Penyebab Tangan Gemetar, dari Minum Kopi hingga Penyakit Serius

penyebab tangan gemetar
Kenali penyebab tangan gemetar. Foto: Ist/Net

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab tangan gemetar. Bisa jadi karena sedang kelaparan atau berpuasa maupun karena habis mengangkat beban berat. Namun waspadai kondisi tangan gemetar jika sering terjadi tanpa aktivitas apapun.

Gejala semacam tremor ini mungkin terjadi hal yang sering terjadi. Tak sedikit pula orang yang mengalaminya. Namun hal tersebut tampaknya juga membuat sebagian orang takut apakah terjadi sesuatu pada tubuhnya.

Tentunya Anda ingin mengetahui apa saja faktor yang bisa memicu terjhadinya tangan gemetar bukan? Anda yang pernah mengalami tangan gemetar tentunya juga harus waspada.

Deteksi sejak dini penting apabila kita tiba tiba mengalami gejala atau tangan gemetar yang tidak Anda pernah alami sebelumnya. Setelah mengetahui faktor yang menyebabkannya tentunya kita dapat lebih waspada.

Faktor Penyebab Tangan Gemetar

Apakah Anda pernah mengalami tangan gemetar tanpa suatu sebab yang jelas? Banyak orang yang mengalami tangan gemetar padahal tidak melakukan suatu pekerjaan yang berat.

Baca Juga : Belajar Fotografi Untuk Pemula, Ini Tutorialnya

Beberapa penyebab tremor atau tangan gemetar adalah penyakit tertentu sehingga Anda harus sangat waspada. Berikut ini beberapa faktor penyebab tangan gemetar yang sebaiknya Anda tahu.

Kecemasan

Kecemasan dan perasaan yang tidak menentu ternyata dapat menyebabkan gemetar pada tangan. Perasaan tekanan seperti marah, cemas, panik atau marah dapat menyebabkan tangan menjadi gemetar.

Tentunya Anda dapat mengurangi hal ini dengan banyak minum teh herbal. Anda juga dapat berlatih untuk mengatur nafas Anda dan juga dapat melakukan yoga agar lebih tenang.

Cemas dapat menjadikan tangan menjadi gemetar dan juga tidak terkendali. Untuk mengatasinya Anda bisa mengatur nafas dan juga perasaan Anda agar lebih baik.

Hipoglikemia

Gangguan hipoglikemia merupakan salah satu penyebab tangan gemetar yang sangat umum terjadi. Kondisi gula darah rendah atau yang kita kenali dengan nama hipoglikemia merupakan suatu kondisi saat pasokan gula sangat rendah sehingga kehilangan daya.

Otot dan juga saraf juga tidak dapat bereaksi karena kehilangan bahan bakar tubuh. Gemetar selalu dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami gula rendah. Anda butuh setidaknya 20g gula setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Kesehatan

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula, namun juga jangan terlalu sedikit karena itu menjadi bahan bakar dan tenaga untuk anda. Hal ini dapat mencegah tangan Anda gemetar dan badan Anda lemas.

Kurang Magnesium dan Vitamin B1

Vitamin B1 ternyata sangat bermanfaat dan berperan besar untuk dapat menjalankan metobolisme tubuh dan menyediakan energi untuk otak. Jika Anda kekurangan bahan yang satu ini, maka Anda dapat kolaps dan pingsan.

Penyebab tangan gemetar atau tremor juga dapat terjadi karena Anda kurang konsumsi makanan yang mengandung B1 dan juga magnesium.

Bahan makanan yang dapat Anda pilih untuk memperbanyak magnesium adalah unggas, ikan, telur, susu dan lain sebagainya. Anda dapat juga mengkonsumsi kacang, bayam atau labu untuk memperoleh magnesium untuk tubuh anda.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan tiroid bisa diartikan sebagai salah satu keluhan yang terkadang dialami oleh banyak orang.

Jika kelenjar tiroid terlalu berlebihan makan dapat menyebabkan beberapa kesulitan seperti cepat lemas, napas pendek dan juga gemetar pada anggota badan, terutama di tangan anda.

Baca Juga : Pantangan Penyakit Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Tremor Esensial

Tremor esensial adalah suatu kondisi saat anggota tubuh menjadi gemetar dan sulit untuk kita kendalikan. Penyebab tangan gemetar ini karena kerja fungsi otak yang bermasalah atau tidak sesuai sehingga menyebabkan kondisi tangan tidak terkontrol.

Anda bisa melakukan gerakan-gerakan kecil dan ringan yang berguna membuat tubuh rileks dan lebih santai. Gerakkan ini juga untuk membuat darah mengalir lebih lancar.

Konsumsi Kafein Berlebih

Banyak orang yang menggunakan minuman berkafein sebagai salah satu cara agar dapat terjaga. Apalagi jika ada banyak pekerjaan lembur yang mesti kita selesaikan.

Namun jika mengonsumsi kafein secara berlebihan, maka Anda akan mengalami kelebihan adrenalin yang membuat tubuh Anda menjadi bereaksi lebih. Salah satunya yaitu tangan yang menjadi sering tremor atau gemetar.

Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu yang menyebabkan tangan tremor yang banyak terjadi dan kita alami. Tentunya pola hidup sehat dan banyak olahraga serta cukup tidur bisa mengurangi gejalanya.

Demikianlah berbagai faktor penyebab tangan gemetar yang harus Anda kenali. Penanganan sejak dini gangguan tubuh berguna untuk mencegah kondisi menjadi tidak semakin parah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah