Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita BanjarAnggarkan 2,5 M, Pembangunan Gedung Baru Bappeda Banjar Akan Dilanjut

Anggarkan 2,5 M, Pembangunan Gedung Baru Bappeda Banjar Akan Dilanjut

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas PUPRKP Kota Banjar, Jawa Barat, akan melanjutkan kembali proses pembangunan gedung baru Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Banjar, yang sempat mangkrak selama satu tahun lebih karena terdampak wabah pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Dinas PUPRKP Kota Banjar, Tomy Subagja, untuk melanjutkan tahapan pembangunan gedung Bappeda yang terletak di Jalan Batulawang-Pangandaran tersebut pihaknya mengucurkan anggaran senilai Rp 2,5 miliar.

Dengan anggaran sebesar itu, pihaknya menargetkan pada akhir tahun 2021 mendatang gedung baru Bappeda Kota Banjar sudah selesai. Sehingga bisa ditempati dan difungsikan meskipun nantinya untuk pembangunannya belum selesai secara keseluruhan.

“Untuk pembangunan gedung Bappeda ini kita anggarkan lagi sebesar 2,5 miliar. Pastinya kita targetkan agar kantor bisa segera kita tempati,” kata Tomy Subagja kepada wartawan, usai acara di Setda Banjar, Rabu (14/4/2021).

Lanjut Tomy, terkait realisasi pelaksanaan pembangunan gedung baru Bappeda tersebut sekarang ini pihaknya tengah melaksanakan proses lelang proyek.

Pihaknya menargetkan untuk lelang tersebut bisa selesai pada bulan April 2021 kemudian berlanjut ke proses pembangunan.

“Sekarang lagi proses lelang, semoga saja bulan April ini pelaksanaannya bisa mulai berjalan dan kami target akhir tahun ini gedung baru itu sudah bisa selesai,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar, Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi rencana kelanjutan pembangunan gedung Bappeda dari Dinas PUPRKP.

Selain itu, sejauh ini pihak Komisi III DPRD juga belum menerima hasil kajian dari tim konsultan independen. Hasil kajian itu akan menjadi kebijakan dasar dalam melanjutkan proyek pembangunan gedung tersebut.

“Nanti akan kita komunikasikan dengan para anggota Komisi III yang lain terkait kelanjutan pembangunan gedung Bappeda Dinas PUPRKP ini. Baru kemudian kita sikapi,” kata Gun Gun.

Minta Kajian Ulang Kontruksi Gedung Baru Bappeda Kota Banjar

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Banjar, merekomendasikan kajian ulang terhadap konstruksi proyek pembangunan gedung baru Bappeda Kota Banjar.

Keinginan adanya kajian ulang tersebut Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar, Gun Gun Gunawan sampaikan usai hearing dengan Dinas PUPRKP Kota Banjar. Serta pihak kontraktor pembangunan gedung baru Bappeda, di ruang rapat Komisi III DPRD, Jum’at (10/1/2020) tahun lalu.

“Nanti akan ada kajian oleh konsultan independen, untuk melihat apakah konstruksi benar-benar aman atau tidak,” kata Gun Gun kepada awak media.

Kajian itu, lanjut Gun Gun, dilakukan setelah mendapat keterangan dari pihak konsultan perencanaan, dan konsultan pengawas pembangunan pada tahap kedua.

Dari keterangan yang masuk tidak ada yang berani memberikan jaminan konstruksi untuk dilanjutkan. Alasannya tidak mengetahui konstruksi pada pembangunan tahap pertama.

Meski demikian, imbuh Gun Gun, pembangunan gedung baru Bappeda dapat berlanjut. Hal itu melihat hasil dari kajian konstruksi pembangunan yang konsultan independen laksanakan.

“Untuk hasilnya tergantung pada konsultan independent yang akan melaksanakan kajian. Setelah ada kesimpulan nanti kita publikasikan,” ucapnya pada waktu itu. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang