Penyebab Lampu Motor Cepat Panas yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Lampu Motor Cepat Panas
Ilustrasi Penyebab Lampu Motor Cepat Panas. Foto: otomania.gridoto

Penyebab lampu motor cepat panas biasanya terjadi karena rusaknya salah satu komponen pada motor tersebut. Lampu merupakan alat yang sangat penting dalam kendaraan bermotor karena berguna sebagai alat penerangan saat berkendara pada malam hari.

Pada sepeda motor terdapat beberapa bagian lampu, yaitu lampu depan, sein, lampu stop, dan lampu speedometer. Masing-masing lampu memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda dalam sistem penerangan motor.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Redup Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Aturan menyalakan lampu pada siang hari saat ini sudah berlaku yang sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Berikut penyebab umum yang membuat lampu motor cepat panas. 

Penyebab Lampu Motor Cepat Panas yang Umum Terjadi

Lampu motor akan menyala apabila sistem kelistrikan masih berjalan secara optimal. Namun, banyak kendala pada lampu depan motor yang mengalami masalah dan sering mati. Usia lampu pabrik pada biasanya bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Tapi terkadang karena adanya kerusakan pada komponen motor, lampu menjadi cepat panas dan akhirnya mati.

Baterai aki yang habis akan menjadi masalah utama yang menyebabkan lampu motor mati. Jika baterai aki habis, solusinya adalah isi ulang maupun dapat ganti lebih dahulu. Namun, jika masih terdapat kendala pada lampu motor, periksalah lebih dalam apa penyebabnya. Berikut beberapa hal yang bisa jadi alasan lampu motor cepat panas.

Masalah pada Bohlam

Penyebab lampu motor cepat panas akan terjadi jika bohlam lampu mengalami masalah. Terkadang menyala normal saat jarak pendek, namun mati saat jarak jauh atau sebaliknya. Bohlam lampu sendiri bermanfaat untuk mengubah energi listrik jadi cahaya. Tegangan yang diserap pun berbeda, hal itu sesuai dengan spesifikasi jenis bohlam.

Bohlam lampu yang dipasang harus sesuai dengan besar kecilnya tegangan bohlam dalam motor. Jika memasang bohlam yang menyerap daya terlalu besar atau terlalu kecil, maka bohlam lampu tidak akan berfungsi normal.

Saklar Lampu

Saklar terkadang tidak untuk memindahkan nyala lampu jarak jauh-dekat atau sebaliknya. Hal ini mungkin adanya masalah saklar lampu yang mengakibatkan matinya lampu motor. 

Sakelar yang aus karena usia yang sudah lama juga dapat menjadi penyebabnya. Solusinya putuskan saluran daya baterai yang menuju saklar dan lampu depan dari motor. Bongkar serta periksa saklar apakah terdapat lelehan plastik, korosi, penumpukan karbon, atau air.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Jika menemukan korosi, maka cukup gunakan pelumas anti karat. Anda juga bisa membersihkan dengan kanebo hingga hilang karatnya. Namun bila sakelar terdapat lelehan, maka tidak ada cara lain selain mengganti saklar. Pastikan mengoles saklar baru dengan pelumas sebelum anda memasangnya.

Konektor Lampu Depan

Bau gosong yang timbul karena terbakarnya bola lampu disebabkan adanya suhu yang meningkat secara signifikan. Jika hal ini terjadi maka sekrup pada sekitar bola lampu akan mengalami kerusakan. Selanjutnya anda harus melepas bohlam dari dudukannya, lalu periksa adakah karbon dan bekas air yang menumpuk pada konektor lampu.

Bila menemukan lelehan plastik pada sekeliling bohlam maka bersihkan dengan WD-40 hingga bersih. Jangan lupa untuk melumasi dengan pelumas pada elektriknya sebelum anda menggantinya.

Relay Lampu Depan

Penyebab lampu motor cepat panas juga sering terjadi karena relay lampu depan rusak. Beberapa pengguna sepeda motor menggunakan relay untuk menghubungkan daya listrik ke lampu bohlam. 

Tujuannya untuk mengurangi beban listrik yang mengalir ke saklar lampu dan pada saat mesin menyala. Relay ini semacam sakelar yang memungkinkan sirkuit dengan tenaga besar bisa hidup hanya dengan daya yang sedikit.

Baca Juga : Lampu Variasi Motor, Menjadikan Berkendara Anda Lebih Keren

Ketika relay tidak berfungsi dengan optimal akan menyebabkan beberapa masalah. Misalnya lampu depan tidak menyala ketika mesin hidup dan lampu hanya menyala pada satu jenis jarak saja.

Sistem Pengisian Tegangan

Masalah yang terjadi pada bagian ini membuat tegangan listrik yang disalurkan ke lampu depan sejalan dengan RPM. Bila anda memacu kendaraan dengan kecepatan rendah, maka lampu depan akan meredup.

Masalah ini akan menimbulkan resiko besar, ketika nyala lampu terlalu terang, suhu pada bohlam akan meningkat. Hal ini akan pada akhirnya akan jadi penyebab lampu motor cepat panas. Lampu terlalu terang berbahaya ketika anda gunakan malam hari, untuk pengendara maupun orang lain. Anda dapat mengecek kelistrikan atau membawanya ke tempat servis sehingga masalah ini akan cepat teratasi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto