Nyeri Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Ini Penyebabnya!

nyeri pinggang sebelah kanan
Kenali penyebab nyeri pinggang sebelah kanan. Foto: Ist/Net

Sering nyeri pinggang sebelah kanan? Meskipun jenis gangguan semacam ini termasuk jarang terjadi, namun sebaiknya Anda kenali dan ketahui beberapa penyebabnya. Bisa jadi nyeri pinggang ini karena adanya penyakit yang cukup berbahaya.

Penderita dengan nyeri pinggang biasanya akan mengalami rasa sakit yang hilang timbul dan bahkan bisa terjadi terus menerus. Baik pada salah satu pinggang atau keduanya.

Biasanya nyeri pinggang terjadi karena beberapa faktor. Seperti karena cedera otot atau sendi pada area pinggang atau akibat posisi tubuh yang salah. Bisa juga ini karena kita melakukan gerakan berulang atau mengangkat beban berat.

Penyebab Nyeri Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita

Gangguan berupa nyeri pinggang, khususnya yang terjadi pada bagian kanan tak jarang muncul secara mendadak. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai beberapa penyebab nyeri pinggang sebelah kanan, yuk simak ulasannya berikut ini.

Saraf Terjepit

Saraf terjepit adalah masalah pada gangguan saraf pada bagian tulang belakang. Biasanya hal tersebut menimbulkan rasa sakit yang akan bertahan lama. Karena itu kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab nyeri pinggang tersebut.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada sejumlah faktor yang biasanya menyebabkan saraf terjepit. Bisa karena obesitas, duduk terlalu lama, otot tegang, radang sendi, dan kehamilan. Umumnya saraf terjepit bisa muncul pada area tubuh mana pun.

Infeksi Saluran Kemih

Penyebab paling umum nyeri pinggang sebelah kanan adalah infeksi saluran kemih. Hal ini biasanya terjadi apabila ada bakteri yang menginfeksi bagian kandung kemih, ginjal, maupun bagian uretra.

Meski lebih sering menyerang wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mengalami masalah yang sama. Infeksi pada saluran kemih jika tidak segera diobati dengan tepat dan cepat akan mengakibatkan nyeri pada pinggang.

Selain itu, penderita biasanya akan merasakan sakit ketika buang air kecil, rasa ingin buang air kecil lebih sering dan terdapat darah dalam urin. Jika Anda mengalami gejala semacam ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Penyempitan Tulang Belakang

Penyebab lain munculnya rasa nyeri pinggang sebelah kanan adalah adanya penyempitan tulang belakang. Faktor usia biasanya menjadi penyebab umum kondisi penyempitan pada bagian tulang punggung ini.

Selain itu, saraf terjepit dan masalah pada bantalan saraf tulang bagian belakang juga dapat memicu rasa sakit pada bagian pinggang ini.

Kondisi sakit ini biasanya akan kian terasa berat saat kita melakukan aktivitas. Namun hal tersebut juga bisa reda dengan sendirinya saat penderitanya melakukan istirahat yang cukup.

Gangguan Ginjal

Setiap manusia mempunyai sepasang ginjal yang ada pada sebelah kanan dan kiri tubuh pada bagian belakang. Jika salah satu ginjalnya mengalami masalah maka ginjal satunya pun juga akan mengalami hal yang sama.

Nah, gangguan ginjal ini ternyata turut menjadi penyebab rasa sakit pada bagian pinggang. Baik yang kanan atau kiri. Parahnya lagi, nyeri pinggang yang terjadi akibat gangguan ginjal ternyata bisa bersifat akut atau pun kronis.

Cedera

Adapun penyebab nyeri pinggang sebelah kanan pada wanita berikutnya adalah karena faktor cedera. Terutama saat usia semakin lanjut.

Cedera ini dapat kita rasakan ketika seseorang mengangkat beban yang terlalu berat. Bahkan rasa sakitnya akan berlangsung hingga lebih dari 3 hari. Karena itu untuk Anda yang berusia tua sebaiknya mengontrol saat mengangkat beban.

Masalah Pada Otot

Gejala umum yang muncul akibat masalah pada otot adalah kram otot. Hal tersebut bisa terjadi secara mendadak tanpa bisa kita kendalikan. Bak karena pergerakan tubuh atau faktor lainnya.

Baca juga: Sakit Nyeri Punggung Bawah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kondisi ini juga akan membuat pinggang menjadi semakin sulit diajak kompromi. Baik saat kita akan berdiri, berjalan, atau membungkuk, sehingga membuat aktivitas Anda terbatas. Melakukan aktivitas berlebihan dan olahraga terlalu keras juga menjadi penyebabnya.

Empedu Bermasalah

Seperti yang kita ketahui bersama, empedu merupakan bagian terpenting dari hati. Empedu berfungsi untuk mencerna lemak dalam tubuh.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

Apabila organ tubuh yang satu ini mengalami masalah, maka rasa sakit yang timbul juga akan menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan. Biasanya penderita akan merasakan nyeri hebat saat makan.

Nah, itulah beberapa penyebab nyeri pinggang sebelah kanan pada wanita yang sering terjadi. Mengenal faktor penyebabnya maupun gejala yang ada akan memudahkan kita untuk segera menanganinya. (R11/HR-Online)