Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di iPhone, Ini Cara untuk Mengatasinya

Notifikasi WhatsApp tidak Muncul di iPhone, ini Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi Notifikasi WhatsApp tidak Muncul di iPhone. Foto: Ist/Net

Notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Di mana bunyi suara dan tampilan banner notifikasi tidak tampak ketika ada pesan.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi populer yang kini memiliki banyak pengguna. Aplikasi yang satu ini hadir dengan berbagai fitur menarik.

Aplikasi chatting untuk kirim pesan yang satu ini memang cukup mudah. Bahkan hampir semua kalangan bisa menggunakannya.

Sayangnya, penggunaan iPhone dan Android berbeda. Terkadang terdapat beberapa jenis pengaturan yang tidak ada pada salah satu perangkat tersebut.

Baca Juga : Cara Aktifkan eSIM di iPhone Terbaru Secara Mudah, Simak Informasinya

Namun, pengguna iPhone sering bingung ketika terjadi masalah notifikasi. Seiring penggunaannya, kerap membuat aplikasi yang satu ini bermasalah.

Selain konektivitas, ternyata yang sering menimbulkan masalah pada iPhone yaitu notifikasinya. Padahal notifikasi merupakan hal yang penting dalam aplikasi WhatsApp.

Jika hal ini mengalami masalah, maka anda akan merasa kesulitan. Sehingga tidak dapat mengetahui apakah ada pesan masuk atau tidak. Masalah ini dapat muncul karena berbagai penyebab. Sehingga penanganannya pun tidak sama.

Sebagai pengguna iPhone, anda perlu mengetahuinya agar tidak menimbulkan masalah yang berlarut. Jika hal ini tidak segera anda atasi, maka mengakibatkan beberapa pesan akan terlewat.

Bahkan pesan penting sekalipun. Masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone jangan anggap sepele. Apalagi pengoperasian antara Android dan iPhone berbeda.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan meski tidak ada di Android. Mungkin juga karena alasan inilah notifikasi tidak bisa muncul di iPhone anda.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di iPhone

Sering sekali terjadi masalah pada notifikasi WhatsApp iPhone. Sehingga membuat pemiliknya tidak mengetahui jika ada pesan yang masuk. Masalah ini memang harus segera diatasi.

Jika tidak, justru pemiliknya akan merasa rugi. Sebab, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan yang digunakan saat ini.

Baca Juga : Face ID iPhone Tidak Berfungsi, Ini Cara Mengatasinya

Sehingga jika masalah ini terjadi, pesan penting pun tidak akan diketahui pemiliknya. Memang beberapa pengguna iPhone masih belum tahu apa yang menyebabkan hingga masalah ini timbul.

Namun, saat ini ada cara mudah untuk mengatasinya. Pastikan anda tahu apa faktor penyebab yang bisa membuat hal ini terjadi. Sehingga dengan mudah dapat mengatasinya secara tepat.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika notifikasi WhatsApp di iPhone tidak berfungsi.

Koneksi Internet

Masalah yang bisa menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone yaitu karena koneksinya. Jika jaringan internet tidak stabil, kemungkinan besar aplikasi WA juga akan terganggu. Sehingga mengakibatkan notifikasi tidak berfungsi dengan baik.

Cara untuk mengatasi masalah ini yaitu periksa koneksinya. Cara untuk melakukan pengecekan yaitu dengan membuka situs favorit menggunakan browser.

Jika situs tersebut tidak terbuka, maka masalah internet sedang dialami. Bila hal ini menjadi penyebabnya, maka cek kuota internet masih ada dan aktif atau tidak.

Pastikan Suara Notifikasi Aktif

Ada masalah kedua yang bisa menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone yaitu dalam keadaan off. Pastikan suara notifikasi aktif.

Untuk memastikannya, anda bisa cek dengan menekan tombol switch pada bagian kiri atas iPhone. Jika kondisinya sedang tidak aktif, maka biasanya memiliki warna orange.

Baca Juga : iPhone yang Tidak Bisa WhatsApp, Harus Update iOS 9 ke Atas

Maka dari itu, untuk mengatasinya, besarkan suara notifikasinya secara manual. Bagi anda yang menggunakan assistive touch, masuk saja ke menu perangkat dan bunyikan.

Pengaturan Notifikasi WhatsApp

Salah satu masalah yang membuat notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone karena pengaturannya. Pastikan pengaturan di WhatsApp iPhone sudah aktif.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu buka aplikasi WA> Setting> Notifikasi. Pastikan anda sudah menampilkan notifikasi messenger, baik pribadi atau group.

Kontak Tidak Silent

Hal yang perlu anda perhatikan yaitu kontak dalam keadaan tidak silent. Cara untuk mengetahuinya, cukup lihat icon audio apakah dicoret atau tidak.

Jika hal ini terjadi, silahkan nonaktifkan pembisuan tersebut. Anda bisa menggeser menu kontak ke arah kiri dan pilih menu lainnya. Jika sudah, anda bisa pilih menu lainnya dan bunyikan.

Masalah WhatsApp memang sering sekali dialami oleh pengguna iPhone. Maka dari itu, ada baiknya mengetahui apa saja penyebab dan cara untuk mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto