ODGJ di Cipaku Ciamis Dapat Bantuan Bedah Rumah

ODGJ di Cipaku Ciamis
Onah, warga Cipaku, Kabupaten Ciamis yang dapat bantuan bedah rumah. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Onah, orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ), warga Dusun Ciawitali, Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dapat bantuan bedah rumah. Onah, yang semula tinggal di rumah nyaris ambruk, kini tinggal di rumah layak huni. 

Teti Juarti, anggota Relawan Kemanusiaan Ciamis (RKC) mengatakan, ODGJ meskipun memiliki keterbelakangan memiliki hak yang sama seperti orang normal lainnya.

“Sehingga tidak manusiawi kalau dibiarkan begitu saja. Begitu juga dengan tempat tinggalnya harus layak seperti orang pada umumnya,” ujar Teti Juarti, Selasa (27/04/2021).

Lanjutnya, melihat kondisi rumah ODGJ di Cipaku Ciamis tersebut sudah tidak layak huni dan nyaris ambruk, maka RKC mencari solusi dan berusaha memberi bantuan dengan membuatkan rumah layak huni. 

“Bantuan pembiayaan untuk membangun rumah Onah, merupakan bantuan rutilahu dari Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Pemerintah Desa Gereba. Berkat bantuan tersebut Rumah Onah yang awalnya nyaris ambruk dan tidak layak huni, kini sudah menjadi layak huni,” jelasnya.

Teti menambahkan, meski seorang ODGJ, namun Onah juga mendapatkan berbagai bantuan sosial lainnya baik jaminan kesehatan maupun bantuan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya.

“Bahkan jauh sebelum rumahnya dibangun, istri Bupati Ciamis telah menengok Mak Onah ini langsung ke rumahnya dan memberikan bantuan,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu