Merekam Video Call WhatsApp di Android, Intip Tutorial Praktisnya

merekam video call WhatsApp di Android
Ilustrasi merekam video call WhatsApp di Android. Foto: Ist/Net

Merekam video call WhatsApp di Android dapat anda lakukan dengan mudah. Dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan fitur perekam layar yang terdapat pada smartphone berbasis Android anda.

Video call merupakan salah satu jenis fitur yang tersedia pada hampir semua platform media sosial serta chatting, salah satunya adalah pada aplikasi WhatsApp.

Dengan hadirnya video call, maka pengguna dapat menghubungi seseorang dalam bentuk video serta saling bertatap muka.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang cukup populer saat ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Web untuk Video Call Bersama 50 Orang

Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur call video yang dapat anda gunakan secara lebih mudah. Akan tetapi, aplikasi ini belum memperoleh kelengkapan fitur untuk merekam video call.

Namun, bukan berarti anda tidak dapat melakukan perekaman video call melalui aplikasi ini. Penasaran bagaimana cara untuk merekam video call WhatsApp melalui perangkat Android? Berikut kita simak cara praktisnya. Perhatikan baik-baik.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android Mudah dan Praktis

Saat ini WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi wajib yang terdapat dalam sebuah perangkat HP. WhatsApp hingga saat ini telah terunduh sebanyak 5 miliar unduhan pada Google Play Store.

Selain dapat berbagi teks suara serta telepon, WhatsApp kini juga telah meningkat fitur panggilan video atau yang disebut dengan video call.

Video call merupakan salah satu fitur canggih yang banyak tersedia pada berbagai sosial media chatting serta messenger, salah satunya WhatsApp.

Dengan menggunakan fitur ini, maka semua orang dapat berkomunikasi layaknya bertatapan langsung dengan orang yang diajak bicara.

Video call merupakan perpaduan antara suara serta video atau gambar. Saat menggunakan fitur ini, pengguna harus terhubung dengan jaringan internet.

Pasalnya, suara serta video yang terdapat pada video call pasti memerlukan kuota yang lebih. Selain itu, saat melakukan video call, pengguna juga dapat merekam percakapan video call yang dianggap penting.

Baca Juga : Mute Video WhatsApp, Fitur Baru yang Sedang Uji Coba pada Versi Beta

Karena WhatsApp tidak memperoleh fitur perekaman video call, maka pengguna dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Pilihan aplikasi tersebut antara lain:

Az Screen Recorder

Az Screen Recorder adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan. Dalam menggunakannya pun terbilang mudah. Adapun cara merekam video call WhatsApp dengan memanfaatkan aplikasi Az Screen Recorder antara lain:

  1. Langkah pertama, download dan install aplikasi Az Screen Recorder pada perangkat Android anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut untuk dapat mengaktifkannya.
  3. Apabila Az Screen Recorder berhasil aktif pada HP anda, maka akan muncul ikon layar pada HP.
  4. Untuk dapat melakukan perekaman video call WhatsApp pada perangkat Android melalui aplikasi ini, tap ikon, lalu pilih tombol berwarna merah dengan ikon kamera.
  5. Jika ingin berhenti, anda dapat buka panel pemberitahuan serta tap Stop.
  6. Hasil video perekaman akan secara otomatis terekam pada memori ponsel anda.

DU Recoder

Salah satu aplikasi ini terbukti mampu merekam layar Android. Selain itu, pengguna juga langsung dapat mengeditnya.

Baca Juga : Cara Merekam Telepon WhatsApp Paling Efektif, Simak Ulasannya

Melalui aplikasi DU Recorder, juga memberi opsi setting jumlah FPS dengan jumlah maksimal 60FPS, resolusi video maksimum 1080p, serta pilihan kualitas video.

Berikut ini cara merekam video call WhatsApp di Android dengan menggunakan aplikasi DU Recorder, antara lain:

  1. Seperti penggunaan aplikasi lainnya, anda perlu download dan install aplikasi DU Recorder melalui layanan Play Store pada perangkat Android anda.
  2. Setelah proses install berhasil, buka aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul ikon aplikasi pada bagian pojok layar.
  3. Langkah berikutnya, tap ikon tersebut pada saat anda melakukan video call aplikasi WhatsApp.
  4. Jika anda sentuh ikon tersebut, maka aplikasi akan memulai untuk merekam percakapan video call yang anda lakukan
  5. Untuk berhenti, anda dapat tap stop atau tanda silang. Secara otomatis hasil rekaman akan tersimpan pada penyimpanan ponsel anda.

Demikianlah beberapa cara merekam video call WhatsApp di Android dengan memanfaatkan aplikasi Du Recorder serta Az Screen Recorder. Apabila anda ingin melihat hasil rekaman video call tersebut, maka anda tinggal membuka galeri pada perangkat Android yang anda gunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto