Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Stabil yang Paling Sering Terjadi

Penyebab Stang Motor Berat
Ilustrasi Penyebab Stang Motor Berat. Foto: motorplus-online.com

Penyebab stang motor berat sering menjadi pertanyaan karena mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Banyak yang bingung ketika stang tiba-tiba menjadi berat dan sulit untuk bergerak.

Seiring penggunaan motor, ada kalanya stang terasa tidak seimbang dan mengakibatkan goyang ketika berjalan. Biasanya hal ini terjadi karena motor pernah terjatuh sehingga ada kerusakan pada beberapa bagian komponen.

Stang yang terasa berat sebelah atau goyang akan membuat laju motor tidak stabil sehingga untuk mengendalikannya cukup sulit.

Baca Juga : Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

Jika kondisi ini tidak segera mendapat tindakan, bisa saja menimbulkan resiko keselamatan bagi pengendara itu sendiri. Untuk itu salah satu perawatan yang penting pada motor adalah terletak pada stang.

Berbagai Penyebab Stang Motor Berat yang Sering Terjadi

Proses perawatan sepeda motor adalah hal terpenting yang harus selalu anda lakukan. Sepeda motor yang terawat bisa menjauhkan dari berbagai masalah teknis, hal ini juga tergantung cara penggunaan kendaraan.

Kendaraan yang terawat dengan benar akan menjadikan usia pakai motor lebih lama dan maksimal dalam support berbagai aktivitas. Baik penggunaan secara pribadi atau untuk usaha dan sarana transportasi publik yang saat ini telah berkembang.

Baca Juga : Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli

Salah satu komponen terpenting yang nampak secara fisik adalah stir atau stang motor. Setiap kendaraan tentu saja memiliki setir untuk menjadi pemicu kemana kita akan pergi. Namun pada prakteknya beberapa orang menemui permasalahan yang terjadi pada setang kendaraan mereka.

Umumnya permasalahan ini terjadi pada bagian komponen motor dengan stang berat atau kaku ketika anda gunakan. Biasanya penyebab stang motor berat terjadi karena banyak hal, misalnya saja seperti berikut.

Posisi Shockbreaker Tidak Presisi

Kondisi yang menjadi penyebab stang motor berat adalah posisi shockbreaker yang tidak presisi. Keadaan ini terjadi karena benturan keras atau sering melintasi jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, atau bahkan motor yang pernah jatuh. Untuk mengatasi permasalahan ini anda melakukan penyetingan atau mengatur ulang shockbreaker agar keduanya seimbang.

Komstir Bermasalah

Komponen lain yang berhubungan dengan stang dan menjadi penyebab stang motor berat adalah komstir. Komstir adalah bagian dari setir pada sepeda motor yang berperan penting dalam proses pengendalian. Komponen ini terletak pada sumbu antara segitiga garpu depan dengan rangka dari sepeda motor. Faktor usia pemakaian komponen ini dapat menyebabkan komstir oblak, aus, kasar dan susah bergerak.

Kondisi Ban

Adanya benjolan pada permukaan ban bisa juga menjadi penyebab stang motor berat. Permasalahan ini bisa saja terjadi karena bekas tambalan, pernah menghantam lubang jalanan, ataupun karena kondisi ban yang telah menipis. Anda bisa juga memeriksa tekanan anginnya. Ban yang kurang angin akan membuat motor jadi limbung sehingga memberi kesan goyang pada stang.

Kesalahan Dalam Penyetelan Stang

Penyetelan stang yang salah merupakan hal utama yang menjadi penyebab stang motor berat. Kondisi penyetelan yang kurang benar akan menyebabkan stang tidak seimbang. Sehingga akan terasa lebih berat pada salah satu sisi, kanan atau kiri saja ketika anda menggunakan motor.

Bearing Roda Jebol

Bearing terletak di tengah roda dengan fungsi menjaga poros ban. Hal itu berguna agar tidak berbenturan langsung dengan rumah roda. Komponen bagian roda maupun swing arm yang rusak akan memberikan efek tidak nyaman saat berkendara. Jika anda biarkan terlalu lama, akan memberi efek buruk pada pengendara.

Untuk memeriksa kondisi ini, anda bisa menggoyangkan roda ke sisi kanan dan kiri. Jika laher rusak, akan terdapat bantalan peluru yang peyang atau pecah. Jika hal ini terjadi, maka anda harus segera menggantinya dengan sparepart bearing yang baru.

Pemakaian Motor Tidak Benar

Sejatinya hal ini tidak akan terlalu bermasalah pada stang jika perawatan selalu anda lakukan dengan baik. Akan tetapi pemakaian motor yang sembarangan sebaiknya anda hindari sebagai langkah pencegahan kondisi mesin yang mengalami permasalahan teknis. 

Bunyi motor yang berisik dan kasar terjadi karena kondisi dari komponen lainnya yang bergeser atau mengalami kerusakan misalnya stang motor. Pemakaian motor yang asal-asalan juga menjadi salah satu penyebab stang motor berat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto