Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Kenali Apa Penyebabnya

Motor Matic Tidak Bisa di Starter
Ilustrasi Motor Matic Tidak Bisa di Starter. Foto: moladin

Motor matic tidak bisa distarter biasanya terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena faktor usia kendaraan. Motor keluaran pabrik sekarang umumnya sudah menggunakan komponen elektrik starter, sehingga untuk menyalakannya cukup memencet tombol.

Sayangnya, masih ada beberapa pemilik motor yang mengeluh karena motor tidak juga segera menyala meski tombol starter telah anda tekan berulang kali.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Semakin Gahar

Ketika kendala ini terjadi, mungkin anda akan mengira hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada komponen aki. Padahal ada beberapa penyebab starter elektrik ini sulit menghidupkan mesin, tak hanya karena aki yang bermasalah.

Beberapa Penyebab Motor Matic Tidak Bisa Distarter

Biasanya motor matic akan mengalami kerusakan jika usia kendaraan sudah cukup lama. Hal ini mungkin tidak akan terjadi jika anda selalu mengecek kendaraan secara berkala. Pengecekan pun harus secara urut, mulai starter sampai analisis paling berat yaitu tentang kebocoran kompresi terhadap mesin.

Dengan mengetahui penyebab motor matic tidak bisa distarter, maka setidaknya akan sedikit membuat anda tenang. Kemudian, juga tidak harus langsung menuju bengkel untuk memperbaikinya, siapa tahu penyebabnya sangat mudah untuk anda perbaiki sendiri. Berikut kendala yang mungkin sering anda alami ketika kendaraan tidak bisa menyala.

Aki Lemah

Jika motor matic anda tidak bisa distarter pengecekan pertama adalah komponen aki. Keadaan komponen aki sudah tidak layak, tak akan bisa menyuplai listrik secara maksimal. Anda dapat mengecek dengan cara menekan klakson dan aktif lampu sein, bila tidak berfungsi maksimal maka akinya bermasalah alias soak.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang 

Untuk sanggup memutar kruk as, minimal daya aki adalah 11 volt atau paling tidak 10,8 volt. Lalu, apabila Anda tidak sering mengecek aki dan menyetrumnya, maka lama-lama aki bisa menjadi kotor serta tidak akan berfungsi dengan benar.

Sekring

Masalah kedua yang perlu anda curigai adalah komponen sekring, tugas komponen ini adalah menerima listrik dari aki. Jika sekring putus maka otomatis motor tak mau menyala.

Kita biasanya menyebut dengan nama sekring utama atau main fuse. Komponen ini mempunyai tugas dalam memutus aliran listrik yang besar. Hal ini untuk mengantisipasi kebakaran dalam kendaraan bermotor. Hal ini menyebabkan motor matic tidak bisa distarter.

Starter Elektrik Kotor

Apabila mesin tidak dapat menyala, kemungkinan besar karena terdapat hambatan yaitu starter elektrik kotor. Hal ini sering terjadi pada kendaraan tombol starter model baru. Kotoran ini berasal dari hujan dan debu, cara mengatasinya kita tinggal membersihkannya saja. Maka dari itu perawatan secara rutin akan mencegah hal-hal ini terjadi.

Bensin Tidak Naik ke Karburator

Masalah selanjutnya yang mengakibatkan motor matic tidak bisa distarter yaitu karena bensin tidak bisa naik ke karburator. Hal ini terjadi karena adanya beberapa faktor. Biasanya karena, selang vakum pada tangki bensin ada gangguan, dan skep karburator macet dan tidak jalan.

Baca Juga : CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Selain itu, juga terjadinya sumbatan saluran selang bensin. Bahkan, terdapat kotoran pada bagian karburator sehingga hal ini harus anda perhatikan.

Dinamo Starter

Penyebab selanjutnya dari motor matic yang tidak bisa distarter terletak pada kerusakan dinamo starter. Karena usia pakai yang cukup lama, akan menyebabkan pada bagian brush atau arang menjadi aus sehingga membuat posisinya renggang. Akan tetapi ada beberapa kasus brush masih bagus namun posisinya bergeser tidak center.

Biasanya brush memiliki 4 titik, jika posisinya tidak pas maka motor juga sulit hidup. Akan tetapi, jika memang dalam kerusakan, opsi yang dapat anda lakukan yakni melakukan servis spesialis dinamo. Jika anda tidak mau menunggu terlalu lama anda juga bisa menggantinya dengan yang baru.

Kebocoran Kompresi

Terakhir yang perlu anda periksa jika kendaraan tidak bisa distarter adalah kompresi motor. Apabila pada motor masih mempunyai Kick Starter, cara untuk mengeceknya yakni dengan lepas busi, kemudian tutupkan lubang busi menggunakan ibu jari.

Selanjutnya nyalakan mesin dengan menggunakan kick starter, apabila tekanan terasa los, berarti ada kebocoran di kompresi motor anda. Beberapa penyebab motor matic tidak bisa distarter ini harus anda waspadai, agar kendaraan anda tidak mengalami kerusakan yang sama. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto