Penyebab Keringat Berlebihan dari Olahraga Hingga Hyperhidrosis

penyebab keringat berlebihan
Kenali penyebab keringat berlebihan. Foto: Ist/Net

Penyebab keringat berlebihan bisa karena banyak faktor. Baik karena sedang berolahraga, udara yang panas, atau faktor lainnya. Namun jika anda mengalami kondisi keringat berlebihan terus menerus sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi berkeringat. Keluar keringat merupakan respon tubuh terhadap kondisi lingkungannya maupun efek dari aktivitas yang kita lakukan. Bahkan makan pedas pun bisa membuat kita berkeringat.

Tetapi jika kondisi tersebut terjadi secara berlebihan justru perlu untuk kita waspadai. Takutnya tubuh yang berkeringat secara berlebihan ini karena penyakit kronis yang berbahaya.

Pasalnya berkeringat adalah kondisi suhu tubuh yang menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Biasanya keringat akan keluar ketika tubuh Anda melakukan pekerjaan yang berat. Namun, bagaimana jika Anda mengalami keringat berlebihan? Tentunya sangat mengkhawatirkan.

Bahkan, keringat secara berlebihan ini bisa keluar kapan saja baik itu di malam hari, siang hari maupun pagi hari. Ditakutkan jika keringat berlebihan yang Anda rasakan disebabkan oleh penyakit tertentu.

Baca Juga : Ramuan untuk Mengatasi Keringat Dingin Berlebihan yang Efektif

Faktor Penyebab Keringat Berlebihan

Jika anda sering mengalami keluar keringat dalam kondisi tak normal sebaiknya segera memeriksakan ke dokter. Nah, untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini berbagai penyebab keringat berlebihan yang sebaiknya anda tahu.

Konsumsi Obat

Salah satu penyebab tubuh Anda berkeringat berlebihan yaitu karena mengonsumsi obat tertentu. Pasalnya ada beberapa jenis obat yang memberikan efek samping berupa keluarnya keringat secara berlebihan.

Keluarnya keringat ini karena tubuh Anda mencoba untuk beradaptasi dengan obat yang Anda konsumsi. Karena itu sebelum Anda membeli obat tertentu pastikan untuk mengetahui apa efek samping yang akan Anda dapatkan.

Adapun beberapa jenis obat yang dapat memberikan efek samping keringat berlebihan seperti obat psikiatris, obat tekanan darah dan suplemen tertentu.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis juga bisa menjadi salah satu penyebab keringat berlebihan yang sedang Anda alami. Adapun beberapa jenis penyakit kronis yang bisa menyerang tubuh antara lain jantung, paru-paru, dan kanker.

Baca Juga : Tubuh Berkeringat saat Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

Sehingga tak heran jika anda yang memiliki penyakit jantung, pada malam atau siang hari akan sering mengeluarkan keringat.

Dengan kata lain, pemilik penyakit kronis akan memicu salah satu organ tubuh yang bekerja lebih cepat. Seperti halnya jantung yang akan bekerja lebih cepat dalam memompa darah. Dengan begitu keringat berlebihan bisa saja terjadi.

Kelenjar Tiroid Hiperaktif

Tahukah Anda dimana letak kelenjar tiroid? Perlu kita ketahui jika kelenjar tiroid ini memiliki bentuk layaknya kupu-kupu dan berada tepat pada bagian leher. Kelenjar inilah yang dapat memproduksi hormon tiroksin untuk menghasilkan keringat tubuh.

Tetapi, jika kelenjar Ini menghasilkan hormon tiroksin lebih tinggi, tentunya produksi keringat yang dihasilkan akan semakin banyak dan bisa saja berlebihan.

Jadi, bisa saja salah satu penyebab keringat berlebihan pada tubuh anda karena kelenjar tiroid yang sangat hiperaktif. Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki penyakit kronis lainnya.

Namun untuk mengetahui lebih jelas terkait apa penyebab keringat dingin yang anda alami, alangkah baiknya jika melakukan pengecekan kepada dokter.

Baca Juga : Penyebab Tangan Berkeringat, Waspada Gejala Kardiovaskuler dan Penyakit Berbahaya

Leukimia

Leukimia terkenal sebagai salah satu penyakit kronis dan termasuk kanker darah. Pada kondisi ini tubuh akan kekurangan produksi sel darah putih.

Sehingga jika anda mengalami keringat yang berlebihan secara terus-menerus, bisa saja terjadi karena leukimia yang Anda derita. Tetapi untuk mengetahui kepastiannya alangkah baiknya jika mengecek ke dokter.

Keringat yang berlebihan akibat penyakit leukimia terutama karena tubuh bekerja dengan sangat keras untuk melawan sel kanker yang menyebar dalam darah.

Hyperhidrosis

Nah, penyebab keringat berlebihan yang selanjutnya yaitu hiperhidrosis. Tahukah Anda apa itu hiperhidrosis? Ini merupakan sistem saraf pusat yang tidak bisa berfungsi dengan semestinya sehingga bisa menghasilkan keringat secara berlebihan.

Bagi Anda yang mengalami keringat berlebihan pada area wajah, ketiak, kaki dan tangan bisa saja itu karena hyperhidrosis.

Masalah hiperhidrosis yang terjadi pada tubuh bisa semakin memburuk jika sedang mengalami kegugupan dan stres. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki penyakit kronis, bisa saja hiperhidrosis yang menyebabkan keringat berlebihan.

Demikianlah berbagai gangguan yang bisa menjadi penyebab keringat berlebihan. Mengenal gangguan ini sejak ini juga berguna untuk penanganan yang cepat dan tepat. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah