Penyebab Setir Mobil Oblak, Segera Cek dan Ketahui Cara Mengatasinya

Penyebab Setir Mobil Oblak
Ilustrasi Penyebab Setir Mobil Oblak. Foto: Ist/Net

Penyebab setir mobil oblak mungkin menjadi persoalan yang serius. Bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan mobil tentu saja menginginkan kenyamanan dan keamanan.

Sayangnya kenyamanan tersebut bisa terganggu akibat adanya sedikit masalah pada mobil. Untuk itu, jika anda merasakan ada yang tidak enak dan nyaman  dengan kondisi mobil anda segera lakukan pengecekan.

Hal ini agar kestabilan berkendara tetap terkontrol  dan stir yang tidak seimbang bisa segera anda perbaiki. Jika keseimbangan berkendara tidak terkontrol tentu bisa memecah konsentrasi saat berkendara yang justru bisa membahayakan keselamatan.

Sebenarnya, getaran akibat permasalahan ini timbul karena hal sepele dan anda dapat mencegahnya dengan selalu melakukan pengecekan.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi

Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang sering mengabaikan kondisi tersebut. Jika terlalu lama anda biarkan akan timbul masalah yang serius pada stir mobil.

Penyebab Setir Mobil Oblak yang Perlu Anda Ketahui

Anda mungkin pernah merasakan setir mobil goyang atau oblak ketika berkendara. Tentu saja hal ini akan terasa tidak nyaman selama anda mengemudi.

Setir berfungsi sebagai penentu arah dari roda serta kemudi kendaraan. Saat setir bergoyang, anda menjadi limbung dan mobil sulit anda kendalikan.

Anda bisa memperbaiki dan melakukan penanganannya jika sudah mengetahui kendalanya agar segera menghilangkan goyangan pada setir mobil. Berikut penyebab setir mobil oblak yang perlu anda ketahui agar membantu dalam pengecekan.

Masalah Pada Sistem Pengereman

Komponen rem yang mengalami kerusakan dan aus akan memicu timbulnya bunyi dan getaran pada setir mobil. Piringan atau rem yang sudah tidak rata juga menjadi alasan setir mobil oblak. Hal ini karena faktor usia penggunaan dan pemasangan komponen-komponen rem yang tidak tepat.

Baca Juga : Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Untuk mengatasinya dengan cara melakukan penggantian komponen yang sudah mengalami keausan dan kerusakan. Penggantian komponen yang orisinil dan memiliki kualitas bagus akan menjadikan komponen ini lebih awet.

Bearing (Laher) yang Aus

Komponen ini sangat penting fungsinya, Jika sudah mengalami keausan komponen tersebut tidak mampu bekerja maksimal ketika menyangga berat mobil. Kerusakan yang menjadi salah satu penyebab setir mobil oblak ini dapat menimbulkan getaran pada setir ketika mobil berjalan. Ini  juga akan merusak komponen kaki-kaki mobil lainnya seperti bushing arm, ball joint, tie rod, dan lainnya.

Untuk mengatasinya dapat anda lakukan dengan mengganti bagian yang mengalami keausan. Anda juga dapat melakukan perawatan rutin komponen-komponen mobil. Dengan cara melumasi komponen dengan grease sehingga tidak membuat laher menjadi cepat kering. Tujuannya agar dapat terhindar dari resiko gesekan yang terjadi antara logam yang membuat keausan pada laher mobil.

Kerusakan Velg

Velg yang rusak terjadi sebab velg dalam keadaan deformasi pada lingkar serta permukaanya. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan putaran. Biasanya karena sering menggunakan mobil dalam medan yang ekstrim dengan jalanan yang rusak dan berlubang. Membawa mobil dengan kecepatan tinggi juga membuat kondisi velg tidak lagi bulat. 

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya

Tak hanya lubang di jalanan, polisi tidur yang terlalu tinggi juga dapat membuat kondisi velg mobil menjadi penyok. Untuk mengatasinya anda harus mengganti velg mobil dengan yang baru jika kerusakan sudah terlalu parah.

Bagian Komstir Rusak

Jika anda menemukan baut yang longgar, maka anda perlu melakukan pengecekan pada bagian komstir. Biasanya penyebab setir mobil oblak karena rusak atau kendornya komstir tersebut.

Anda dapat membongkar pada bagian komstir jika terdapat komponen yang mengalami kerusakan. Selanjutnya mengganti dengan sparepart yang orisinil agar kondisi komstir tetap awet dan tahan lama.

Roda Mobil Tidak Stabil

Ketidakstabilan roda mobil terjadi untuk salah satu roda maupun keempat dari roda sekaligus. Permasalahan ini kerap terjadi karena sering menggunakan mobil untuk perjalanan jauh dengan melintasi jalanan yang rusak dan berlubang. Sehingga menjadi penyebab setir mobil oblak dan tentu saja sangat berbahaya jika anda gunakan terus menerus.

Untuk mengatasi masalah ini anda dapat membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan sehingga permasalahan akan cepat teratasi.

Biasanya teknisi akan menawarkan spooring balancing yang bertujuan meluruskan roda-roda mobil sehingga kembali seimbang. Tentunya dengan tujuan agar penyebab setir mobil oblak bisa segera teratasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto