Pemeliharaan Jaringan Irigasi di Panawangan Ciamis Harus Libatkan P3A

Pemeliharaan Jaringan Irigasi di Panawangan Ciamis Harus Libatkan P3A

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemeliharaan jaringan irigasi di wilayah Panawangan, Kabupaten Ciamis, harus melibatkan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air).

Hal itu terungkap dari hasil program dan kegiatan pengabdian Dosen Universitas Galuh (Unigal), Uu Saepudin, ST., MT. belum lama ini.

Kepada HR Online, Jum`at (23/04/2021), Uu menjelaskan, dalam melaksanakan operasi dan pemeliharaan, pemerintah memberi kesempatan kepada P3A untuk berpartisipasi di dalamnya.

Soalnya, kata Uu, P3A merupakan pengguna langsung dari irigasi yang sehari-hari berada di lapangan.

Namun demikian, perlu dilakukan pendampingan pemberdayaan P3A dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan untuk optimalisasi kinerja jaringan irigasi.

Pelaksanaan pendampingan pemberdayaan P3A dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan juga perlu dilakukan di Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Uu menjelaskan, tujuan pengabdian yang ia lakukan adalah untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pendampingan pemberdayaan P3A.

“Lebih tepatnya pada kegiatan operasi dan pemelihraan jaringan irigasi Desa Sadapaingan,” katanya.

Menurut Uu, metode kegiatan pengabdian terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman P3A.

Dan bagian kedua, kata Uu, meliputi pemberdayaan P3A dalam aksi nyata operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi.

Berdasarkan hasil program pengabdian, Uu menambahkan, kegiatan pendampingan P3A dalam operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi Desa Sadapaingan membuahkan hasil.

“Ada peningkatan pengetahuan dan pemahaman P3A terhadap tugas dan perannya. Buktinya adalah dalam pemeliharaan dan perbaikan untuk peningkatan kinerja jaringan irigasi,” pungkasnya. (Deni/R4/HR-Online)