Minuman Penurun Gula Darah, Ini Resep yang Mudah Dibuat

minuman penurun gula darah
Pilihan minuman penurun gula darah. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi minuman penurun gula darah bisa menjadi alternatif mencegah penyakit kambuh kembali. Kadar gula darah tinggi bisa memicu penyakit diabetes. Selain menjauhi pantangan, ada beberapa jenis minuman yang bisa menurunkan gula darah.

Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi sangat riskan terkena berbagai penyakit. Meskipun begitu, beberapa orang mengaku sudah biasa memiliki kadar gula darah tinggi.

Sebenarnya anda bisa mengontrol kadar gula sendiri dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang dapat mengontrol kadar glukosa darah.

Apa yang menyebabkan seseorang bisa memiliki kadar gula darah tinggi? Penyebab paling sering yaitu kebiasaan makan makanan manis secara berlebihan.

Selain itu, diet tidak seimbang juga bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Jika sudah begini, anda sebaiknya segera menjauhi berbagai pantangannya. Termasuk dengan minum minuman penurun gula darah.

Kadar gula yang tinggi bisa kita sebut dengan pre-diabetes atau bahkan sudah diabetes. Kedua gangguan tersebut merupakan penyakit kronis yang hanya bisa kita cegah dengan mengontrol asupan gula.

Baca Juga : Makanan Penurun Gula Darah yang Efektif, dari Apel, Almond hingga Kiwi

Kenyataannya, banyak orang tidak sadar bahwa mereka sudah mengonsumsi gula secara berlebihan dalam satu harinya. Hal tersebut karena rata-rata makanan Indonesia mengandung glukosa tinggi.

Apalagi trend minuman yang banyak orang sukai sebenarnya justru tidak kaya gizi. Bahkan tak sedikit minuman yang beredar di pasaran mengandung tinggi gula yang bisa merugikan tubuh.

Selain karena kebiasaan mengonsumsi gula dalam jumlah besar, diabetes juga merupakan penyakit genetik. Maksudnya, jika orang tua anda mengidap penyakit ini maka anda cenderung bisa mengidap diabetes juga.

Rekomendasi Minuman Penurun Gula Darah

Supaya kadar gula dalam darah stabil, anda bisa mengkonsumsi minuman untuk mengontrol gula darah. Minuman ini tentu saja berasal dari bahan-bahan alami dan mampu mengatasi kadar gula dalam darah.

Tentu saja, minuman ini bisa anda konsumsi untuk mencegah diabetes kambuh kembali. Berikut ini beberapa rekomendasi minuman penurun gula darah yang bisa anda pilih sesuai selera.

Baca Juga : Kontrol Gula Darah Anda dengan Sayuran Penurun Kolesterol Terbaik Ini

Kaktus dan Lidah Buaya

Minuman sehat yang juga bisa mengontrol kadar gula dalam darah adalah kombinasi antara kaktus dan lidah buaya. Bahan yang perlu anda siapkan adalah satu daun lidah buaya, satu kaktus pir berduri, dan 8 gelas air.

Bagian yang akan kita ambil dari kaktus dan lidah buaya adalah pulpnya. Nada perlu mengekstrak gel yang terdapat dalam lidah buaya dan kaktus. Caranya sangat mudah, potong lidah buaya dan kaktus menjadi dua lalu kerok bagian gelnya.

Jika gel sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah memanaskan air dalam panci. Setelah mendidih, masukkan pulp kaktus dan lidah buaya tadi lalu biarkan selama 5 menit.

Saring campuran air tersebut, anda sebaiknya minum minuman tersebut satu gelas sehari. Rasa minuman ini cukup segar. Jika terasa kurang manis, anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis.

Sari Oatmeal

Minuman penurun gula darah selanjutnya terbuat dari oat. Anda pasti sudah tidak asing dengan segala kebaikan oatmeal untuk tubuh. Sari oatmeal ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Cara membuatnya juga sangat praktis.

Baca Juga : Makanan untuk Tekanan Darah Rendah, Rekomendasi Terbaik dan Alami

Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah secangkir oatmeal, 8 gelas air, dan satu batang kayu manis. Untuk kayu manisnya jika anda tidak suka maka tidak perlu anda tambahkan.

Cara membuatnya juga sangat mudah, rendam oatmeal dalam 8 gelas air selama setengah hari. Jika sudah lalu saring oatmeal dan blender bersama kayu manis. Sambil kita blender, masukkan air hasil rendaman oatmeal tadi.

Minuman ini tidak hanya berkhasiat mengontrol gula dalam darah tapi juga membantu merasa kenyang lebih lama. Selain itu kebaikan oatmeal dan kayu manis mampu menjaga metabolisme serta menurunkan berat badan.

Jika bosan dengan kombinasi kaktus dan lidah buaya, anda bisa menggantinya dengan kombinasi oatmeal dan kayu manis. Jangan ragu untuk menambahkan variasi asalkan terbuat dari bahan-bahan alami yang sehat.

Contohnya, untuk minuman kaktus dan lidah buaya anda bisa menambahkan chia seed. Konsumsi secara rutin minuman ini mampu mengobati dan mencegah penyakit akibat tingginya kadar gula dalam tubuh.

Itulah beberapa resep minuman penurun gula darah yang mudah anda buat sendiri. Selain bahannya yang mudah kita dapatkan, harganya juga tidak mahal. Dengan mengonsumsi minuman ini berguna untuk mengontrol kadar gula darah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah