Penyebab Alis Menipis, Mulai dari Masalah Usia hingga Penyakit Autoimun

Alis Menipis
Penyebab alis menipis, mulai dari masalah usia hingga autoimun. Foto: Net/Ist.

Penyebab alis menipis bisa terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari bertambahnya usia hingga masalah penyakit autoimun. Banyak wanita yang sangat memperhatikan penampilan alis miliknya.

Bahkan menebalkan alis bagi kaum wanita merupakan hal wajar, sehingga banyak diantara mereka yang melakukannya. Mereka berusaha menebalkan alisnya secara permanen melalui sulam alis.

Namun bukan hanya wanita saja yang menginginkan alis terlihat tebal, karena saat ini cukup banyak pula pria yang peduli terhadap penampilan alis mereka.

Meski begitu, alis sama halnya seperti rambut, yang mana terdapat kemungkinan jika alis pun bisa menipis. Penyebabnya bisa dikarenakan berbagai faktor.

Salah satunya dari faktor usia yang tidak bisa Anda hindari. Seiring dengan bertambahnya usia, bagian ujung alis akan semakin pendek atau terlihat mengalami kebotakan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Sulam Alis Untuk Cantik Alami

Seperti yang HR rangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa faktor penyebabnya.

5 Penyebab Alis Menipis yang Perlu Anda Ketahui

Bertambahnya Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut pun menjadi kian menipis dan lembut. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada rambut kepala, tapi juga wajah. Ketika usia bertambah, pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Bahkan mungkin kebotakan terjadi pada alis seseorang ketika usianya bertambah. Selain itu, kemungkinan uban muncul alis juga bisa terjadi, karena seiring waktu produksi pigmen akan mengalami penurunan.

Kondisi Kulit

Penyebab alis menipis juga bisa terjadi akibat adanya masalah kulit, seperti rasa gatal pada alis. Kondisi tersebut dapat menyebabkan alis mengalami kebotakan.

Rambut yang tumbuh membutuhkan kondisi kulit yang sehat. Ketika terjadi adanya masalah pada kulit, maka kebotakan pun sangat mungkin terjadi.

Baca Juga : Cara Menebalkan Alis Mata Secara Alami

Masalah tersebut dapat terjadi pada siapa saja, tidak memandang faktor usia. Seperti misalnya psoriasis, eksim, atau masalah kulit lainnya. Agar masalah ini tidak semakin parah, maka untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan obat-obatan sebagai pencegahan.

Kurang Sebum dan Vitamin

Penyebab alis menipis yang berikutnya yaitu akibat kekurangan sebum dan vitamin A. Sebum bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, dan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 silam mengungkap bahwa, kekurangan vitamin A dapat mengurangi produksi sebum.

Padahal sebum sangat penting bagi kelembaban rambut sekaligus menumbuhkannya. Akibat kekurangan sebum dan vitamin A dapat menyebabkan alis menipis.

Baca Juga : Bingung Memilih Maskara yang Bagus dan Tepat? Ikuti Cara Simpel Ini!

Masalah Tiroid

Adanya masalah tiroid menjadi salah satu penyebab alis menipis. Karena, hormon diproduksi oleh kelenjar tiroid yang ada di leher. Produksi hormon ini mengatur metabolisme dalam tubuh.

Ketika hormon tertentu terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka kondisi tubuh akan ada yang terganggu, seperti alis yang menipis atau rontok. Karena, kekurangan hormon hipotiroid atau tiroid bisa menjadi penyebab kerontokan alis.

Penyakit Autoimun

Sistem kekebalan tubuh tak dapat mengenali folikel rambut akibat alopecia, yaitu salah satu penyakit autoimun. Kemudian hal ini berdampak pada kerontokan alis dan munculnya kebotakan.

Berbagai masalah tersebut menjadi penyebab alis menipis. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindarinya jika penampilan alis Anda ingin tetap terlihat tebal, meskipun usia terus bertambah. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah