Tahun 2022, Pemkab Pangandaran Akan Bangun Sentra UMKM

Tahun 2022, Pemkab Pangandaran Akan Bangun Sentra UMKM
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Foto:Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Pangandaran, Jawa Barat, rencananya akan membangun pusat sentra UMKM tahun 2022 nanti.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, dalam upaya memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah, pihaknya akan membangun gedung pusat UMKM.

“Nanti yang mengelola gedung sentra UMKM itu oleh koperasi,” ujar Bupati Pangandaran usai menghadiri rapat evaluasi hasil kunjungan kerja Rabu (7/4/2021).

Sebagai informasi, Pemkab Pangandaran, DPRD serta pelaku UMKM telah melaksanakan studi banding ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pemkab Pangandaran melakukan kunjungan kerja dalam rangka belajar soal pemberdayaan UMKM, peningkatan pendapatan pajak daerah dan pariwisata dan juga pengolahan sampah.

Jeje menyebut, rencananya lokasi bangunan pusat sentra UMKM berada di kawasan Kampung Turis Pamugaran, Pangandaran, karena selalu ramai wisatawan.

“Kita akan desain bangunannya yang menarik, semua produk UMKM kita simpan disana,” kata Jeje Wiradinata.

Di lokasi tersebut, Pemkab juga akan menyediakan Toko UMKM mart, agar pengunjung bisa belanja ke situ.

Tentu dengan harga yang bersaing dengan yang dijual di pusat kuliner dan kampung turis.

“Kita juga akan buatkan dapur tempat proses pembuatan produk UMKM, agar pengunjung bisa melihat langsung dan memastikan makanan aman dan layak konsumsi,” jelas Jeje.

Terkait dengan masalah pengolahan sampah, pihaknya akan membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) lokasinya di Cikembulan dan TPA Purbahayu.

“Dua lokasi itu untuk menangani sampah dari kawasan wisata dan pemukiman,” ungkapnya. (Madlani/R8/HR Online)

Editor: Jujang