Pelaku UMKM di Ciamis Diminta Lebih Kreatif Ciptakan Inovasi

Pelaku UMKM di Ciamis Diminta Lebih Kreatif Ciptakan Inovasi
Kegiatan seminar bagi para pelaku UMKM Ciamis, dilaksanakan di aula Dekopinda Rabu siang (31/03/2021). Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diminta mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam membuat produknya.

“Era globalisasi saat ini, pelaku usaha harus punya inovasi agar produknya bisa bersaing dengan yang lain,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Ciamis, David Firdha, Rabu (31/3/2021).

David menyampaikan hal tersebut saat membuka acara seminar bersama para pelaku UMKM Ciamis, di aula Dekopinda Rabu siang (31/03/2021).

Tujuan seminar ini kata David, yakni untuk memberikan pemahaman pentingnya label dan kemasan untuk produk kerajinan dan fashion.

“Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan para pelaku UMKM produk kerajinan dan fashion di 27 kecamatan,” katanya.

Menurutnya kegiatan seminar ini penting, dalam upaya pembinaan terhadap para pengrajin sehingga mereka bisa meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk maupun dari segi pemasaran.

“Lewat kegiatan ini, kita mendorong para pelaku UMKM di Ciamis agar tetap eksis dan berdaya saing tinggi dengan para kompetitor produk sejenis,” ucapnya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memberikan sebuah motivasi bagi para pelaku UMKM, sehingga mereka bisa menciptakan produk dan inovasi yang lebih baik.

Kegiatan seminar lanjut David, terlaksana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan mewajibkan peserta menggunakan masker, mencuci tangan maupun menjaga jarak saat kegiatan berlangsung. (Fahmi/R8/HR Online)

Editor: Jujang