selain mesin ada juga ban, termasuk ban luar dan dalam serta velg yang menjadi rumah untuk menumpu beban mobil. Ketika terjadi kerusakan pada velg ini, tentu perjalanan mobil menjadi terganggu. Meskipun mesin dalam keadaan baik tapi kendaraan tidak akan bisa melaju.

Cara Mudah Bersihkan dan Merawat Velg Mobil dengan Benar

Velg pada mobil berfungsi untuk mendongkrak penampilan kendaraan. Tak sedikit pula pengguna kendaraan ini rela mengganti velg untuk mendapatkan penampilan mobil yang keren. Tapi mobil yang terlihat indah tidak akan anda dapatkan tanpa merawat keadaan dan kebersihan velg.

Banyak yang tidak memperhatikan keadaan velg, dan hanya berfokus pada mesin. Padahal velg memiliki peran penting dalam hal kenyamanan dan keamanan berkendara.

Baca Juga : Jangan Gunakan Sabun Colek atau Deterjen saat Cuci Velg!

Karena letak velg ini menyatu dengan ban, sehingga akan mudah kotor dan terlihat kusam. Jadi anda harus rajin-rajin membersihkannya agar tetap mengkilap dan terhindar dari karatan.

Mengelap Velg Setiap Hari

Cara merawat velg mobil yang pertama sangatlah mudah dan dapat anda lakukan setiap hari. Tidak akan sia-sia apabila mengelap velg secara rutin. Karena hal ini akan menghindari terjadinya penumpukkan debu yang akan membuat velg terlihat kusam.

Cara ini bisa anda lakukan ketika velg dalam keadaan basah atau banyak debu yang menempel. Pastikan menggunakan lap yang lembut agar tidak menggores dan membuat lecet velg. Lap hingga benar-benar kering dan tidak meninggalkan bercak atau noda.

Jangan Mencuci Velg dalam Keadaan Panas

Ketika akan mencuci velg, hindari melakukanya saat velg masih dalam keadaan panas. Velg yang panas ini apabila tersiram air akan memicu terjadinya pertumbuhan jamur. Untuk velg dengan motif jari atau memiliki banyak palang, akan lebih sulit anda bersihkan. Cobalah menggunakan sikat halus untuk membersihkan celah-celah yang sempit diantara palang. 

Menggunakan Cairan Khusus Pembersih Velg

Kebanyakan para pemilik kendaraan lebih senang menggunakan sabun atau detergen untuk mencuci velg mobil. Menyenangkan memang ketika mencuci sesuatu dengan busa berlimpah, namun cara ini tidak kami anjurkan. Detergen atau sabun bisa menyebabkan velg jadi kusam dan meninggalkan sisa bercak pada velg anda.

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya

Jangan menggunakan zat berbahan asam atau abrasif, karena zat seperti ini akan menipiskan lapisan krom dan membuat velg mudah rusak. Cara merawat velg mobil yang benar, cucilah dengan cairan khusus untuk menghindari warna velg menjadi kusam.

Hindari Jalan Berlubang

Untuk menjaga velg agar tidak penyok, usahakan ketika berkendara untuk menghindari jalan yang berlubang dan selalu mengurangi kecepatan. Apabila sering melewati jalanan berlubang, velg akan penyok parah dan tidak dapat anda gunakan. Sehingga, anda harus membawa ke bengkel dengan biaya yang cukup menguras kantong.

Perawatan Rutin Sebulan Sekali

Sesekali cobalah bawa mobil ke bengkel untuk memastikan komponen pada mobil termasuk velg dapat berjalan dengan lancar. Cara merawat velg mobil ini akan menghindari kecolongan kerusakan pada beberapa bagian velg atau ban.

Lakukan Pengecekan Sebelum Melakukan Perjalanan

Agar perjalanan tetap lancar, tidak ada salahnya anda mengecek keadaan velg anda. Jangan sampai velg anda bermasalah di tengah jalan sehingga perjalanan terganggu dan malah harus ke bengkel.

Membersihkan Velg dengan Lemon

Bahan alami ini berguna untuk membersihkan velg dari noda yang disebabkan oleh asam lain. Lemon yang merupakan buah ini bisa membuat velg menjadi mengkilap.

Caranya pun cukup mudah, simak langkah-langkah berikut ini.

– Pertama cucilah velg dengan air hingga bersih, pastikan tidak ada sisa tanah atau pasir

– Campur setengah cangkir air hangat dengan setengah cangkir jus lemon, kemudian campur dalam botol

– Gunakan cairan ini untuk mengelap dengan kain yang lembut. Kandungan asam dalam lemon dapat membersihkan kotoran dan debu

– Biarkan cairan campuran jus lemon dan air ini menempel pada velg selama 10 menit

– Setelah itu bilas jus lemon dari velg menggunakan air bersih

– Cara merawat velg mobil tahap terakhir, bersihkan dengan kain lembut hingga kering. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto