Penyederhanaan Birokrasi, Eselon III-IV di Pemkot Banjar Difungsionalkan

Penyederhanaan Birokrasi, Eselon III-IV di Pemkot Banjar Difungsionalkan
Kepala BKPPD Kota Banjar H. Kaswad. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ratusan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III dan IV di lingkungan Pemerintahan Kota Banjar, Jawa Barat, akan terdampak penyederhanaan birokrasi. Rencananya, pengalihan jabatan tersebut akan mulai berjalan pada bulan Juni mendatang.

Ratusan pegawai ASN eselon III dan IV tersebut, nantinya akan beralih dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, H. Kaswad kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

“Sesuai surat edaran (SE) dari Kemenpan RB, bahwa perampingan ini untuk penyederhanaan birokrasi. Dan kita harus melaksanakan itu,” kata Kaswad usai acara di halaman Disnaker Kota Banjar.

Lebih lanjut Kaswad menambahkan, dengan adanya penyederhanaan tersebut, nantinya untuk jabatan struktural eselon III dan IV akan menjadi fungsional. “Dan ini berlaku untuk semua instansi atau OPD,” imbuhnya.

Akan tetapi, penyederhanaan birokrasi tersebut ada pengecualian. Yaitu, jabatan struktural untuk Kepala Wilayah seperti camat dan lurah, masih tetap menjadi struktural.

Ratusan Eselon III-IV Pemkot Banjar Terkena Penyederhanaan Birokrasi

Adapun jumlah pejabat eselon III dan IV yang akan menjadi tenaga fungsional itu, ada 400 lebih. Rinciannya, untuk ASN eselon IV sebanyak 300 pegawai, dan eselon III sekitar 100 lebih pegawai yang akan berpindah.

“Jumlahnya ada 400 lebih. Dan sekarang ini persiapannya sudah Kabag Organisasi Sekretariat Daerah lakukan,” terang H. Kaswad.

Namun ia menegaskan, bahwa penyederhanaan birokrasi ini tidak akan mengurangi penghasilan dan tunjangan yang akan ASN terima.

Bahkan, katanya, berdasarkan SE dari Menpan RB, dengan adanya penyederhanaan pegawai menjadi jabatan fungsional, maka penghasilan ASN bisa lebih tinggi.

“Tidak akan menurunkan penghasilan yang sekarang. Bahkan jabatan fungsional bisa lebih tinggi,” ujar Kaswad.

Diberitakan sebelumnya, Kabag Organisasi Setda Kota Banjar, Asep Mulyana mengatakan, target pelaksanaan penyederhanaan birokrasi tersebut, akan mulai Juni mendatang.

Hal itu seiring dengan keluarnya Permenpan RB tentang keharusan melaksanakan penyederhanaan birokrasi, yang akan mulai pada tahun ini.

“Target itu seiring dengan SE Menpan RB, bahwa Juni 2021 ini, kita harus melaksanakan penyederhanaan birokrasi. Dan ini juga menjadi menjadi pekerjaan rumah harus segera kita selesaikan,” kata Asep usai rapat paripurna DPRD, Jumat (16/4/2021). (Muhlisin/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto