Olahraga Santai Saat Berpuasa Agar Badan Tetap Sehat

Olahraga Santai Saat Berpuasa
Yoga, salah satu olahraga santai saat berpuasa. Foto: Ist/Net

Olahraga santai saat berpuasa perlu kita lakukan untuk menjaga badan tetap sehat dan kuat. Di bulan Ramadhan, terjadi perubahan pada jam tidur dan makan. Kita harus bangun lebih awal untuk makan sahur dan menunggu waktu magrib untuk berbuka. Dengan kondisi perut kosong, bolehkah melakukan olahraga?

Berolahraga ketika puasa boleh-boleh saja kita lakukan, malah sangat disarankan untuk mencegah badan terasa lemas. Apabila tubuh tetap bergerak, maka makanan yang kita konsumsi di malam hari akan tercerna dengan baik. Untuk itu kita perlu melakukan olahraga yang ringan-ringan saja.

Baca Juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa dengan Cara Mudah

Jenis Olahraga Santai Saat Berpuasa

Berikut ini adalah contoh beberapa olahraga ringan yang bisa kita lakukan selama berpuasa. Walaupun berpuasa seharian, tubuh harus tetap bergerak untuk menjaga kesehatan.

Jalan Kaki

Salah satu olahraga santai saat berpuasa adalah berjalan kaki. Kita tahu bahwa berjalan kaki tidak membutuhkan tempat luas bahkan bisa kita lakukan di kamar sendiri tanpa harus kemana-mana. Dengan berjalan kaki, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Mulai dari menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan resiko penyakit stroke, dan melancarkan peredaran darah. Mulai sekarang jangan mager (malas gerak) ya, karena dengan berjalan kaki dari rumah ke masjid saja sudah bisa melatih tubuh tetap fit.

Baca Juga: Atur Pola Tidur Saat Puasa, Tips Agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif

Yoga

Selain berjalan kaki, olahraga santai saat puasa lainnya kamu juga bisa melakukan yoga di rumah. Yoga merupakan olahraga yang sudah sejak zaman dulu dilakukan untuk melatih badan dan kamu bisa melakukannya saat sedang berpuasa.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan video pelatihan dari internet. Mulailah dari praktek yoga dengan intensitas rendah, seperti Sukhasana hingga Tadasana. Pastikan kamu sudah memiliki matras yang nyaman untuk mencegah badan pegal.

Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi olahraga yang seru selama bulan puasa. Kamu bisa bersepeda menjelang waktu berbuka yaitu sore hari, kegiatan ini disebut “ngabuburit”.

Bersepeda selama 30 menit memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, hingga menghilangkan stress.

Jogging

Untuk kamu yang ingin melakukan olahraga santai saat berpuasa, jogging atau lari pelan bisa menjadi pilihan. Tidak perlu jauh-jauh keluar untuk melakukan jogging. Karena di halaman rumah pun kamu sudah bisa melakukan aktivitas jogging selama puasa.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan jogging. Mulai dari meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kenaikan berat badan. Kamu bisa melakukan jogging menjelang waktu berbuka atau pada malam hari.

Olahraga santai saat berpuasa sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, kamu memilih olahraga dengan intensitas rendah agar puasa tetap lancar. Jangan lupa berolahraga di waktu-waktu terbaik selama bulan Ramadhan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu