Sabtu, Oktober 16, 2021
BerandaBerita TasikmalayaPerajin Kolang Kaling di Tasikmalaya Kebanjiran Pesanan dari Singapura

Perajin Kolang Kaling di Tasikmalaya Kebanjiran Pesanan dari Singapura

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Meski bulan Ramadhan ini masih dalam masa pandemi Covid-19,  tapi menjadi berkah tersendiri bagi perajin kolang kaling di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat ini banyak pesanan kolang kaling dari berbagai daerah termasuk luar negeri yakni Singapura.

Dampak positifnya warga Desa Cisarua, Kecamatan Cineam pun kini bisa ikut bekerja memproduksi kolang kaling untuk menambah penghasilan. Daerah ini memiliki potensi alam berupa pohon aren yang melimpah. Banyak warga yang menjadi perajin.

Sehingga saat datangnya bulan suci Ramadhan, perajin kolang kaling di Tasikmalaya kini mendapat berkah tersendiri. Pasalnya ,pesanan datang dari beberapa daerah untuk persediaan  kebutuhan bulan puasa bahkan saat lebaran nanti.

Nining Yuningsih, seorang perajin kolang kaling, mengatakan, hampir 25 tahun rutin memproduksi kolang kaling. Kini saat bulan Ramadhan pesanan kolang kaling terus berdatangan.

“Ada juga pelanggan yang dari Cirebon, Bogor, Tangerang, bahkan dari Singapura,” ungkapnya, jumat (17/4/2021).

Meski dalam masa pandemi Covid-19, banyaknya pesanan membawa berkah kepada warga sekitar. Mereka ikut bekerja, baik menyortir atau menggeprek kolang kaling yang bisa mempekerjakan puluhan warga sekitar.

“Dengan adanya usaha kolang kaling ini, warga sekitar bisa bekerja. Sehingga bisa membantu penghasilan keluarga saat himpitan kesulitan ekonomi dampak pandemi Covid-19,” kata perajin kolang kaling di Tasikmalaya.

Nining memperkirakan pesanan kolang kaling, akan terus bertambah hingga menjelang lebaran nanti. Konsumsi kolang kaling akan meningkat seiring kebutuhan untuk bahan makanan berupa kolak untuk buka puasa dan saat lebaran nanti untuk jamuan kepada saudaranya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img