Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruMukena Plisket Renda, Perhatikan Perawatannya Agar Tidak Rusak

Mukena Plisket Renda, Perhatikan Perawatannya Agar Tidak Rusak

Mukena plisket renda saat ini mulai banyak penggunaannya. Mukena menjadi salah satu perlengkapan ibadah wanita. Pada tiap tahunnya, banyak mengalami perubahan desain. Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia.

Tentunya memiliki desain khusus untuk para wanita muslim. Sesuai syarat wajib mengenai busananya, lumayan lebar dan besar. Hal ini bertujuan untuk menutup aurat pemakainya.

Tips Mempertahankan Kualitas Bahan Mukena Plisket Renda

Perkembangan bahan plisket saat ini bukan hanya untuk pakaian. Namun kini bahan plisket sudah merambah untuk mukena. Kain plisket merupakan jenis kain yang dilipat-lipat secara rapi. Sehingga mukena plisket ini cocok sebagai pilihan mukena terbaru.

Apalagi dengan penambahan renda pada mukena, maka menjadikan mukena semakin menawan. Namun perlu memperhatikan dalam perawatan plisket dan rendanya. Hal itu agar mukena tidak mudah rusak.

Sehingga dapat digunakan untuk beribadah sehari-hari. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk merawat mukena plisket renda.

Baca Juga : Style Tunik Hijab Kekinian Inspirasi Tren Fashion Wanita Muslim

Cuci dengan Teknik Celup

Salah satu hal terpenting dalam menjaga mukena plisket, anda bisa memperhatikan cara mencucinya. Mengingat jenis mukena ini memiliki renda dan plisket. Sebaiknya anda mencucinya dengan hati-hati. Hal itu agar tidak merusak mukena.

Anda dapat melakukan dengan teknik cuci celup. Tentunya dengan menggunakan air detergen. Saat mencelupkannya, sebaiknya cukup dikucek.

Namun jangan sampai terlalu keras. Selain itu, juga pastikan untuk tidak menyikat mukena ini. Dengan menyikatnya, bisa merusak lipatan dan bagian rendanya. 

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Anda bisa memastikan untuk tidak mencucinya dengan mesin cuci. Hal itu agar dapat mempertahankan kualitas mukena anda. Sebaiknya anda cukup mencucinya dengan tangan saja.

Hal itu karena pada bagiannya bisa mudah rusak. Keuntungan dari bahan plisket ini, bahannya yang lembut. Sehingga cukup dikebaskan tanpa susah-susah mencucinya.

Hindari Menggunakan Mesin Pengering

Baca Juga : Baju Lengan Panjang Wanita, Trend Fashion Busana Muslim

Cara merawat mukena plisket renda ini memang sebaiknya hati-hati. Setelah anda mencucinya dengan teknik mencelup, sebaiknya anda juga berhati-hati dalam memeras mukena plisket. Hal ini bertujuan agar tidak merusak bagian lipatan yang ada. 

Selain itu, agar menghindari rusaknya bagian renda. Ada baiknya untuk tidak menggunakan mesin pengering. Terlebih dengan mencampurkannya dengan pakaian lain.

Hal ini lantaran saat dalam mesin pengering, bisa saja plisket atau rendanya akan tertarik-tarik. Plisket bisa saja menghilang dikarenakan hal tersebut.

Hindari Menjemur Mukena Plisket di Bawah Terik Matahari

Saat masuk ke proses penjemuran, sebaiknya anda tidak menjemur bawah terik sinar matahari. Terlebih dengan waktu yang terlalu lama. Hal itu dikhawatirkan mengenai paparan sinar matahari yang terik.

Tentunya dapat menyebabkan anda menyusut. Sehingga lipatan pada mukena plisket bisa berubah. Untuk menjemur mukena plisket renda, sebaiknya anda lakukan pada tempat yang teduh. Bisa juga hanya anda angin-anginkan saja.

Sehingga anda tidak perlu untuk menjemur di bawah terik matahari secara langsung. Selain itu, untuk mengantisipasi warna dari mukena agar tidak mudah pudar.

Baca Juga : Aksesoris Wanita Muslimah, Tips Memilih untuk Tampil Stylish dan Syar’i

Penyimpanan Mukena Bisa Digulung atau Digantung

Saat penyimpanan mukena juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya anda cukup menggulungnya atau bisa dengan menggantung. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan menggulung plisket sesuai arah lipatan.

Pastikan membuat lipatan mukena plisket renda tidak rusak dan melar. Umumnya pada bahan plisket lebih rentan melar. Namun cara yang lebih mudah cukup dengan menggantungkannya saja.   

Setrika dengan Suhu Rendah

Saat penggunaan setrika pada jenis plisket, sebenarnya tidak disarankan. Tak terkecuali pada mukena. Hal ini bisa merusak bagian lipatannya. Tentunya hal ini karena panas yang berasal dari setrika. Apabila ingin menyetrika mukena plisket, perlu berhati-hati.

Anda bisa merubah tingkat panasnya menjadi paling rendah. Sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada lipatan mukena anda. Anda bisa menyesuaikan pada arah setrikanya. Tentunya dengan setiap lipatan yang ada. Hal ini tak lain untuk bisa mempertahankan lipatan atau tampilan aslinya.

Untuk menjaga mukena plisket renda, beberapa tips di atas bisa anda praktikkan. Sehingga dapat mempertahankan kualitasnya meskipun anda gunakan sehari-hari. Penggunaan jenis plisket dan renda memang perlu berhati-hati dalam perawatannya. Mulai dari tahap pencucian sampai dengan tahap setrika. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img