Microsoft Surface Laptop 4 Telah Rilis, Membawa Dua Ukuran Berbeda

Microsoft Surface Laptop 4 Telah Rilis, Membawa Dua Ukuran Berbeda
Ilustrasi Microsoft Surface laptop 4. Foto: Ist/Net

Microsoft Surface Laptop 4 akhirnya telah rilis dengan membawa sejumlah spesifikasi yang sangat menarik untuk anda ketahui. Ini merupakan salah satu penerus dari Surface Laptop 3 yang telah rilis tahun 2019 lalu.

Beberapa spesifikasinya menghadirkan banyak peningkatan dengan opsi yang cukup beragam. Kabarnya telah menggunakan prosesor Intel 11th gen dan AMD Ryzen.

Spesifikasi Lengkap Microsoft Surface Laptop 4

Raksasa software yang bernama Microsoft telah memperkenalkan laptop terbaru yang lebih menarik. Secara keseluruhan terdapat empat jenis prosesor yang ada pada laptop ini, yaitu dua dari Intel dan dua dari AMD.

Empat pilihan prosesor tersebut terdiri dari AMD Ryzen 7 4980U dan Ryzen 5 4680U. Sementara dari prosesor Intel terdiri dari Intel Core i7-1185G7 dan Intel Core i5-1135G7.

Baca Juga: Microsoft Surface Pro X, Produk Terbaru Untuk Generasi Kedua

Pada laptop yang hadir dengan prosesor AMD ini juga menggunakan pengolah grafisnya berupa Radeon Graphics. Adapun yang ada dengan dukungan dari Intel akan menggunakan jenis Intel Iris Ze Graphics.

Bocoran pertama kalinya laptop ini muncul pada sebuah situs teknologi yang berbahasa Jerman WinFuture. Menunjukkan bahwa ukuran layarnya sekitar 15 inci dengan rasio aspek 3:2.

Desain Layar Terbaik

Microsoft Surface Laptop 4 kini telah meluncur dan hadir dengan dua pilihan ukuran prosesor yang berbeda. Jika pada jenis Surface Pro memiliki layar yang bisa mudah pengguna lepas, maka Surface Laptop 4 lebih konvensional.

Baca Juga: Microsoft Surface Go 2 Hadir Untuk Penggunaan Harian

Sedangkan pada ukuran layarnya hadir dengan dua ukuran yang sedikit berbeda. Dengan model ukuran layar sebesar 13,5 inci beresolusi 2256 x 1504 dan model 15 inci dengan resolusi 2496 x 1664.

Kedua ukuran tersebut sama-sama memiliki rasio aspek 3:2 serta multi sentuh 10 titik. Selain itu, dengan sebuah dukungan opsional berupa Space pen.

Dengan rasio layar yang jauh lebih tinggi ini, mampu memaksimalkan saat proses multitasking. Bahkan sangat cocok untuk pengguna mahasiswa yang sedang melakukan metode PJJ (pembelajaran jarak jauh).

Bobot Lebih Ringan

Meskipun masih tampil konvensional, tapi Microsoft Surface Laptop 4 memiliki bobot yang tergolong lebih ringan dan mudah anda bawa. Masing-masing dari kedua laptop ini sebesar 1,27 kilogram dan 1,54 kilogram dengan ketebalan hingga 14 mm.

Kedua laptop ini lengkap dengan sebuah layar Pixelsense dan kerapatannya mencapai piksel 201 ppi. Dengan rasio 3:2 yang mampu mendukung pada input sentuh plus.

Baca Juga: Surface Laptop Go, Produk Microsoft Terbaru Menggunakan eMMC

Kapasitas Ruang

Untuk spesifikasi yang lain, laptop dari Microsoft ini memiliki sejumlah konfigurasi yang hampir sama seperti seri Surface Laptop 3, yaitu memiliki ukuran RAM 8GB, 16GB, dan 32GB LPDDR4X.

Selain itu, dengan SSD 225, 1TB atau 512GB, ports USB type A, dan port USB type C. Sedangkan untuk pengisian dayanya masih menggunakan Surface Connect Port.

Fitur yang Lain

Microsoft Surface Laptop 4 memiliki kamera webcam 720p, stereo speaker Dolby Atmos, dual far-field mic, Bluetooth 5:0, dan model WiFi 802,llax.

Speakernya yang berada tepat di balik keyboard mampu menghasilkan bass dan treble yang lebih unggul. Untuk soal ketahanan baterainya bisa mencapai hingga 19 jam untuk laptop ukuran 13,5 inci dan 17 jam yang 15 inci.

Opsi chipset yang hadir kali ini tergolong baru dengan menggunakan AMD. Selain itu, juga dengan menggunakan CPU Radeon Graphics dan CPU Custom. Sementara pada varian keduanya dengan kartu grafis Intel Iris Ze

Pilihan Warna dan Harga

Untuk soal warna pada Microsoft Surface Laptop 4 akan ada empat pilihan terbaik yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Warna Matte Black, Ice Blue, Platinum, dan Sandstone.

Laptop ini sudah mulai beredar di sejumlah negara di dunia ini, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada. Sedangkan di Indonesia sendiri belum diketahui akan ketersediaannya secara global.

Khusus warna Platinum dan Ice Blue, perusahaan telah memberikan dengan sentuhan Alcantara, namun hanya pada model ukuran 13,5 inci saja. Sedangkan yang model 15 inci cukup hadir dengan warna Matte Black dan Platinum. Keduanya memiliki bodi logam standar.

Untuk soal harga, Microsoft Surface Laptop 4 yang berukuran 13,5 inci dengan AMD Ryzen sekitar 14 juta rupiah per unit. Lalu pada varian Intel Core dengan harga 18 juta rupiah per unit. Sedangkan yang berukuran 15 inci memiliki harga sama dengan prosesor AMD Ryzen 7 4980U dan memori 8GB. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang