Pelaku UKM Baregbeg Ciamis Dapat Penyuluhan Soal Strategi Pemasaran

Pelaku UKM Baregbeg Dapat Penyuluhan Soal Strategi Pemasaran

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dosen Universitas Galuh (Unigal), memberikan penyuluhan soal strategi pemasaran bagi 30 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Baregbeg Ciamis.

Penyuluhan strategi pemasaran bagi Pelaku UKM tersebut merupakan rangkaian kegiatan program pengabdian dosen kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

“Pemasaran merupakan hal yang penting dalam menunjang eksistensi UKM. Jika proses pemasaran produk dilakukan dengan baik dan terencana, maka jumlah penjualan akan mengalami peningkatan,” kata Nugraha Kusumah Ningrat, MT, Dosen FT Unigal.

Nugraha menjelaskan, meningkatnya volume penjualan memiliki korelasi dengan meningkatnya pendapatan pengelola maupun pekerja UKM.

“Dengan begitu, penerapan strategi dalam pemasaran produk UKM sangat penting. Selain itu, dampaknya adalah masayarakat, baik pelaku UKM maupun di sekitarnya, akan lebih sejahtera, dan kemiskinan secara bertahap akan berkurang,” tandasnya.

Lebih lanjut, Nugraha mengungkapkan, program atau kegiatan pengabdian yang ia laksanakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UKM di Desa Baregbeg.

Khususnya, kata Nugraha, tentang bagaimana menentukan strategi terbaik dalam memasarkan produk UKM, sehingga jumlah penjualan produk dapat meningkat secara signifikan.

Metode pada kegiatan pengabdian tersebut, lanjut Nugraha, yakni berupa penyuluhan yang terdiri dari teori dan latihan.

Dan dari hasil kegiatan pengabdian, Nugraha menambahkan, peserta dapat memahami dan mengerti terhadap materi tentang strategi pemasaran.

“Saat penyuluhan, peserta (Pelaku UKM Baregbeg) terlihat antusias, banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)