Mobil Elektrik Toyota bZ4X, Mobil Listrik Desain Atletis dan Elegan

Mobil Elektrik Toyota bZ4X, Mobil Listrik Desain Atletis dan Elegan
Ilustrasi Mobil elektrik Toyota bZ4X. Foto: Ist/Net

Mobil elektrik Toyota bZ4X sebagai mobil pabrikan asal Jepang. Belakangan ini sempat memamerkan salah salah satu kendaraan elektriknya.

Mobil ini seolah versi modern dan elektrik dari RAV4. Namun pihak Toyota tidak membeberkan mesin mobil elektrik ini secara spesifik.

Toyota mengatakan bahwa konsep mobil listrik dengan bentuk crossover. Mobil ini rencananya akan diproduksi pada pertengahan 2022 di Jepang dan China.

Konsep Mobil Elektrik Toyota bZ4X

Adanya kabar baik saat mengkonfirmasi konsep mobil ini. Konsep yang menggunakan platform e-TNGA dan dikembangkan bersama Subaru. Perusahaan ini mengatakan mengenai kerjasama yang dilakukan dengan penggabungan kualitas legendaris Toyota.  

Baca Juga : Mobil Listrik MG ZS EV Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Selain itu, mengenai daya tahan dan keandalan jangka panjang. Pada penggerak semua roda (AWD) dalam pengembangan bersama Subaru. Hal itu agar bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menarik.

Konsep Toyota bZ4X memberikan pilihan lain dalam portofolio listrik yang sudah kuat. Toyota bZ4X dengan konsep ini nantinya melakukan penggabungan dengan sejumlah kendaraan listrik ramah lingkungan. Pada saat ini menyumbang 40 persen penjualan di AS.

Hal itu termasuk diantaranya baterai, hidrogen, hybrid, dan plug in hybrid. Tidak ada detail secara teknis untuk saat ini. Namun bZ4X memastikan penggunaan penggerak AWD yang dikembangkan bersama Subaru.

Mengenai jangka panjang Toyota yang akan menawarkan 15 kendaraan listrik khusus. Termasuk tujuh diantaranya yang akan menggunakan nama bZ (Beyond Zero).

Desain

Mobil listrik yang merupakan SUV praktis dengan desain atletis dan elegan. Tampilan mobil elektrik Toyota bZ4X memiliki pahatan yang cukup rumit. Hal itu mencakup bagian berlekuk sepanjang garis sisi samping mobilnya.

Ada juga lipatan pada bagian bawah pintu yang menekuk ke atas di spakbor belakangnya. Pilar C dengan bentuk yang curam, sehingga menghasilkan siluet tajam apabila melihat mobil listrik ini dari arah samping.

Fitur

Bagian belakang bZ4X ini mengikuti tren. Penggunaan strip memanjang sebagai lampu belakang yang sudah LED. Lampu menggunakan LED yang menumpuk secara horizontal. Sehingga menciptakan tampilan mobil yang futuristik.

Baca Juga : Hong Guang MINI EV Macaron, Mobil Listrik dengan Harga Rp 90 Jutaan

Begitu juga dengan lampu depannya terlihat menyipit. Lampu depannya yang sempit masing-masing memiliki empat elemen LED. Selain itu, juga strip untuk lampu siang hari di bagian atas.

Mobil Toyota BZ4X menggunakan kisi-kisi heksagonal kecil. Tampak di bagian bawah fasia dan berinsang vertikal pada bagian sudutnya. Mobil elektrik Toyota bZ4X lengkap dengan layar infotainment lebar.

Terdapat pada bagian atas dashboard tengahnya. Tombol untuk mengoperasikan sistem HVAC juga ada pada bagian bawahnya. Konsol tengah mobil Toyota bZ4X yang berguna sebagai pengontrol tombol untuk mode penggeraknya.

Baca Juga : VinFast VF e34, Mobil Listrik Pertama Vietnam Spesifikasi Unggulan

Selain itu, ada tombol tombol alih sistem bantuan dan touchpad layar monitornya. Layar monitor tersebut dengan cahaya biru. Mobil listrik ini memiliki posisi rendah panel instrumen.

Lokasi meteran di atas roda kemudi, tentunya meningkatkan kesan ruang kendaraan. Adanya peningkatan visibilitas dan berkontribusi, membuat kendaraan aman dan terjamin. 

Roda

Mobil elektrik Toyota bZ4X memiliki penggabungan wheelbase panjang. Namun memiliki bagian overhang yang pendek. Hal ini yang menghasilkan desain khas. Bagian dalam ruang interiornya sebanding dengan sedan segmen-D.

Bentuk roda kemudi mobil listrik ini terlihat unik. Menghilangkan kebutuhan untuk mengubah cengkeramannya saat berkendara. Selain itu, juga berkontribusi pada interior yang luas. Kendaraan ini menggunakan sistem steer by wire.

Hal itu dapat memberikan sensasi berkendara secara mulus. Pengemudi bisa melihat melalui setir ke cluster instrumen digital yang berada pada bagian ujungnya. Desainnya bertujuan untuk menghindari silau dari layarnya.

Mobil elektrik Toyota bZ4X tetap mempertahankan desain terbuka. Pada bagian kabinnya terbuat menggunakan sentuhan dua warna. Warna krem pada bagian jok, sedangkan bagian interior lain berwarna hitam.

Mobil listrik ini menggunakan sistem energi regeneratif. Selain itu, juga mengadopsi sistem pengisian ulang tenaga suryanya. Pada pengisian ulang baterainya tidak bergerak untuk meningkatkan kinerja lingkungan unik BEV.

Perusahaan ini telah mengajukan merek dagang bZ. Sedangkan tanpa X menjadi tandanya, mobil listrik tidak memiliki penggerak pada rodanya. Toyota ini rencananya dengan tujuh model keluarga bZ untuk seluruh dunia pada 2025.

Mobil listrik ini dengan singkatan bZ, mempunyai kepanjangan beyond zero. Hal itu sebagai identitas Toyota untuk keluarga mobil listrik yang akan datang.

Mobil elektrik Toyota bZ4X pabrikan asal Jepang yang sempat melenggang baru-baru ini. Mobil ini rencananya akan diproduksi pada pertengahan 2022 di Jepang dan China. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto