Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkot Banjar Gelar Operasi Pasar Murah

Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkot Banjar Gelar Operasi Pasar Murah
Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih ditemani Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar saat mengunjungi Operasi Pasar di Kelurahan Situbatu. Foto:Sandi/HR

Berita Banjar,(harapanrakyat.com),- Penuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan serta menjaga kestabilan harga bahan pokok, Pemkot Banjar, mengadakan Operasi Pasar Reguler dan Operasi Pasar Khusus di delapan titik lokasi Desa dan Kelurahan.

Dengan menggandeng pihak ketiga serta dinas terkait, diharapkan kegiatan Operasi Pasar tersebut dapat menjaga kebutuhan pokok masyarakat di tengah bulan suci Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banjar, Edi Herdianto mengatakan, pelaksanaan Operasi Pasar tersebut dimulai pada tanggal 21 April hingga 6 Mei 2021 mendatang.

“Hari pertama pelaksanaan Operasi Pasar tahun 2021 kali ini dilaksanakan di Kelurahan Situbatu,” kata Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Sidak ke Pasar, Walikota Banjar; Jaga Kestabilan Harga Bahan Pokok

Selama pelaksanaan Operasi Pasar tersebut, masyarakat bisa berbelanja dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

Edi mengatakan, kegiatan Operasi Pasar tersebut dapat dikunjungi oleh siapapun untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Dari segi harga jelas ada perbedaan, tapi tidak terlalu murah juga. Perbandingannya kalo harga pasar Rp. 2.000, disini harganya Rp. 1.700,” tandasnya.

Pemkot Banjar, lanjut Edi, dalam pelaksanaan Operasi Pasar tersebut juga menggandeng pihak ketiga serta dinas terkait.

“Seperti ada dari Pertamina menjual gas 3kg dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 16.000, dari Dinas Pertanian juga ada beras yang berasal langsung dari para penggilingan padi,” paparnya.

8 Titik Lokasi Operasi Pasar Rakyat di Kota Banjar

Edi juga menjelaskan, dengan adanya delapan titik lokasi yang akan dijadikan tempat untuk kegiatan Operasi Pasar diantaranya Kelurahan Situbatu tanggal 21 April 2021, Desa Cibeureum tanggal 22 April 2021.

Selanjutnya, Kelurahan Purwaharja tanggal 27 April, Desa Raharja tanggal 28 April, Kelurahan Pataruman tanggal 29 April.

Lalu Desa Sinartanjung tanggal 4 Mei 2021, Desa Kujangsari tanggal 5 Mei, terakhir di Desa Waringinsari tanggal 6 Mei.

Dalam hari pertama pelaksanaan Operasi Pasar di Kelurahan Situbatu, Edi menyebutkan, masyarakat sekitar sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut.

“Antusiasme masyarakat bagus. Harapan saya dengan adanya kegiatan ini kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi juga menjaga kestabilan harga agar tidak terjadi inflasi,” pungkasnya. (Sandi/R8/HR Online)

Editor: Jujang