Penyebab Baterai Health Turun dengan Cepat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai Health Turun
Ilustrasi Penyebab Baterai Health Turun. Foto: Ist/Net

Penyebab baterai health turun pada iPhone maupun android memang perlu anda ketahui. Baterai health merupakan angka yang mengindikasi kapasitas tampung oleh baterai. Pada umumnya, berjalannya waktu membuat kesehatan baterai tersebut semakin menurun. 

Banyak pengguna HP yang mengeluhkan battery health turun dengan cepat. Fungsi baterai yang berperan penting tersebut membuat anda sering jengkel. 

Meskipun HP tersebut memiliki spesifikasi luar biasa namun kualitas baterai yang bermasalah maka tidak ada artinya. Anda juga terbatas dalam menggunakannya. 

Penyebab Baterai Health Turun Secara Cepat

Sebenarnya HP selalu memberikan daya tampung besar, namun kesehatan baterai tersebut sering mengalami penurunan drastis. Penyebab utama hal tersebut yakni: 

Siklus Pengisian Daya Sudah Banyak

Pihak pengembang dan produsen sendiri telah menjelaskan mengenai baterai HP tersebut. Akan ada penurunan ke angka 80% setiap 500x siklus pengisian secara penuh.

Oleh karena itu semakin sering digunakan maka pengisian daya juga akan lebih sering. Sehingga terjadi penurunan kesehatan baterai. Hal tersebut sangat wajar. 

Menggunakan HP Sambil Charging

Salah satu kebiasaan atau penyebab baterai health turun yakni charging sambil menggunakan HP. Hal tersebut membuat battery health semakin menurun.

Penggunaan baterai saat pengecasan akan membuat baterai tersebut cepat panas karena bekerja keras dalam pengisian. Panas akibat penggunaan tersebut maka membuat iPhone cepat rusak dan cepat menurun kesehatannya. 

Membiarkan Baterai Kehabisan Daya

Begitu juga dengan HP yang baterainya selalu berada di titik terendah. Baterai yang selalu kehabisan daya dan tidak lekas dilakukan pengisian maka baterai tersebut juga battery health nya akan menurun. 

Misalnya Apple, mereka telah membekali lithium ion pada jajaran HP miliknya. Komponen tersebut cukup kompleks dan rumit. Penyebab baterai health turun adalah membiarkan baterai selalu dalam keadaan kosong maka daya tampungnya akan menurun drastis. 

Sebaiknya anda melakukan pengisian ketika baterai tersebut berada pada 20% sehingga performa baterai tersebut dapat terjaga. 

Penggunaan Baterai Bukan Ori

Hal yang paling vital adalah menggunakan charger dan kabel yang bukan ori. Terkadang seseorang membeli charger dengan harga murah dan bukan ori. 

Hal tersebut dapat merusak komponen baterai. Meskipun anda menginginkan cas yang berdaya cepat namun tidak memiliki kualitas bagus, justru akan mengancam baterai health anda. 

Mengecas Terlalu Lama

Kebiasaan yang tak anda sadari yakni mengecas pada malam hari dan mencabutnya esok hari. Karena terlalu lama melakukan pengisian daya dan tidak segera cabut maka dapat membuat baterai anda menurun dengan cepat. 

Bahkan beberapa kasus menunjukkan adanya kerusakan fatal karena terlalu lama mengecas HP tersebut. Itulah penyebab baterai health turun. Sebaiknya isilah sesuai dengan waktu perkiraan, dan segera cabut jika sudah penuh. 

Tips Menjaga Battery iPhone

Meskipun kesehatan baterai tetap akan menurun, namun ada cara yang tepat untuk memperlambat penurunan tersebut sehingga baterai anda lebih awet.

Anda bisa dengan segera lakukan charging jika baterai tinggal 20% atau hampir kosong. Anda dapat melihat dari notifikasi HP tersebut. Lalu, Jika baterai tinggal sedikit, jangan memaksakan penggunaan hingga baterai tersebut benar dibatas kosong atau 0%. Selain itu, gunakan charger original sehingga HP anda tetap aman. 

Jika saat pengisian sudah berada di 95% anda dapat segera mencabutnya, sehingga tidak 100%. Selanjutnya, jika anda mengisi daya, maka usahakan kondisi HP nonaktif. Sehingga pengisian tersebut semakin sempurna dan tidak panas. 

Penyebab baterai health turun karena digunakan bersamaan dengan pengisian. Hindari pengisian terlalu lama terutama hingga esok. Meskipun sudah dilengkapi dengan pemutus daya ketika penuh, tetap saja baterai anda akan menurun kesehatannya. 

Kemudian, hindari penggunaan cas pengisian cepat terlalu sering. Hindari juga pengisian daya ketika HP tersebut masih panas. Anda tunggu hingga mendingin. Jika dalam kondisi panas, anda mengecasnya, maka akan merusak baterai. 

Kemudian, anda juga bisa mengurangi penggunaan wireless charging. Bahkan, hindari penggunaan powerbank atau lainnya. karena memicu kesehatan baterai anda. 

Dengan memperhatikan berbagai hal yang menyebabkan penurunan kualitas baterai, maka anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakannya. 

Dengan mengetahui penyebab baterai health turun, petunjuk hingga tips menjaganya, HP anda akan bertahan lama dan tidak mudah panas. Selain itu baterai akan tetap awet. Anda dapat merubah kebiasaan lama yang buruk, menjadi kebiasaan lebih baik.