Penyebab Bau Kaki dan Cara Mudah Menghilangkannya

Bau Kaki
Penyebab bau kaki dan cara mudah menghilangkannya. Foto: Net/Ist.

Penyebab bau kaki biasanya diakibatkan oleh keringat, kemudian menjadi lembab yang mengalami fermentasi. Bau tak sedap dari kaki tentunya menjadi salah satu masalah yang mengganggu kenyaman kita.

Dilansir dari Livestrong, podiatrist asal New York City, Jacqueline Sutera, DPM, menyebutkan, bau yang tidak sedap pada kaki merupakan kombinasi jamur, bakteri, atau infeksi yang terjadi.

Kombinasi tersebut dapat menimbulkan berbagai penyebab bau pada bagian kaki yang berbeda-beda. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab munculnya bau kaki yang tidak sedap.

3 Penyebab Bau Kaki dan Cara Menghilangkannya

Baca Juga : Cara Mencegah Sepatu Bau untuk yang Malas Pakai Kaus Kaki

Sepatu

Sepatu menjadi salah satu penyebab yang umum dari munculnya aroma bau kaki tak sedap. Kuman muncul pada tempat gelap dan lembab. Kondisi ini yang mungkin muncul dari sepatu dan juga kaus kaki.

Brevibacterium merupakan salah satu jenis bakteri yang menjadi penyebab kaki beraroma bau tak sedap akibat sepatu terlalu ketat. Oleh karena itu muncul bau tak sedap pada kaki. Sedangkan, bakteri jenis lainnya adalah Propionibacterium muncul dan hidup di keringat.

Cara mengatasi bau kaki jika penyebabnya dari sepatu, maka kamu jangan memakai sepatu tanpa menggunakan kaus kaki. Sebab, kaus kaki dapat menjadi pembatas dan menyerap kelembaban.

Pastikan pula setiap harinya kamu tidak memakai sepatu yang sama, dan sebisa mungkin menggantinya secara berkala. Apabila sepatu masih tercium bau tak sedap, kamu bisa gunakan semprotan khusus. Bisa juga dengan meletakkan kantong teh dalam sepatu selama satu malam.

Baca Juga : Gak Perlu Ribet, Begini Cara Mudah Mengatasi Sepatu Bau

Infeksi

Penyebab munculnya aroma tak sedap pada bagian kaki bisa juga akibat terjadinya infeksi. Kutu air menjadi salah satu penyebab yang umum terjadinya infeksi jamur. Ada beberapa tanda yang akan terlihat jika bau kaki tidak sedap ini penyebabnya dari infeksi.

Beberapa tanda tersebut disebabkan oleh kuku berwarna kuning, kulit kering, kapalan, kulit yang mengelupas, ruam atau kulit gatal.

Cara mudah untuk mengatasinya sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kaki. Sebab, bau kaki akibat infeksi bisa menjadi pertanda adanya jamur. Jika tidak segera ditangani bisa menyebar, bahkan memburuk.

Jika kamu sudah mengatasinya dengan salep anti jamur, sebaiknya memperhatikan pula sepatumu. Semprot sepatu menggunakan semprotan anti jamur supaya tidak sampai terjadi infeksi pada kulit.

Baca Juga : Kucing Senang Bermain dengan Sepatu, Ternyata Ini Alasannya

Stres

Stres akibat terganggunya kesehatan mental juga bisa menjadi penyebab aroma kaki tak sedap. Saat kamu sedang mengalami stres dan gejala kecemasan, maka bau kaki yang tidak sedap pun bisa muncul.

Munculnya aroma bau kaki tak sedap ini akibat meningkatnya keringat. Pasalnya, ketika kamu sedang mengalami stres, produksi keringat akan meningkat. Terlebih banyak kelenjar keringat pada bagian telapak kaki.

Dr. Jacqueline Sutera menyebutkan, setiap kali kita berkeringat lebih banyak, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya kelembaban yang potensial munculnya aroma tidak sedap pada kaki.

Cara mengatasinya, sebaiknya kamu segera temui dokter untuk mengkonsultasikannya. Karena, jika kamu mengalami keringat berlebih, mungkin kamu mengalami plantar hyperhidrosis.

Selain itu, saat kamu sedang stres, lakukan beberapa cara untuk meredakannya. Karena hal ini juga bisa membantu kamu mengatasi bau kaki tak sedap. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah